Camping a la Scandinavian

Selama tinggal di tanah Skandinavia ini, pertama kali mendengar ide ''Camping yuk'', yang terpikir oleh saya adalah dingin-dinginan di tenda. Malas ah. Belum lagi urusan ke kamar kecil dan toilet. 

Tapi ternyata tidak begitu.

Saat akhirnya mengiyakan ajakan untuk camping sekeluarga, saya pun takjub. Area camping di sini menyediakan beberapa pilihan tempat selama berkemah. Beberapa di antaranya adalah:

1. Area untuk pengunjung yang membawa tenda sendiri atau datang dengan menyetir mobil caravan camper.

2. Tenda besar yang lengkap dengan matras dan mini pantry berisi kulkas dan peralatan dapur seperti gelas, piring, panci, sendok, garpu, serta pisau.

3. Rumah kayu sederhana dengan tempat tidur dan matras, kulkas dan mini pantry berisi alat-alat dapur seperti di tenda besar.

 

Semua tipe pilihan kemahnya memang tidak dilengkapi keran air. Namun di area camping site tersedia dapur yang dapat dipakai bersama-sama, di mana ada keran air mengalir, kompor, microwave serta peralatan dapur lainnya yang tidak disediakan di mini pantry dalam kemah/rumah kayu. Kamar mandi dan toilet pun juga ada yg bisa dipakai bergiliran bersama tamu-tamu lain.

Selain ketiga opsi di atas, ada juga rumah kayu yang sedikit lebih besar yang di dalamnya ada kamar mandi, toilet dan dapur sendiri. Mungkin ini lebih mirip bungalow kecil ya.

Biasanya camping site di Skandinavia ini ada yang dibangun dekat dengan laut atau sungai. Bagi pengunjung yang suka memancing ikan, di camping site disediakan tempat khusus untuk mencuci dan membersihkan ikan; tempatnya terpisah dari dapur komunal dan tempat khusus untuk keran air minum.

Tak hanya itu, dalam area camping site disediakan pula tempat anak-anak bermain, seperti playground dengan perosotan dan trampoline. Sudah pasti anak-anak senang sekali bermain di sana, untuk selingan juga setelah seru menyusuri tepi hutan, bermain di pantai, atau berlari-lari di padang rumput yang luas. Karena di sini banyak juga keluarga muda senang berkemah bersama anak balita dan bayi mereka, maka disediakan pula nursing room lengkap dengan bak mandi untuk bayi. Kamar mandi laki-laki dan perempuan pun dibuat terpisah. Ada juga kamar mandi yang menyediakan toilet dan shower dalam satu ruangan agar sekeluarga bisa sekalian masuk.

Untuk menggunakan fasilitas camping site ini, pengunjung membayar uang masuk yang jumlahnya tergantung fasilitas camping yang dipilih. Meskipun begitu, dengan fasilitas yang dibuat lengkap dan memadai, pastinya semua pengunjung yang datang ke area camping site ini harus bertanggung jawab menjaga kebersihannya. Kalau habis mandi atau menggunakan wastafel dan toilet, jangan lupa mengeringkan dan membersihkannya. Begitupula usai memakai dapur dan membersihkan ikan. Cuci dan keringkan semua peralatan dapur yang sudah dipakai. Tak hanya itu, alat-alat dapur tersebut harus dikembalikan ke tempat semula. Setelah membersihkan ikan, ampas ikan kotoran ikan harus dibuang pada tempat yang disediakan, lalu cuci bersih area bekas kita membersihkan dan memotong ikannya. Karena semua fasilitas camping site ini dipakai untuk bersama-sama, maka kebersihannya harus dijaga bersama-sama pula supaya pengguna berikutnya merasa nyaman.

Urban Mama dan Papa, adakah yang suka mengajak si kecil ikut camping bersama-sama? Mama dan Papa tipe camper yang mana? Yuk ikut berbagi cerita pengalamannya camping sekeluarga. 

Related Tags : ,,

0 Comments