Berkunjung ke IKEA Museum di Älmhult Swedia

Sebagian besar masyarakat Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi dengan toko furniture dari Swedia yang bernama IKEA yang ada di Alam Sutera. Sejak kemunculannya pada tahun 2014 sampai sekarang, saya tidak pernah melihat IKEA sepi pengunjung. Hampir semua orang sudah pernah ke IKEA, baik untuk membeli furniture atau sekedar foto-foto cantik untuk di unggah ke social media masing-masing. Tapi apakah urban Mama Papa tahu museum IKEA?

Beberapa waktu yang lalu, saya berkunjung ke museum IKEA di Swedia. Letaknya di Älmhult, tempat dimana Ingvar Kamprad membuka toko IKEA pertama pada tahun 1958. Untuk mencapai IKEA museum sangatlah mudah, cukup naik kereta dan turun di stasiun Älmhult. Dari stasiun urban Mama Papa sudah bisa melihat gedung IKEA Museum.  

 

Harga tiket masuknya untuk Dewasa 60 SEK, Senior diatas 60 tahun 55 SEK, anak 6-17 tahun 40 SEK, anak 0-5 tahun GRATIS. Tiket sudah termasuk kopi/teh di restaurant. 1 SEK= Rp. 1600-1700,-

Museumnya sendiri terdiri dari 4 lantai. Lantai -1 ada yang namanya IKEA Hacked. Di sini ada pameran karya seni menggunakan barang-barang IKEA yang dibuat oleh 30 seniman dari seluruh dunia.

 

 

Lantai 0 ada toko cindera mata dan restaurant. Di sini kita bisa menukarkan kopi/teh gratis yang sudah termasuk di tiket masuk. Restaurant ini juga menyediakan makanan yang menjadi signature dish IKEA, yaitu Swedish Meatball.

 

Lantai 1 dan 2 adalah tempat pameran utama. Di tempat pameran utama ini kita dapat mengetahui perjalanan hidup Igvar Kamprad dari Agunnaryd, toko IKEA pertama di Älmhult sampai menjadi toko furniture terbesar di seluruh dunia. Apakah urban Mama Papa pernah bertanya-tanya kenapa kita sangat suka dengan barang-barang IKEA? atau Kenapa Swedish Meatball menjadi signature dish IKEA? Kalian bisa menemukan jawabannya di sini. 

 

 

 

Pada jam-jam tertentu ada guided tour yang bisa kita ikuti dengan gratis. Sayangnya saya datang di saat tour sudah berakhir. Tenang saja, semua keterangan di museum ini sudah di terjemahkan ke Bahasa Inggris. 

Highlight dari museum ini bagi saya adalah foto cover katalog IKEA. Di sini ada booth foto dengan latar belakang yang sama dengan katalog IKEA. Tidak ada batas maksimum jumlah foto yang boleh diambil dan yang lebih menyenangkan lagi adalah foto ini tidak dipungut biaya.

Museum ini buka setiap hari dari jam 10.00-18.00. Kalau urban Mama dan urban Papa mau menginap, tepat di sebelah museum ada IKEA hotel. Info lengkapnya bisa dicari di IKEAmuseum.com.

Bagaimana, apakah urban Mama Papa tertarik untuk berkunjung ke Museum IKEA?  

4 Comments

  1. avatar
    dieta hadi August 31, 2018 12:30 pm

    Wah baru tahu ada museum IKEA, nampak seru banget kayaknya kalo kesana

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Retno Aini August 27, 2018 2:21 pm

    Wah, aku baru tahu ada museum IKEA. Asik nih, dari Norway tinggal nyebrang ke Copenhagen trus ke Almhult by train :D

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Cindy Vania August 27, 2018 9:33 am

    Wiiii keren banget IKEA ada museumnya!
    Ada garpu dan swedish meatballs jugak, hihihi..

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    ninit yunita August 27, 2018 8:59 am

    sebagai FBI mauuu banget ke sini! trus nginep di hotel IKEA :D hahaha duhhh menghayal bebasss.

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.