Berlibur ke Makassar

Urban Mama ada yang berencana ke kota Makassar di Sulawesi Selatan dalam waktu dekat? Tak ada salahnya turut serta mengajak keluarga untuk berlibur di salah satu kota terbesar di Indonesia Timur ini. Kebetulan saya berasal dari Makassar (namun saat ini menetap di Bogor), saya akan berbagi sedikit beberapa destinasi menarik yang bisa urban mama kunjungi saat berlibur ke kota yang dijuluki Kota Daeng ini.

Benteng Fort Rotterdam
Fort Rotterdam yang dikenal juga dengan nama Benteng Ujung Pandang ini merupakan peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo yang letaknya persis di seberang garis pantai Losari. Sambil berwisata, urban Mama dan keluarga dapat belajar banyak tentang sejarah Makassar. Di dalam benteng ini pula urban Mama dapat mengunjungi museum La Galigo yang menyimpan koleksi benda-benda bersejarah seperti fosil bebatuan dan senjata-senjata kuno khas Makassar.

Fort Rotterdam

Pantai Losari
Menikmati matahari terbenam di Pantai Losari bersama keluarga dapat menjadi momen yang sangat menyenangkan. Urban mama dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam dari lantai paling atas di sebuah tempat makan bernama Kios Semarang. Menanti sunset sekeluarga sambil menikmati camilan pisang eppe, salah satu kuliner khas Makassar, akan menjadi momen yang sempurna.

Wisata Pulau
Makassar sangat terkenal dengan wisata lautnya. Ada beberapa wisata kepulauan yang urban Mama sekeluarga dapat kunjungi, diantaranya Pulau Samalona, pulan Kayangan, Laelae, Barrang Lompo dan Kodingareng Keke. Wisata kepulauan ini berangkat dari dermaga Kayu Bangkoa dan Popsa. Dermaga ini berada di seberang benteng Fort Rotterdarm. Biaya kapal sekitar Rp 350.000 hingga Rp 500.000. Berwisata di pulau-pulau ini tak lengkap rasanya jika belum mencoba kegiatan snorkeling atau diving. Di Pulau Samalona terdapat penyewaan alat snorkeling dengan biaya sekitar Rp40.000-Rp50.000 per paket sudah bisa snorkeling sepuasnya.

Snorkeling

Selain beberapa destinasi menarik di atas, Makassar juga terkenal dengan ragam kulinernya. Jika berkunjung ke Makassar, cicipilah beberapa kuliner khas Makassar berikut ini:

Coto Makassar
Makanan berkuah menyerupai soto ini sangat mudah ditemunkan di Makassar. Coto Makassar dapat dinikmati dengan ketupat, perasan jeruk nipis dan sambal. Rata-rata harga untuk seporsi coto Makassar adalah Rp20.000-30.000 per porsi.  Ada beberapa kedai coto yang urban Mama dapat datangi, di antaranya:

  • Coto Ranggong, terletak di jalan Ranggong No 13. Buka setiap hari, pukul 06.00-17.30 WITA.
  • Coto Nusantara, terletak di jalan Nusantara No.32. Konon, warung coto ini adalah terfavorit di kota Makkasar
  • Coto Paraikatte, terletak di jalan Andi Pangeran Pettarani, buka setiap hari mulai pukul 08.00-22.00 WITA.
  • Coto Gagak, lokasinya di jalan Gagak. Buka setiap hari mulai pukul 08.00-23.00 WITA.

Pallubasa Serigala
Menyerupai coto, sup daging dengan kuah yang kaya rempah juga tidak kalah lezatnya dengan coto Makassar. Sup ini disajikan dengan dua pilihan, yaitu polos atau dan dengan telur. Telur mentah dimasukkan bulat bulat ke dalam sup yang kemudian dicampurkan menjadi satu. Berbeda dengan coto makassar yang disantao dengan ketupat, pallubasa ini dapat disantap dengan nasi putih. Harga seporsi pallubasa yang terletak di jalan Serigala No.54 ini Rp 18.000 – Rp22.000 per porsi.

Nasi Kuning Riburane
Nasi kuning merupakan hidangan sarapan yang sering ditemui di kota ini. Urban mama dapat menikmati sepiring nasi kuning lengkap dengan berbagai pilihan lauk pauk seperti telur, empal, rendang, paru goreng, kentang, abon, dan sayur labu siam. Salah satu nasi kuning yang patut dicoba adalah nasi kuning Riburane yang terletak di depan RRI Makassar, Jalan Riburane No 11. Porsinya cukup besar dengan harga Rp30.000-Rp45.000,-. Urban mama bisa menikmati seporsi nasi kuning ini bersama keluarga, karena seporsi nasi kuning ini bisa dinikmati 2-3 orang.

Aneka Jajanan Pasar dan Es Khas Makassar
Pisang ijo, pallu butung, songkolo, bassang, lopis,barongko adalah beberapa makanan/snack khas Makassar. Rasanya tak perlu diragukan lagi, lezat dan kaya akan rasa. Untuk menikmati aneka jajanan dan es khas Makassar ini, urban mama dapat mengajak keluarga berkunjung ke Mama Toko Kue dan Es Krim yang terletak di jalan Serui No.1, buka setiap hari mulai pukul 09.00-22.00 WITA.
lopis

Itulah beberapa tempat destinasi wisata dan keluarga yang dapat dikunjungi urban Mama dan Papa saat berlibur ke Makassar bersama keluarga. Selamat berlibur ke Makassar!

Related Tags : ,

3 Comments

  1. avatar
    Leila Niwanda October 18, 2018 8:41 am

    Pernah mimpi jalan-jalan ke sana, kayaknya karena eyangnya anak-anak abis cerita main ke sana hehehe, semoga suatu saat kesampaian.

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    ninit yunita October 11, 2018 4:08 pm

    udah pernah ke makassar... yeaaay! seneng deh. makanannya enak-enak! hahaha... tapi belum semua bisa didatangi nih dari yang ipeh rekomendasikan. semoga suatu hari nanti bisa liburan lagi ke makassar terutama ke pantainya yang kece-kece.

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Cindy Vania October 10, 2018 11:34 am

    Makassar menarik banget ka Ipeh! Btw aku penasaran sama coto deh. Belum pernah nyobain

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.