Experiential Learning: Cara Seru Perkaya Pengetahuan Anak

Belajar dengan mengalami atau dikenal dengan experiential learning (EL) adalah salah satu metode belajar yang penting bagi anak-anak. Kenapa? Karena metode ini berfokus pada pemecahan masalah dan membuat anak-anak berpikir secara kritis. Anak-anak tidak lagi belajar dengan cara menghafal yang kadang-kadang membuat anak bosan dan kurang menyerap ilmu yang diajarkan.

Belajar dengan metoda Experiential Learning membuat anak-anak belajar sebagai pelaku sehingga tahu apa yang diterapkan di dunia “nyata”.

Sebagai orangtua, sebetulnya beberapa aktivitas di rumah sangat bisa menjadi sarana belajar bagi anak. Mengajak anak ke dapur untuk memasak bersama misalnya, mungkin tampak sederhana tetapi sesungguhnya anak belajar banyak hal seperti matematika, kimia, kesabaran, melatih keterampilan motorik halus dan koordinasi tubuh, juga meningkatkan rasa percaya diri anak. Seru ya?
 
Selain di rumah, kini beberapa sekolah rasanya sudah memiliki program experiential learning seperti field trip atau studi lapangan yang dilakukan di luar sekolah dengan mendatangi tempat-tempat yang sudah ditentukan. Field trip diadakan agar pengetahuan anak-anak di luar kelas/sekolah meningkat dan menjadi ajang belajar yang lebih menyenangkan bagi anak-anak. Tanpa sadar, acara yang menyenangkan ini sesungguhnya adalah proses belajar bagi mereka.

Beberapa manfaat experiential learning bagi anak adalah:
1.     Kemampuan untuk menerapkan ilmu pengetahuan secara langsung
2.     Akses bagi anak untuk belajar langsung dari pengajar dan mendapatkan feed back.
3.     Meningkatkan kemampuan anak dalam bekerjasama dengan tim dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi.

Nah, ternyata salah satu tempat makan favorit keluarga saya, Bakmi GM, memiliki 3 program Experiential Learning yang seru untuk anak, diantaranya:

1. Field Trip
Terbayang ngga sih serunya field trip sekolah ke store Bakmi GM? Ada cooking class membuat pangsit yang akan melatih kognitif anak, praktik berhitung di kasir, kunjungan ke dapur, berbagai games seru dan edukatif. Field Trip ini merupakan sebuah proses belajar yang menyenangkan bagi anak-anak! Dan ternyata harga paket field trip ini sangat terjangkau loh Mama, yaitu hanya dengan membayar paket Field Trip sebesar 35 ribu, anak-anak sudah mendapatkan apron, buku aktivitas edukatif, sertifikat dan menu makanan Kid’s Meal berhadiah mainan lucu!


   
 
2. Kids Story Competition
Selain field trip, ada juga kompetisi bercerita untuk anak. Jika urban Mama memiliki anak yang suka bercerita, ajak deh anak-anak untuk mengikuti program Kids Story Bakmi GM. Yang menarik juga, terdapat workshop Public Speaking for Kids untuk melatih talenta anak, yang dikemas dalam kegiatan roadshow ke SD dan festival di mall Jabodetabek. Yuk, ajak anak-anak mengikuti kompetisi bercerita anak “Kids Story” agar kemampuan berkomunikasi mereka meningkat dan raih kesempatan untuk memenangkan hadiah utama berupa Tabungan Pendidikan dari Bank Permata senilai total belasan juta rupiah! Si kecil bisa menampilkan cerita dongeng maupun cerita nyata seperti idola, cita-cita, dan lainnya. Pendaftaran kompetisinya sangat mudah, cukup isi formulir pendaftaran di store Bakmi GM, atau bisa juga daftar online di media sosial Bakmi GM. Biayanya? GRATIS!


 
3. Birthday Party
Bila urban Mama merencanakan untuk merayakan ulang tahun anak di Bakmi GM, pastinya akan mengesankan karena diisi dengan berbagai games seru dan edukatif. Akan ada hal-hal baru yang dipelajari oleh anak-anak dari event spesial ini. Harga paket mulai dari 9 ribuan saja sudah termasuk MC, topi ulang tahun, kartu undangan, dekorasi, balloon stick, suvenir, hadiah games, hadiah spesial untuk yang berulang tahun dan foto beserta frame lucu. Menarik ya? Terdapat 3 pilihan paket Ulang tahun dengan berbagai tema dekorasi yang dapat dipilih.


 
Bila Urban Mama membutuhkan informasi lebih lanjut, Mama dapat mengirimkan e-mail ke [email protected], telepon ke 021 – 5655-008, atau menghubungi store Bakmi GM terdekat. Untuk informasi terbaru, Mama bisa follow Bakmi GM di kanal sosial media Facebook: Bakmi GM, Instagram: @BakmiGMania, dan tentu di website www.bakmigm.com.

Yuk! Perkaya pengetahuan anak dengan memperbanyak belajar dengan mengalami (experiential learning).

5 Comments

  1. avatar
    Tyara Maryam April 4, 2019 7:07 am

    Wah bagus-bagus ya programnya Bakmi GM, ndak nyangka. Abis ini mau cari2 info kebetulan sekolah anakku mau bikin field trip. Kenapa ndak di GM aja, yekan?

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Angie Renata April 2, 2019 3:30 pm

    seru banget teh ini! kirain mahal. ternyata cukup terjangkau ya di GM. thanks bocorannya teh!

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    mama_ningsih April 2, 2019 11:09 am

    Workshop public speaking for kids juga menarik. Ada info tidak ya mengenai jadwal dan biayanya?

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Aliya Suprapto April 2, 2019 10:58 am

    Mbak Ninit, thank you tulisannya. Tertarik ikutin anakku yang Kids Story Competition. Langsung meluncur ke IG Bakmie GM. Tapi di IG aku gak nemu info ini. Coba deh kalau makan ke Bakmi GM aku sekalian nanya-nanya. Menarik banget programnya.

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    May Sukmasari April 2, 2019 6:10 am

    Wah baru tahu bisa juga ya field trip ke Bakmi GM, mau refrensiin ah ke sekolah Dhira. Field trip ini bisa di semua lokasi Bakmi GM ya?

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.