Bersepeda



The hardest part of raising a child is teaching them to ride bicycles.  A shaky child on a bicycle for the first time needs both support and freedom.  The realization that this is what the child will always need can hit hard.  ~Sloan Wilson

 

Saat Enzo lulus toilet training, Opa membelikannya sebuah sepeda roda dua (dengan dua roda kecil penyangga pada roda bagian belakang) serta boncengan di bagian belakang, agar Enzo dapat membonceng Dante saat bersepeda. Saat Dante lulus toilet training, Pop membelikannya sebuah sepeda roda tiga. Dante senang sekali, artinya dia tidak perlu duduk diam dibonceng Kakak Enzo lagi. Dante selalu bersemangat mengayuh pedal dan melatih tangannya agar terampil bersepeda, serta bisa mengalahkan Kakak Enzo saat balap sepeda.

Enzo, walaupun belum lancar bersepeda, senang membantu Dante bersepeda. Enzo memberi tahu Dante cara meletakkan kaki di pedal, membetulkan posisi tangan Dante, mendorongnya dengan sepedanya, mendorongnya dengan tangan dan kakinya. Sesekali Enzo menghampiri saya dan meminta agar dua roda penyangga kecil di sepedanya dilepas saja. Dia ingin terlihat lebih keren dan berani di mata adiknya. Saya selalu mengiyakan, tapi sampai saat ini roda penyangganya belum dilepas juga. Enzo sibuk sekali kelihatannya, tapi saya senang melihatnya.

Saya sengaja memilih lapangan basket di dekat rumah sebagai tempat untuk Enzo dan Dante latihan bersepeda. Permukaannya rata dan aman dari kendaraan. Waktunya tidak lama, 30 menit paling lama, di pagi atau sore hari. Tidak ada pakaian khusus, hanya t-shirt yg menyerap keringat dan topi. Rencananya, kalau Enzo dan Dante sudah mahir bersepeda dan mulai bersepeda di jalanan ramai, baru deh, saya belikan helm dan perlengkapan bersepeda yg lain.





Semoga semua kakak dan adik ini selalu saling membantu dan menyemangati seperti ini sampai dewasa nanti ya! Selamat bersepeda!

9 Comments

  1. avatar
    Honey Josep February 28, 2013 2:59 pm

    hihihihi, biasa ya anak-anak.... gampang akur... gampang berantem juga :D

    gw inget waktu masih kecil berantem sama kakak gw terus dihukum mamih berdiri berdua punggung-punggungan :D

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Eka Gobel October 20, 2012 10:43 pm

    iya tante honey, hati rasanya adem liat anak2 akur. tp bentar lg udah berantem koq :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Honey Josep October 17, 2012 6:07 pm

    senang sekali melihat mereka bermain bersama :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Eka Gobel October 12, 2012 11:44 pm

    hihi iya binggi, lagi akur :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    thalia kamarga October 12, 2012 3:45 pm

    wah seru bangeeet! enzo baik banget ama dante, ngajarin :)

    1. avatar

      As .