DIY: Bermain Menanam Pohon



Anak berusia 2 tahun biasanya punya energi yang bersar. Kita bisa melihat dari cara mereka berbicara, melompat-lompat, naik turun kursi, menyanyi, membaca buku, dan mengenal huruf serta angka.

Karena itulah saya selalu berusaha mencari cara agar Raffi bisa menyalurkan energinya yang besar itu dan agar ia tidak tergantung pada gadget. Saya sendiri kebetulan sangat suka dengan prakarya, jadi biasanya saya membuatkannya mainan. Ternyata Raffi sangat senang mainan buatan saya dan ini membuat saya juga makin semangat membuatkan mainan untuknya. Mainan-mainan buatan sendiri itu biasanya saya simpan rapi dalam lemari agar tidak cepat rusak dan bisa dimainkan kembali lain kali.

Biasanya saya mendapatkan ide dari pinterest. Rasanya kita tidak akan pernah kehabisan ide dengan melihat-lihat ide permainan di sana.


  

 

 Beberapa DIY permainan yang saya buat


Kali ini saya mau berbagi cara membuat mainan menanam pohon. Raffi sekarang sudah mulai mengenal angka dan huruf, jadi saya membuat mainan yang konsepnya memasukkan pohon pada huruf atau angka yang sama. Sebenarnya sih tidak mutlak harus berbentuk pohon, tetapi kali ini saya buat seperti menanam pohon agar lebih menarik.

Alat dan bahan:


  1. Stik kayu es krim

  2. Kertas warna-warni

  3. Print huruf dan angka. Kalau males ngeprint bisa pakai spidol atau pulpen

  4. Wadah sterofoam bubur yang sudah dicuci bersih

  5. Lem dan gunting


Cara Membuat: 

1. Buatlah gambar pohon atau bunga dengan kertas warna-warni sesuai kreativitas. Bulatan mirip pohon pakai warna hijau dan di dalamnya ditempel bulatan hijau muda.

2. Tempelkan huruf dan angka di pohon atau bunga. Ini bisa dari printable huruf atau bisa juga ditulis pakai spidol/pulpen.


3. Pasangkan stik kayu pada bagian ujungnya dengan lem.


 


4. Tempel kertas warna kuning di atas stirofom lalu hiasi pinggirnya dengan warna hijau seperti rumput.

5. Tulis huruf dan angka di atas stirofom. Lalu lubangi sebesar stik kayu es krim. Lalu dimasukkan stiknya agar lubang lebih rapi dan lebih halus.







Ini versi sederhananya ^^




Ini versi lengkapnya :D
Mau bikin yang mana?

Cara bermain: 

Anak akan mengambil huruf atau angka yang ada di pohon lalu dimasukkan ke lubang sesuai angka dan hurufnya. Angka dan huruf bisa juga diganti dengan bentuk-bentuk, seperti lingkaran, segitiga, dll. Sambil bermain, ajak anak menyebutkan angka atau huruf yang ia pegang.

Raffi betah sekali memainkannya. Bongkar pasang berkali-kali. Kadang saya juga memintanya mengambil angka atau huruf tertentu. Atau saya ajak mencari contoh kata yang sesuai dengan huruf yang ia pegang. Anak senang, ibu pun senang. Bermain bersama seperti ini juga bisa mempererat hubungan antara ibu dan anak.








Wadah stirofom ini bisa sekalian dipakai untuk tempat penyimpanan stik kayunya. Mungkin urban mama juga bisa menggantinya dengan kotak kardus.



13 Comments

  1. avatar
    suria riza December 9, 2015 1:21 pm

    makasi mama eka mama aini :*

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Retno Aini December 7, 2015 5:32 am

    Oooh bagus bgt ini idenya buat anak belajar mencocokkan. Gak melulu paper-pencil based ya ternyata. Dan iya, pinterest itu mmg gudangnya ide bikin mainan anak2 ya. Tfs mama Echa :D

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Eka Gobel December 5, 2015 12:51 pm

    Seru dan mudah ya! Keren idenya! Tfs mama echa

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    suria riza December 5, 2015 2:10 am

    makasih mama angie, mama wiwit, mama retno, mama gabriella, mama siska, mama cindy, mama ivania selamat bermain yaaaa

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Siska Knoch December 3, 2015 11:06 pm

    Pas banget lagi cari ide baru buat mainannya migu dan vino. Tfs mama Echa :)

    1. avatar

      As .