Dongeng Petualangan ke Tempat Unik: Ketika Cerita Dongeng Jadi Nyata

“Putri Amelia yang suka dengan warna pink suatu hari sangat sedih. Sebab gaun, sepatu, dan aksesori lainnya berubah warna menjadi motif polkadot. Bahkan istananya juga berubah demikian. Ternyata itu dikarenakan ucapannya yang kurang sopan pada Monster Polkadot. Kutukan itu bisa hilang setelah dimaafkan sang monster dan membasuh tangan di Danau Polkadot.”

Itulah sebagian isi cerita dalam buku DONGENG PETUALANGAN KE TEMPAT UNIK karya NURUL IKOMA K. Tahukah Urban Mama, kalau Danau Polkadot itu benar-benar ada di dunia nyata?

Nah, apa yang terjadi jika anak-anak tahu kalau tempat-tempat yang ia baca di buku dongeng kesukaannya bisa ia datangi di dunia nyata? Bagaimana reaksi anak-anak ketika ia tahu kalau tempat-tempat itu benar-benar ada?

Senang sekali pasti ya?

Begitu juga Kira dan Kara ketika membaca buku yang diterbitkan oleh BIP (Bhuana Ilmu Populer). Buku ini berisi 10 cerita pendek tentang petualangan tokoh-tokoh cerita ke tempat-tempat yang unik dan ajaib, seperti Kota kotak-kotak, bukit cokelat, pantai warna-warni, Danau Polkadot, bukit jamur, dan semacamnya. Yang lebih menarik, di akhir cerita, penulis memberikan bagian FAKTA UNIK yang berisi tentang fakta-fakta berupa tempat-tempat yang serupa di buku dongeng dan bisa kita temui di dunia nyata. Di dalam FAKTA UNIK, Nurul Ikoma menulis nama kota dan Negara tempat kita bisa menemui lokasi-lokasi unik tersebut lengkap dengan alasan pemberian namanya.

Menarik bukan?

Yang tak kalah menarik, beberapa tempat unik tersebut ada di Indonesia lho… Siapa tahu bisa menjadi inspirasi untuk menghabiskan liburan sekolah bersama keluarga. Dengan datang ke tempat-tempat yang ada di buku dongengnya tentu akan membuat anak-anak lebih mudah jatuh cinta pada buku. Harapannya tentu mereka akan senang membaca untuk memuaskan rasa ingin tahunya.

Bukan hanya itu, di dalam buku dongeng setebal  120 halaman tersebut, anak-anak dapat menikmati sensasi petualangan lebih seru bersama tokoh-tokohnya karena ilustrasi gambar yang dibuat dengan warna yang cerah dan menarik. Tokoh utama dalam buku cerita pun bukan sebatas berupa tokoh manusia, tetapi juga benda sehari-hari yang biasa mereka temui seperti boneka, sapu ajaib, hingga kereta api. Dengan tokoh yang beragam, buku ini bisa dinikmati siapa saja, baik anak lelaki maupun perempuan.  Anak-anak juga dapat mengasah kemampuan daya imajinasinya. Dengan gambar yang menarik anak-anak juga tidak mudah merasa bosan.

Setelah selesai membaca, bersiap saja mama dan papa diberondong pertanyaan oleh si kecil tentang nama-nama kota atau negara yang masih asing di telinganya. Bahkan Kira dan Kara juga sempat ribut minta pergi ke Spanyol atau Italia untuk melihat tempat-tempat unik tersebut. Setelah diberi tahu di mana Spanyol dan Italia, Kira dan Kara lantas bercita-cita jika besar nanti bisa melihat tempat-tempat yang indah seperti di buku dongengnya. Nah, dari satu buku ini, bertambah lagi pengetahuan si kecil ya… Bukan hanya senang mendengar cerita dongeng, namun juga bertambah pula pengetahuannya tentang negara dan kota. Seru ya?

Selamat membaca dan selamat berpetualang!

2 Comments

  1. avatar
    Honey Josep November 8, 2017 11:09 am

    wah keren mendongeng sambil memberikan fakta unik... aku jadi penasaran mau baca bukunya dan menemukan fakta unik lainnya :)

    Tfs Wiwid!

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Cindy Vania October 28, 2017 8:38 am

    Bukunya bagus sekaliii..
    Aku kok jadi penasaran pengen ke Gua Gong yaa..

    Yuk ke sana yuukk

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.