DIY Quote Banner

Almaviva Landjanun She loves creating stuff, more because she's kinda cheap mama, than just creative. Likes to carry mineral water and children's book enthusiast. She lives in Bandung with her husband, Ing Landjanun and their silly girl who has big sparkling eyes, Artanya Rinjani.

Saya termasuk yang tidak suka ada hiasan dinding di kamar tidur, khususnya di bagian kepala tempat tidur. Alasannya simple: takut sewaktu-waktu hiasan itu jatuh ketika saya sedang tidur. Kan nggak lucu ya lagi tidur lalu tertimpa lukisan atau frame foto. Selain itu, saya juga kurang suka kalau dinding kamar dipaku karena saya tipe yang gampang bosan dengan hiasan dinding.

Ide membuat Quote Banner ini berawal dari alasan di atas tadi. Dulu saya dan suami menggunakan wall-sticker tulisan-tulisan sebagai pengganti headboard tempat tidur kami. Kali ini masih tulisan juga, tetapi medianya saja yang diganti jadi kain. Adapun kain yang saya gunakan jenisnya kain kanvas.

Urban mama ada yang mau coba membuat quote banner di rumah? Yuk persiapkan alat dan bahannya:

  • kain kanvas
  • spidol marker besar
  • gunting
  • alat jahit/lem kuat
  • benang
  • kayu.

 


Pertama-tama kanvasnya dipotong dulu sesuai bentuk yang diinginkan. Kami membuatnya agak besar, karena memang mau dijadikan headboard di atas tempat tidur.

Setelah dipotong, pinggirannya potongan kain kanvasnya dijahit. Pada beberapa online tutorial lain biasanya pake lem aja sih. Kami sempat berpikir, karena ukurannya cukup besar jadi lebih baik dijahit saja. Lagi pula bentuknya lurus-lurus saja, bisa lah jahit sendiri. Jangan lupa, bagian atas potongan kanvasnya dilipat atau digulung ke belakang, untuk nanti tempat memasukkan kayu gantungan.

Untuk menghiasnya, di atas kanvas hitam kami menggunakan marker Snowman Silver. Ukuran spidolnya kurang besar sebenarnya, jadi hasilnya agak kurang bagus. Sedangkan untuk yang kanvas putih, pakai spidol marker hitam biasa. Lupa pakai merek apa, tetapi merek apa saja juga bisa.

Selesai ditulis, masukkan kayu gantungan ke bagian belakang yang sudah disediakan pada kain kanvas. Saya dan suami menggunakan dahan pohon jambunya Oma yang tumbuh di depan rumah, karena tidak ada kayu yang lurus. Untuk gantungannya, tinggal ikat pakai tali atau benang saja di kedua ujung kayu, lalu pasang di tembok. Pasang di temboknya bisa dengan paku atau talinya ditempel pakai selotip.

Mudah, bukan? Dan yang pasti quote banner ini cukup aman, karena kalau pun jatuh, kayunya hanya akan jatuh di ujung tempat tidur saja, tidak mengenai muka. Lain cerita kalau frame besar yang jatuh. Semoga DIY ini menambah inspirasi dekorasi kamar Urban mama ya. Selamat mencoba!

9 Comments

  1. avatar
    ninit yunita March 8, 2016 5:32 am

    nyanyaaa! selalu keren deh DIYnya! termasuk yang satu ini. suka bangeeet!

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Afifah Rahmawati March 7, 2016 1:51 pm

    waaaa...pas banget nih mba, pas lagi butuh ide buat bikin walldecor di rumah baru, soalnya mau beli2 sayang, walldecor yang dipinginin lumayan mihil2. nah kalau bisa bikin sendiri gini kan seru! sekalian bisa bikin bareng anak.

    thx mb idenya :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Oci Rajagukguk Dewono March 7, 2016 11:15 am

    Pas bgt lg perlu! Makasih 'Nyaa, ide kerennyaa!

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Cindy Vania March 7, 2016 11:11 am

    Wah keren banget ini idenya Nya!
    Aku termasuk yang gak suka ada "tempelan" diatas kasur karena ya takut jatuh.
    Tapi kalo hanya dari kain gini keren yaa..

    Jadi pengen bikin deh :) TFS Nyanyaa..

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    hanana fajar March 7, 2016 9:35 am

    keren! suka idenyaaaa mbaaa:)

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.