Dilema Bunda Bekerja Kantoran

Bangun telat, buru-buru mandi. Abis mandi, pake baju, dandan di kamar mandi supaya ngga perlu nyalain lampu kamar tidur, dan ngga ganggu tidurnya Nara. Eh tiba-tiba saya denger Nara bangun. Suaranya sedih minta dipeluk. Sambil ribet pake baju karena buru-buru (saya udah bilang tadi bangun telat kan?), saya bilang saya akan peluk setelah pake baju. Nara setengah histeris ngomong “Jangan pake baju kantor, pake baju rumah aja, Bunda jangan pergi…” dalem hati saya pengen teriak, “Bunda juga ngga mau ninggalin Nara”.


Ini sama sekali bukan cerita baru sih dan sampe kapanpun dilema Bunda bekerja di luar rumah ngga akan ilang. Asli ya, kalo mau nurutin perasaan, iriii banget sama stay-at-home mums, entah yang full jadi ibu rumah tangga atau kerja dari rumah. They have something that I don’t, spending all day with their kid(s).


Setelah itu komen orang biasanya gini: trus kenapa ngga berenti kerja aja atuh? 


Sayangnya, kondisi tiap rumah tangga berbeda (baca: kondisi keuangan). Tiap orang juga punya value, ambisi, nilai dan tujuan hidup yang berbeda yang akhirnya membuat cerita hidup tiap orang berbeda (dan menarik).


Kalo boleh share, pas hamil 3 bulan saya resign dari kantor lama karena pengen jadi stay at home mom. God has a funny sense of humor indeed…tepat sehari setelah ngajuin surat resign, ada pengumuman saya diterima di tempat kerja sekarang. Dilema, karena selama proses rekrutmen di lembaga (prosesnya lumayan lama, sekitar 9 bulanan) ini saya selalu berdoa, “Apabila masuk ke lembaga ini merupakan yang terbaik untuk agamaku, keluargaku dan diriku, maka lancarkanlah jalannya” dan tiba-tiba diterima di saat saya udah bertekad berhenti kerja. Dengan pertimbangan doa tadi, saya takut durhaka karena udah dilancarin jalannya untuk masuk ke lembaga ini kok malah saya tolak… jadi saya merasa mantap bahwa masuk ke lembaga ini adalah sesuatu yang baik.


Konsekuensi saya masuk lembaga ini adalah ada ikatan dinas 3 tahun setelah pengangkatan jadi pegawai, ditambah masa pendidikan 9 bulan (termasuk cuti melahirkan 3 bulan). Ikatan dinas saya baru selesai September 2010. Setelah itu apa saya mau berenti kerja? Sampe saat ini keputusan saya dan Pandu (suami) adalah: saya masih akan kerja setelah ikatan dinas saya berakhir.


Loh bukannya katanya ngiri sama stay at home mum? Katanya pengen menghabiskan 24 jam bersama Nara?


Iya, bayangan menghabiskan 24 jam bersama Nara emang sangat menggiurkan. Alasan saya untuk tetap kerja juga cukup standar kalo ngga mau dibilang klise, yaitu untuk menambah income. Salah satu financial planner pernah bilang, tidak bijak jika istri berhenti kerja kalo penghasilan istri lebih dari 1/3 penghasilan suami+istri. Mungkin ada yang bilang, “Kalo niat banget mah berenti aja, asal bisa hemat pasti cukup kok dengan satu income aja”. Eh tunggu dulu..., ga segampang itu. Kita baru aja beli rumah setelah berhasil ngumpulin DP untuk rumah dan capek ngontrak hampir 4 tahun (geregetan juga bayar uang kontrakannya yang naik 10% tiap tahun). Itu baru DP loh, tentu aja pasangan muda yang bener-bener mulai dari nol kaya kita ngandelin KPR. Belum lagi ada cicilan mobil dan investasi untuk dana pendidikan Nara. Buat biaya-biaya yang saya sebutin barusan aja udah ngabisin setengah income kita berdua. Kebayang kan?


Untuk saat ini, menjadi stay-at-home mom buat saya adalah luxury yang belum bisa saya cicipi. Tapi saya yakin entah itu jadi stay at home mum, working from home mum atau kerja kantoran, semua punya kelebihan masing-masing baik untuk sang ibu maupun anak.


Jadi kalo ditanya apakah saya nyesel memutuskan untuk masuk ke lembaga ini dengan ikatan dinas selama ini, saya ngga nyesel. Tapi ngga boong klo saya bilang bagaimanapun pasti ada bedanya kalau saya full megang Nara (ngga kerja) dengan saya menitipkan Nara ke mbaknya selama saya kerja.


