Cute Paper-Roll Owl

Fenny Masudah She is a full time stay-a-home mom who loves cooking Indonesian food, fashion, and making activities and DIY toys for her little daughter Alika. She is blessed to have a supportive husband Ramanda. Currently live in Melbourne, Australia.

Toilet paper roll merupakan salah satu bahan prakarya yang paling banyak fungsinya dan mudah didapat karena hampir semua rumah tangga memakainya. Walaupun sebagian besar orang banyak membuang toilet paper roll, tetapi saya yakin kalau benda tersebut sering disimpan para mama untuk bahan prakarya si kecil. Saya sendiri suka sekali menyimpan toilet paper roll untuk bahan aktivitas Alika. Kali ini saya dan Alika membuat boneka burung hantu.

Alat dan bahan:


  • Toilet paper roll

  • Kertas warna untuk paruh dan sayap. Di sini saya memakai kertas warna bercorak jingga dan biru untuk sayap, dan kertas origami warna jingga untuk paruh. Bisa juga memakai kain felt, kebetulan salah satu burung hantu yang alika ada yang terbuat dari felt

  • Manik-manik googly eyes atau bisa juga dibuat dari kertas hitam dan putih

  • Lem

  • Cat warna khusus untuk balita, bisa juga crayon, spidol serta pensil warna apa saja yang tersedia di rumah, kebetulan di sini saya memakai finger paints merk crayola.


Caranya sangatlah mudah. Pertama, toilet paper roll dilipat dari dua sisi ke arah dalam sehingga berbentuk runcing di pinggir kanan dan kiri, bagian ini menjadi bagian atas kepala si burung hantu. Kita juga bisa memberikan tugas kepada si kecil untuk membentuk kepalanya.

Selanjutnya si kecil bisa langsung mewarnai badan burung hantu, saya membiarkan Alika berkreasi dengan cat warnanya. Sayapnya juga bisa dihias atau digambar.

Setelah selesai mewarnai badan si burung hantu, kita bisa menempelkan mata, paruh dan sayap. Kalau memakai cat tunggu sampai kering, tetapi disini Alika tidak sabar ingin langsung menempelkan mata, paruh dan sayapnya. Alika juga menambahkan felt warna hitam di atas salah satu kepala burung hantu. Katanya, “Mama it’s hair, it’s a girl” dan burung hantu yang berwarna sayap biru dia sebut “It’s a boy”.

Bagaimana Urbanmama, mudah bukan? Selamat mencoba dengan si kecil.

8 Comments

  1. avatar
    Eka Gobel May 26, 2014 8:35 pm

    lucu banget owl nya! hihi..kepikiran aja bikin burung hantu. paper roll di rumah juga seringnya dimainin dulu sama enzo & dante, tapi blm pernah bikin burung hantu lucu ini. tfs ya, fenny! kiss kiss buat alika!

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Andini Gelar May 26, 2014 2:49 pm

    Langsung pengen coba di rumah..thank you ya Mom untuk artikelnya. Kreatif dan 'green' toys karena memanfaatkan bahan bekas yang tersedia di rumah. Ditunggu ide 'green toys' lainnya.

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Retno Aini May 25, 2014 2:22 am

    Haha iya, toilet paper roll di rumah pun ga pernah langsung nyemplung tempat sampah, tp dimainin dulu sama Alma :P belum pernah coba bikin owl ni, mau coba ah. Thanks idenya yaa Fenny :D

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    zata ligouw May 22, 2014 11:54 am

    hihihi lucu banget alika, bikin owl cewek dan cowok gitu cute!

    thanks idenya fen, bisa buat aktivitas sama si bungsu nih kayaknya..

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    hanana fajar May 22, 2014 9:07 am

    wah kreatif banget mommy Fenny...Alikaaa jugaa lucuuu banget ekspresinyaaaa:*

    1. avatar

      As .