DIY Cardboard Cactus Costume

Almaviva Landjanun She loves creating stuff, more because she's kinda cheap mama, than just creative. Likes to carry mineral water and children's book enthusiast. She lives in Bandung with her husband, Ing Landjanun and their silly girl who has big sparkling eyes, Artanya Rinjani.

Meneruskan tradisi membuat kostum untuk Rinjani setiap tahun, kali ini saya dan suami kembali kerja bakti membuat kostum. Kalau tahun-tahun sebelumnya lebih sering saya yang membuat kostum, tahun ini saya hanya sumbang ide saja, sementara proses pembuatannya dilakukan oleh suami berdua dengan Rinjani. Idenya sederhana aja, membuat kostum kaktus. Awalnya belum terbayang mau dibuat dari bahan apa dan bagaimana teknisnya. Akhirnya kami memutuskan untuk membuat kostum dari kardus.

Setelah menggambar desainnya, kami pun mulai membuat pola di kardus. Proses pembuatannya sendiri agak tricky, apalagi pada bagian siku tangan. Tadinya pengin membuat bagian siku yang betul-betul bisa bergerak bebas seperti tangan sungguhan. Namun kami tidak berhasil menemukan material yang tepat, jadi dibuat kaku saja. Itu pun tetap harus menyiasatinya. 

Berbeda dari kostum-kostum yang terdahulu, kostum yang sekarang ini Rinjani lebih aktif terlibat dalam pembuatannya. Rinjani mengecat hampir semua bagian kostum. Seperti biasa, cat yang kami gunakan adalah cat akrilik. Selain itu Rinjani juga ikut berfoto-foto untuk dokumentasi.

Selain kardus dan cat akrilik, material yang kami pakai adalah sedotan untuk bagian duri kaktus, yang ditempel menggunakan lem tembak.

Bagian yang paling seru adalah saat berfoto-foto setelah kostumnya jadi. Rinjani memang selalu paling semangat kalo diajak berfoto konyol seperti ini. Saat berfoto bersama tanaman kaktus koleksi di halaman belakang, Rinjani sempat bertanya, "Nanti kaktus-kaktus yang lainnya sedih gak ya kalau tahu aku orang, bukan kaktus betulan?" Wah, anak-anak memang selalu menggemaskan ya pertanyaannya? Mungkin ada Urban Mama atau Papa yang mau bantu jawab pertanyaannya Rinjani yang lucu? Atau malah mungkin ada yang ingin berencana bikin kostum yang serupa?

Related Tags : ,,

6 Comments

  1. avatar
    Mama Windy November 23, 2016 10:43 am

    waaahh... keren kostumnya... Rinjani lucu banget siiih.. ide keren, kostum hebat, modelnya lucu pula... nggemesin.. :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Retno Aini November 18, 2016 4:43 pm

    Ini keren banget kostumnya! hahaha, keluarga burung memang seng ada lawan deh kalau bikin kostum kreatif :D Thanks ya Nya, buat tutorialnya. Kemarin2 penasaran, itu bikin duri kaktusnya pakai apa ya? Oh ternyata pakai sedotan ya

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Eka Gobel November 18, 2016 9:32 am

    Keren banget deh birdie family ini. Kreatif! Melon lucu banget. Udah gadis ajaa :*

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Siska Knoch November 16, 2016 9:31 am

    Keren! dari liat di IG sampe baca artikelnya ga bosen2 deh liat fotonya Rinjani si anak terkenal itu hehehehe gemesss.
    dan kalo soal kreatif udah jelas deh keluarga burung jaminan mutu! merdeka!!!

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    ninit yunita November 16, 2016 9:15 am

    salut deh sama keluarga burung ini, kreatif! idenya selalu menyegarkan. ngga heran kalo rinjani jadi anak yang hepi dan nanti udah besarnya pasti jadi anak yang kreatif.

    lucu bangeeet kostumnyaaa! :)

    1. avatar

      As .