Cara Mudah Membersihkan Oven

Siapa yang sejak #dirumahaja jadi sering melakukan aktivitas di dapur? Mencoba resep-resep baru, membuat kue, dan membuat roti. Ternyata kita menemukan kesenangan (baru) dalam memasak atau membuat kue apalagi dengan bonus pujian anggota keluarga.

Salah satu alat di dapur yang sering digunakan terutama dalam baking adalah oven. Kalau urban Mama sedang semangat membara, pasti bisa menggunakan oven beberapa kali dalam satu hari. Membuat kue atau memanggang roast chicken favorit keluarga. Nah, kalau sudah rajin menggunakan oven, ingat juga ya Mama untuk membersihkannya. Jangan tunggu bagian oven kotor dan mengerak apalagi sampai menimbulkan bau yang tidak sedap karena akan membuat oven semakin sulit dibersihkan dan mempengaruhi makanan yang dipanggang.

Lalu seberapa sering seharusnya kita membersihkan oven?

Sebetulnya tidak ada aturan baku. Tapi semakin sering kita menggunakan oven maka akan lebih baik kalau kita tidak menunda untuk membersihkannya terutama untuk bagian dalam.

 

Ini yang biasa saya lakukan saat membersihkan oven:

 

 

  • Oleskan pasta baking soda tersebut ke bagian dalam oven.
  • Keluarkan semua isi oven (baki, rak, dll)
  • Campurkan 1 cup baking soda dengan 2-3 air hingga membentuk "pasta" yang diinginkan (jangan terlalu cair dan terlalu kental).
  • Saya biasanya mengoleskan pasta sebelum tidur dan baru keesokan harinya, lanjut membersihkan oven. Bila urban Mama melakukannya pada pagi hari, diamkan selama 10-12 jam.
  • Gunakan spons dan basahi dengan sedikit vinegar, lalu gosok perlahan bagian dalam oven.
  • Bila sudah selesai, lap bagian dalam oven dengan menggunakan lap yang sedikit lembap. Lalu bersihkan dengan lap kering hingga oven kering dan bersih.

Mudah kan?

Dengan memelihara alat-alat dapur, bisa dipastikan kondisinya jadi prima dan bisa digunakan dalam waktu yang lama. Selamat memasak dan baking, yaa Mama!  

 

Related Tags : ,,

0 Comments

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.