Buku Pintar Ibu dan Bayi

Nia Nurdiansyah, S.Psi.
360 hlm
2011, Bukuné

Buku ini baru saya beli saat usia kandungan 5 bulan. Awalnya saya mencari buku yang berbeda dari buku-buku kehamilan yang membahas dari segi medis (karena latar belakang saya juga kesehatan). Saya justru "buta" dengan apa yang harus saya lakukan pasca melahirkan.

Buku ini membahas kehamilan dan pengasuhan anak sampai usia balita dari sudut pandang psikologi. Sasaran buku ini selain, tentu saja, ibu hamil, juga suami atau calon ayah. Dijelaskan mengenai hal-hal yang mungkin untuk sebagian orang adalah hal remeh, tapi tidak buat saya, seperti barang apa saja yang perlu dipersiapkan menjelang kelahiran bayi, barang yang perlu dibawa saat ke RS untuk persalinan, baby blues syndrome, pola komunikasi calon orang tua menghadapi perubahan status, dan sebagainya. Selain dari sisi psikologis, buku ini juga mencantumkan beberapa penjelasan medis, seperti angka kecukupan gizi untuk bayi, tabel imunisasi, dll. Ada juga ide kreatif seperti perencanaan babymoon, babyshoot, dsb.

Kertasnya menggunakan HVS 80 gr, jadi enak untuk dibaca dan tidak mudah sobek. Enaknya lagi, lay out buku ini banyak berupa tabel, poin, check list, serta Q&A sehingga menyenangkan untuk dibaca dibandingkan yang berisi penuh tulisan. Sayangnya, buku ini tidak dilengkapi dengan daftar isi, sehingga untuk mencari bagian mana yang penting untuk kita, kita harus mencarinya lagi satu per satu. Jadinya saya beri page marker di setiap bagian yang penting untuk saya.

Jadi, buku ini cukup bermanfaat untuk first-time mom seperti saya.

Related Tags : ,,,

5 Comments

  1. avatar
    cynkoirewa November 5, 2012 7:42 am

    Buku ini saya beli minggu lalu, pengen segera di baca setelah liat comment bunda andini dan bunda luchia. Thanks bun review nya.

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    desi arisandi May 20, 2012 3:53 pm

    wahhh kalau saya baca bukunya dr miriam stoppard yang "enslikopedia kehamilan dan kelahiran"...
    bagus juga,banyak gambar2nya jadi ngga membosankan, disini sangat membahas dari segi medis juga..
    tapi rekomendasi buku bunda bikin saya pengen beli buku lagi hehe berapa itu harganya??

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Andini Pramono May 14, 2012 12:10 pm

    @ LuchiaChendana: heheee...kalo saya, saya salin lagi list belanjanya di kertas dan dimasukkan dompet. Tapi keren juga baby shopping sambil bawa buku :)

    @ Eka: sama2 ^_^

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Eka Gobel May 12, 2012 12:57 pm

    bagus ya bukunya.. covernya jg lucu :)
    jadi ada ide buat ngasih buku ini sbg kado untuk bumil ya :)
    TFS ya, mama!

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    LuchiaChendana May 12, 2012 6:55 am

    bunda..saya juga make buku ini...jadi waktu umur kandungan 6 bulan,saya nyari buku dengan pertimbangan seperti bunda (walopun bedanya,saya bukan org medis :) ) terus jatuh cinta sama bukunya karena kelebihan yg bunda bilang tadi...
    kemaren waktu udah 7 bulanan,saya ke toko perlengkapan bayi dan beli perlengkapan buat si adek berdasarkan list yg ada sambil konsultasi sama mba2 nya disitu,mana yg bener2 penting,dan mana yg bisa dipending...diacungi jempol low,karena katanya belom pernah ketemu bumil belanja keperluan sambil nenteng buku,biasanya bumil yg dateng bawa temen yg udah pernah melahirkan...he55x... ^^

    1. avatar

      As .