Best Support System

Woro Pradono Was a blogger, now sharing her fun family life through instragram pictures (@wortje). Currently live in Singapore with her dearest Husband, Andri Pradono and their dearest Son, Zlatan A. Pradono. Loves running, and always in search for a great coffee.

Sewaktu pindah ke Singapura sekitar dua tahun lalu, saya sedang berada dalam krisis pertemanan. Karena suatu peristiwa, susah sekali rasanya untuk percaya dengan orang yang baru saya kenal. Kebetulan dari sananya saya memang begitu adanya, harus merasa nyaman dahulu dengan orang barulah saya bisa ‘lepas’ bercerita dan terbuka.


Sampai kemudian saat salah satu founder The Urban Mama, Shinta, yang sudah terlebih dahulu tinggal di Singapura mengajak saya bertemu dengan ibu-ibu yang lain yang kebetulan senang dengan olahraga lari. Sempat terbersit rasa pesimis. Kalau yang sudah kenal lama saja bisa tidak cocok, bagaimana dengan yang baru?


Ternyata semua ketakutan saya terbantahkan. Mungkin ini juga karena ketertarikan kami pada hal yang sama pada saat itu, yaitu lari, akhirnya jadi nyambung ngobrol. Sekarang sulit dibayangkan bahwa dua tahun yang lalu, saya bahkan belum pernah kenal sebelumnya dengan kebanyakan para MamaRunners SG.




Tidak butuh waktu lama, MamaRunners SG ini lantas menjadi keluarga kedua saya. Karena tinggal ‘jauh’ dari orangtua, otomatis kami harus mempunyai ‘orang lain’ yang bisa diandalkan apabila terjadi sesuatu yang darurat. Grup messaging kami pun selalu informatif, mulai dari info soal cara penerimaan sekolah anak, tempat berbelanja bahan makanan, rekomendasi dokter, konser untuk anak-anak, cara mengisi pajak pendapatan untuk new comer seperti saya, sampai yang sangat ibu-ibu sekali, kabar diskon serta arisan! Terlebih para suami yang seringnya menemani pada saat kami bertemu, akhirnya menjadi akrab juga. Terakhir beberapa Papa (yang akhirnya menjadi) Runners pun mengikuti race bersama. Selain itu mereka juga rutin mempunyai hari Papa Day’s Out.




Karena sebagai makhluk sosial, kita tidak bisa hidup sendiri dan selalu membutuhkan orang lain. Di sinilah fungsi support group ini bagi saya menjadi sangat penting.


Saya yakin Urbanmama di sini juga mempunyai teman dekat yang saling mensupport atau bahkan punya ketertarikan satu sama lain dalam bidang apa pun itu. Rasanya menyenangkan bukan?

13 Comments

  1. avatar
    Andini Gelar April 27, 2014 4:59 pm

    Seru banget ya pertemanan yang positif bisa secara gak langsung merubah kita ya. Seneng baca artikelnya....

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Woro Pradono April 26, 2014 8:00 am

    Teh Ninit : sangat positive! baru sekali nih nemu yang kaya gini hahahaha.. Thank you Teh Nit.. :)

    Eka : iya bener, salah satu faktor terberat pindah jauh dari orangtua takut ngga ada siapa2, ternyata dengan adanya mamarunners jadi ngga berasa sendirian lagi :) senang.

    Ella : aamiin! tambah kompak! :D

    Niniek : senengnya kita sekarang ngga cuma lari aja lho, kita juga seneng yoga bareng bareng :)

    Netta : hahaha, iya nulisnya di TUM aja nih sekarang :) more to come :)

    Hana : persis! Dan senengnya ini ibu2 ngga ada yang saling kompetitif, kita sama2 ngerasain butuh satu sama lain mungkin ya :)

    Shinta : Salah satu yang bikin gue takjub pas ketemu mamarunners SG dan temenan sama ibu2 ini adalah, kita ngga pernah ngomongin orang, like at all! hahahah seneng banget nemu model yang kaya gini!

    Dessy : alapyutuuu!! :-*

    Zata : Terima kasih! :)

    Etta : Hallo! Iyaaa, dulu aku Yasporbi asah asih asuh deh! Hahaha... Etta angkatan siapaa? :D Sessy? :)

    Momnay : SAMA, aku juga ngga luwes bergaul, tapi mereka bisa bikin aku ngga canggung, lama2 aslinya keluar, ngomong ngga berhenti. hihi.. :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    momnay April 24, 2014 9:36 pm

    seru banget. kadang pengen ikutan mamarunners indo, tapi aku kurang luwes bergaul in person hehe.. moga-moga bisa ikutan next time. support group emang perlu banget deh, apalagi buat moms yang di rumah doang berdua si baby :D *been there*

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Etta April 24, 2014 1:35 pm

    Aaahh keren sekali mamak2 runners SG ini, apalagi di negara tetangga trus punya support system yang ok. Kompak terus ya Mamaks....

    Oot, mba Woro ini sepertinya kakak kelas sayah di SMP Yasporbi dulu, hihi... :D

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    zata ligouw April 24, 2014 12:50 pm

    inspiratif banget! semoga kompak selalu ya mamarunners sg. Buat mamarunners indo jg makin kompak yaahh ;D

    1. avatar

      As .