Confident Mama: Managing Stress in the Family

Selama bulan April ini urban mama sudah dengan antusias mengikuti kontes foto TUM Modern Mama 2014 dengan tema Confident Mama, A Modern Kartini secara online di forum. Sebagai rangkaian acara memperingati Hari Kartini, the urban mama juga mengadakan acara offline dengan tema Confident Mama: Managing Stress in the Family.



Sejak pagi, urban mama sudah datang di The Cone, fX lifestyle x'ntre f7 Floor. Para mama sangat bersemangat datang untuk menyimak talk show dari Ibu Elly Risman, MPsi tentang Mempersiapkan Anak yang Sukses Menghadapi Persaingan dan Stres. Sekitar pukul 09.00 acara dibuka oleh MC Mama Dian lalu diawali dengan sedikit kata sambutan dari salah satu founder The Urban Mama, Ninit Yunita.



Talkshow pertama dari Ibu Elly Risman rupanya adalah acara yang paling dinanti-nanti oleh para peserta. Dengan gaya bercerita yang seru, Ibu Elly berkali-kali membuat para peserta tertawa sambil dalam hati sebenarnya merasa “tertampar”. Di awal acara, para peserta diajak bermain games untuk menyebutkan apa bakatnya. Tujuan dari games itu adalah agar para peserta mengetahui apakah dirinya mengenali diri sendiri dengan baik atau tidak. Karena jika kita tidak mengenali diri kita sendiri, bagaimana kita bisa mengenali anak kita. Ibu Elly juga menekankan, untuk bisa mendidik anak kita, kita sendiri harus bisa mengenali dan menyelesaikan segala masalah kita dahulu. Karena jika tidak, akan sulit bagi kita melihat anak kita secara keseluruhan sebab kita akan lebih banyak berkutat dengan diri kita sendiri.


Terkadang kita tidak menyadari, ternyata persaingan itu sebenarnya sudah diawali dari rumah. Biasanya diawali ketika anak berusia 3-4 tahun atau ketika anak sudah mulai memiliki kesadaran tentang hak milik. Selain itu, anak juga butuh dan akan berebut cinta, kasih sayang, perhatian, penghargaan dan pujian dari kedua orangtuanya. Oleh karena itu, anak harus diajari untuk bisa mengungkapkan perasaan dan kebutuhannya ke dalam kata-kata, bukan perbuatan.


Ibu Elly juga menekankan, peranan ayah sangat besar dalam mengajari anak untuk menghadapi stres. Karena dengan ayah terlibat aktif, anak akan mendapatkan sense of independence dan identitas di luar hubungan ibu dan anak. Selain itu, anak juga akan lebih percaya diri, tidak mudah cemas di lingkungan baru, lebih mudah beradaptasi dengan perubahan rutinitas, lebih sehat secara fisik dan mental, serta lebih bisa menghadapi persaingan dan frustasi.


Untuk menutup sesi pertama ini, Ibu Elly berpesan, sebagai orangtua, kita harus bisa mengenali dan mengelola stres anak. Orangtua harus waspada antara merangsang dan mendorong. Mendorong untuk peningkatan, bukan untuk kesempurnaan. Perhatikan juga ekspresi kebahagiaan atau sinyal stres yang diberikan anak baik itu melalui lisan maupun bahasa tubuh. Bantu anak menemukan penyebab stres, siap mendengarkan kesulitan dan masalahnya lalu berusaha untuk membantu mengurangi stres anak.




Selesai makan siang, urban mama diajak untuk mengikuti games yang diadakan oleh Kraft. Tantangannya adalah membuat kreasi sarapan untuk anak. Hasilnya bagus-bagus loh dan para Urban Mama yang menjadi pesertanya amat bersemangat mengikuti gamesnya. Walaupun hanya dipilih 2 kelompok sebagai pemenangnya, semua peserta yang ikut gamesnya tetap mendapatkan bingkisan dari The Urban Mama dan Kraft. Seru sekali!



Acara disambung dengan talk show dari Dr. dr. Inge Permadhi, MS, SpGK tentang sarapan sehat. Menurut Dr. dr. Inge, sarapan amat dibutuhkan oleh tubuh kita karena itu adalah salah satu sumber energi kita untuk menjalani hari. Jika kita tidak mendapatkan sumber energi yang cukup, maka kita bisa menjadi tidak fokus, mengantuk, mudah tertular penyakit, terhambatnya pertumbuhan badan dan obesitas. Sarapan yang dikonsumsi harus memiliki kalori yang cukup sesuai kebutuhan kita dan juga bergizi yang mana di dalamnya mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serat dan air. Oleh karena itu, awalilah hari dengan sarapan sehat bergizi yang dapat memenuhi kebutuhan kalori dan berkomposisi gizi seimbang.



Pada sesi ketiga, Melanie Putria berbagi kepada para peserta mengenai pengalamannya menghadapi stres dan juga hidup sehat yang selama ini dijalaninya. Menurut Melanie, jika stres datang, biasakan menyambutnya dengan senyuman. Karena dengan senyuman, kita akan bisa lebih baik menghadapi stres tersebut. Tips dari Melanie untuk tidak stres adalah selalu memiliki "Me Time". Salah satu "Me Time" Melanie adalah dengan berolahraga. Siapa sangka ternyata Melanie yang dulu hanya mau lari dari pintu XI sampai pintu X Senayan itu kini sudah menjadi pelari maraton. Selain untuk "Me Time", Melanie berolahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya. Melanie juga menekankan, aktivitas fisik saja tidak cukup membantu jika tidak diiringi dengan perbaikan pola makan. Oleh karena itu tetap harus diiringi dengan memakan makanan yang sehat dan bergizi seimbang.


Setelah sesi sharing selesai, acara TUM Modern Mama ini ditutup dengan pembagian door prize untuk para peserta yang hadir. Ada banyak hadiah yang dibagikan ke peserta, di antaranya voucher dari Mothercare, goodiebag dari Erha Apothecary, dan juga TUM Goodies.


Terima kasih untuk semua urban mama papa yang telah hadir. Sampai bertemu pada acara The Urban Mama selanjutnya.


4 Comments

  1. avatar
    elke August 10, 2014 5:26 pm

    saya sengaja dtg ke acara ini dr bandung. ditunggu acara TUM di bandung....

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    hanana fajar May 12, 2014 3:28 pm

    seruuu bangett...acara TUM selalu kereennnn:)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    shinta lestari May 5, 2014 12:01 pm

    seruu banget deh baca reviewnya dan pas live juga. i wish i can be there in person..

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    mira a May 5, 2014 11:35 am

    Seru.. Gak sabar nunggu kapan offline event TUM selanjutnya.. :)

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.