Buku Seri Anak Sehat

Belum lama ini, saya mendapatkan paket buku Seri Anak Sehat terbitan Erlangga for Kids. Saya mendapat tiga judul buku yang menurut saya sangat “dekat” dengan anak-anak. Tiga judul buku yang saya dapatkan, semuanya karya penulis Aldora. Buku pertama berjudul Cika Alergi, dilengkapi dengan pesan dari dr. Dina Muktiarti, SpA(K). Buku kedua berjudul Roki Biang Keringat dilengkapi dengan pesan dari dr. Ruri D. Pamela, SpKK. Buku ketiga yang berjudul Keni Pilek juga dilengkapi dengan pesan dokter, yaitu dari dr. Wahyuni Indawati, SpA(K).

 

Alergi debu anak pertama saya, Wilson, sering kali kambuh saat dia berada di ruang perpustakaan sekolah. Tetapi dia masih berusaha memahami kalimat yang sering saya katakan, kalau Wilson tidak boleh menempel di dekat pintu atau jendela perpustakaan karena ada banyak sekali debu di sana. Beruntung sekali saya dipertemukan dengan buku berjudul Cika Alergi yang menceritakan tentang alergi dan bagaimana cara menjelaskannya dengan bahasa anak, pertolongan pertama untuk anak serta penjelasan dan pesan dari dr. Dina Muktiarti, SpA(K) untuk orangtua dan guru.

Saya juga tertolong dengan buku kedua, Roki Biang Keringat. Karena anak ketiga saya, Maghma, hampir setiap bulan pasti terkena biang keringat! Sudah sering kali saya mengingatkan agar dia tidak perlu memakai baju berlapis empat dan jaket saat berlarian di siang hari. Cukup pakai pakaian tipis dan nyaman saat bermain di luar. Jika berkeringat, harus segera dibersihkan dan ganti pakaian baru boleh main lagi. Tapi, memberitahu anak usia empat tahun itu tidak semudah membalikan telapak tangan. Jadi saya senang sekali saat tokoh Roki juga mengalami biang keringat dan bagaimana dia harus mendengarkan mamanya dan mau bertemu dengan dokter ramah yang siap membantu untuk menyembuhkan biang keringatnya. Tentu saja dr. Ruri D. Pamela, SpKK tidak lupa memberikan tips untuk orangtua dan guru.

Di buku ketiga yang bejudul Keni Pilek, termasuk yang paling dekat dengan anak-anak. Dalam setahun, mereka bisa 2-3 kali terkena pilek. Buku ini membantu anak-anak mengetahui penyebab mereka pilek, bagaimana mereka harus mau beristirahat serta harus selalu ingat kalau mereka bersin atau batuk harus di tutup menggunakan tisu dan bekasnya segera di buang agar tidak menular.

Alur cerita dan bahasa dari buku Seri Anak Sehat ini sangat mudah di mengerti oleh anak-anak. Selain itu, ilustrasi dari Innerchild Studio juga sangat lucu dan menarik, sehingga anak-anak makin tertarik untuk membacanya lebih lanjut. Untuk orangtua dan guru, buku ini dilengkapi tips, penjelasan dari dokter dan bagaimana cara melakukan pertolongan pertama untuk anak.

Selain tiga judul buku di atas, masih ada judul-judul lain seperti Cici Mimisan, Kaila Sakit Gigi, Ela Gondongan, Denis Kutuan, Nami Sakit Cacar, Noki Sakit Perut, dan Fino Gatal-gatal. Semoga buku-buku semacam ini bisa membantu anak-anak memahami apa yang terjadi saat ia atau temannya menderita penyakit tertentu, serta mengetahui apa yang harus dilakukan saat sakit. 

Related Tags : ,,

14 Comments

  1. avatar
    hanana fajar April 3, 2017 4:17 pm

    wahhh cindy..makasi sharingnya yaaa:) baguuuss nihhh bukunyaa:)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Aini Hanafiah March 31, 2017 2:58 pm

    wah bagus ya Erlangga bikin buku seri anak sehat... perlu banget ni punya, biar ngebantu anak2 buat belajar menjaga kebersihan & kesehatan tubuh. Gambarnya bagus2 pula :D thanks ya Cindy buat reviewnya!

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Leila Niwanda March 30, 2017 1:38 pm

    Catet aaah, menarik dan bermanfaat nih bukunya. Makasih udah share, Mba Cindy.

    1. avatar
      Cindy Vania March 30, 2017 3:07 pm

      Sama-sama Mba Leila

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    Honey Josep March 30, 2017 1:26 pm

    Bukunya informatif sekali, jadi anak anak gampang mengerti kalau dia sakit itu kenapa ya...

    Tfs Cindy!

    1. avatar
      Cindy Vania March 30, 2017 3:07 pm

      Sama-sama mba Hon..

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  5. avatar
    Woro Indriyani March 29, 2017 8:06 am

    wah sepertinya seru, buat anak-anak juga jadi lebih mudah paham yah pilek tuh kenapa, alergi tuh gimana. Sekarang udah mulai banyak yah buku ilmiah yang dibuat cerita anak anak gini, bagus banget untuk menarik minat anak :)

    1. avatar
      Cindy Vania March 29, 2017 4:14 pm

      iya mba Woro, makin terbantu lah dengan adanya buku-buku seperti ini :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.