Berpetualang ke Srambang Park

Akhir tahun 2017 kami menghabiskan liburan sekolah ke rumah Uti di Ngawi. Seperti biasanya, Kira dan Kara bersama sepupu dan om-omnya sibuk membuat rencana petualangan. Kali ini kami memilih berpetualang ke Srambang Park.

Srambang terkenal dengan pesona air terjunnya, yang terletak di desa Girimulyo, kecamatan Jogorogo, kabupaten Ngawi. Awalnya Srambang sering menjadi tujuan para pemuda yang ingin berpetualang menjelajah alam atau berkemah. Letaknya yang sulit dijangkau, membuat Srambang tak menarik perhatian untuk ajang wisata keluarga.

Namun kini Srambang telah bersolek. Sejak diresmikan pada tanggal 19 Desember 2017 oleh Bupati Ngawi, Srambang menjadi magnet bagi keluarga menghabiskan masa liburan sekolah. Jika dulu hanya ada air terjun, kini pengunjung juga bisa menikmati taman hutan yang asri dan cantik. Jalan yang dulu terjal dan sulit dilalui kendaraan, kini sudah mulai di aspal dan rapi tertata batu.

Jika sebelumnya jalanan menuju air terjun hanya diselimuti hutan belantara dan panjangnya aliran sungai, kini jalanan menuju air terjun semakin cantik oleh payung warna-warni. Bahkan di beberapa tempat juga terdapat pojok yang menawan untuk berswafoto. Pojok-pojok tersebut sengaja dibuat dan ditata untuk menarik perhatian pengunjung. Payung warna warni yang bergantungan di tengah hutan menambah suasana Srambang Park makin meriah, tetapi tak meninggalkan kesan eksotisnya.

Untuk menikmati taman hutan di area air terjun Srambang, pengunjung dikenakan tiket masuk Rp15.000,00 untuk dewasa dan gratis untuk anak-anak. Jika ingin berkunjung ke Srambang Park bersama keluarga, berikut yang perlu Urban Mama siapkan:

  • Stamina yang prima. Dari area parkir hingga menuju lokasi air terjun harus berjalan kaki menempuh jarak 2-3 km dengan medan yang naik turun. Namun, tak perlu khawatir, aroma jagung bakar dan eksotisnya pemandangan, akan membuat kita lupa jarak yang harus ditempuh.
  • Bekal yang cukup. Meskipun terdapat beberapa warung makan, tetapi akan lebih nikmat jika membawa bekal sendiri, terutama untuk anak-anak.
  • Pakaian ganti. Bermain di aliran sungai akan sangat menggoda bagi anak-anak karena itu jangan lupa siapkan baju ganti.
  • Memori ponsel/kamera dan Powerbank. Taman Hutan Srambang menyediakan tempat-tempat yang keren untuk berswafoto. Agar baterai ponsel hemat, sebaiknya matikan semua paket data dan sinyal wifi.
  • Alas kaki yang nyaman dan kuat, agar petualangan bersama keluarga jadi lebih menyenangkan.
  • Kantong plastik. Taman Hutan Srambang ini masih baru dan dalam tahap pengembangan, karena itu masih sulit ditemukan tong sampah. Siapkan kantong plastik untuk menampung sampah atau untuk menyimpan pakaian basah setelah bermain di sungai. Ingatlah, jangan buang sampah sembarangan! Kebersihan dan kelestarian taman hutan ini sangat bergantung pada kita. Ajak anak-anak untuk turut menjaga kelestarian taman hutan, agar kita nyaman berwisata bersama.
  • Obat-obatan pribadi. Udara cukup dingin, sebaiknya Urban Mama membawa minyak telon untuk menghangatkan badan si kecil usai bermain air. Jangan lupa membawa plester untuk berjaga-jaga jika kaki lecet atau ada yang jatuh karena terlalu antusias berlarian.
  • Handuk dan Sabun. Usai bermain air, jangan lupa membersihan diri ya. Fasilitas umum yang disediakan pun bisa dibilang cukup lengkap. Di Srambang Park ada musala, toilet, dan keran air untuk membilas badan usai bermain air. Karena masih baru, toiletnya pun masih bersih. Semoga kebersihannya bisa terus terawat.

Kira dan Kara serta sepupu mereka senang sekali bermain-main di aliran sungai yang tidak terlalu deras dan cukup aman. Namun, sebaiknya tetap awasi mereka karena ada beberapa batu berlumut yang cukup licin.

Saat berkunjung ke Taman Hutan Srambang, kami memutuskan untuk tidak melanjutkan perjalanan hingga ke air terjun karena lokasi wisata yang penuh pengunjung. Apalagi jalan menuju ke air terjun masih dalam perbaikan, sehingga cukup mengkhawatirkan karena kami membawa anak-anak dan balita. Artinya, kami punya alasan untuk kembali lagi ke Taman Hutan Srambang pada saat liburan mendatang!

2 Comments

  1. avatar
    Cindy Vania January 23, 2018 8:48 am

    Srambang park asik banget yaaa bud!
    Cocok nih ngajak the boys, coba besok aku di guide ke sana

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    ninit yunita January 23, 2018 8:04 am

    wih boleh juga nih srambang park! seru yaaa buat main sama anak-anak. kangeeen sama si kembar kira kara. hugs dari bi ninit.

    1. avatar

      As .