Well, I can’t have it all can I? It’s all part of being a grown up, making choices and deal with the consequences. 

Related Tags : ,,

41 Comments

  1. avatar
    Indri Bracov July 9, 2014 3:27 pm

    ini ada thread nya gak sih? article dari tahun 2010, baru ngomen sekarang kali udah basi. hiks.. tapi ga papalah, mau share juga.
    sempat kerja di rumah selama kurang dari 2 bulan tapi anak yang harus dibawa keluar sama mbak dari jam 8 pagi - 6 sore. karena terbiasa bersama semenjak lahir jadi tangisan pagi hari sampai tangan menjulur menangis, "MAMAAAA....!!!" jadi sarapan sebelum kerja. pas si kecil udah mulai terbiasa pun mulai was2 merasa tidak dibutuhkan lagi. dan belum 2 bulan udah resign. hikshikshiks......... daya juangnya rendah ya?
    tapi pengalaman ini mengajarkan saya tentang berharganya waktu bersama si kecil. seperti Otie bilang, pas weekend saya 100% buat si kecil itu pun saya lakukan. dan weekend terasa bagai rejeki yang gede banget, lain halnya waktu jadi full time mom. mau weekend mau working days, sama aja buat saya.
    dan karena jarang ketemu, jadi lebih sabar dengan kenakalan si kecil, walaupun masih galak kaya macan. dan satu hal yang sangat berharga yang saya pelajari dari Trudy, segalak-galaknya saya dan se-dimanja-manjanya dia sama mbak, kakek, atau tantenya, buat Trudy, saya adalah yang harus ada di sampingnya di manapun itu. Dia gak pernah kapok nempel sama ibunya.
    dan lebih bijaksana ketika menghadapi masalah, lebih sabar dan ga stress karena sudah terlatih problem solving at work. Network pun semakin luas, jadi punya teman curhat yang juga mengalami masalah kerja ataupun masalah rumah tangga. jadi stress gak dipanggul sendiri.
    sudah merasakan nikmatnya ibu bekerja (walau sementara) dan ibu full time ngurus anak, jadi pengen bekerja. tapi tetap di rumah dan bisa bawa Trudy ke tempat kerja tanpa dipisah, dan syukur Trudy bisa melihat langsung ibunya sedang berkarya supaya bisa jadi contoh. Masih impian........ seperti mamas lainnya. semoga lekas terwujud. Amin...

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    marina gardenia January 25, 2010 11:33 am

    salam kenal... baru gabung nih, n kebetulan senasib sama meta... kebetulan ibu aku adalah FTM tapi alhamdulillah mertua aku WM... aku banyak berkaca dari beliau dan banyak WM-WM yang lain... (dan juga dari comment2 temen-temen semua disini...) kita harus optimis kalau WM pun pasti bisa menghasilkan anak-anak yang hebat dan sayaaang sama ortunya... amiiin ^^ *sambil terharu berdoanya*

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    agis January 20, 2010 12:07 pm

    nice story, meta...

    gw bisa merasakan apa yg lo rasain, walopun skrg gw udah jd FTM...
    tapi hidup itu kan penuh dgn pilihan, jalanin dg ikhlas yah..gw yakin suatu saat nanti nara pasti ngerti kok..
    so be tough ya!

    sun buat nara :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    pipit January 19, 2010 1:23 pm

    Seneng baca post ini dan comment commentnya and feels that I am not alone. Apalagi emang bener banget kata suaminya Mbak Neneng ya ... kita juga kerja demi anak kita kok ... so dibalik perasaan anak anak itu bahwa dia merasa "ditinggal" oleh ibunya .. I am hoping that in the end dia bisa mengerti bahwa yang kita lakukan adalah untuk dia juga he he he he ...

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    rani nurcharissa January 18, 2010 2:34 pm

    Nice article, kebetulan satu 'sepatu' jadi ngerti bgt kondisinya.. Terus terang bekerja adalah salah satu pilihan saya pribadi. Kebetulan saya adl anak sulung dan ayah kami wafat saat saya dan adik2 saya masih kecil. Cukup beruntung krn ibu saya bekerja jd kami bertiga masih bisa sekolah. Well, mungkin jaman skr udah populer asuransi ato tabungan pendidikan dkk tp tetep gak ada yg berani jamin kl kami gak akan 100% ngalamin kondisi yg sama.

    Untung suami ngerti dan mengizinkan sepenuhnya, selain ada tuntutan ekonomi lain yg masih meminta saya bekerja. Insya Allah jg masih bisa menjaga diri dan menyeimbangkan antara pekerjaan dan keluarga (masih lebih berat keluarga sih, hehehe)

    1. avatar

      As .