Family Gathering di Situ Gunung

Beberapa waktu lalu, saya dan beberapa teman kantor mengadakan acara family gathering ke Situ Gunung. Kawasan wisata danau Situ Gunung terletak dalam wilayah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) daerah Sukabumi. Dari Bekasi menuju Situ Gunung memakan waktu 4 – 5 jam dan melewati beberapa titik kemacetan, sehingga sangat disarankan untuk berangkat pagi-pagi sekali.

Rombongan kami tiba di pintu gerbang TNGGP sekitar pukul satu siang. Begitu sampai, udara segar dan hijaunya pepohonan langsung menyambut kami. Segera saja kami mencari tempat yang enak untuk membuka bekal makan siang.

Setelah makan, kami bersiap-siap menuju air terjun Curug Sawer. Jarak dari tempat parkir ke air terjun sekitar 2 km dengan jalan setapak dari tanah yang cukup menantang. Naik-turun, berbatu-batu ditambah becek apabila terkena hujan. Butuh sekitar 60 menit untuk mencapai air terjun karena banyak berhenti untuk istirahat.

Beberapa kali kami bertemu dengan pengunjung lain dan saat melihat rombongan kami yang terdiri dari anak-anak, kami disarankan untuk berbalik. Tetapi kami sendiri merasa perjalanan ini tidaklah berat. Mungkin karena anak-anak juga sangat bersemangat, tidak ada yang mengeluh bahkan tidak ada satupun yang mogok.

Begitu sampai di air terjun, anak-anak langsung gembira bermain air. Air terjun Curug Sawer memiliki aliran yang deras dan cukup kuat dengan batu-batu licin di sekelilingnya sehingga tidak disarankan untuk berenang terlalu dekat dengan air terjun. Kami sendiri bermain air di aliran sungai kecil, beberapa meter dari air terjun yang cukup aman bagi anak-anak.

Puas bermain, kami masih harus kembali ke areal parkir mobil. Jangan khawatir, bagi yang sudah lelah dapat menyewa ojek motor untuk mengantar kembali ke gerbang TNGGP atau naik angkutan umum setelah bertemu jalan aspal.

Sesampainya di tempat parkir, kami segera menuju areal perkemahan yang sudah dipesan sebelumnya. Sebenarnya di sekitar gerbang TNGGP ada beberapa vila yang dapat disewa tetapi karena ingin memberi pengalaman berbeda untuk anak-anak, maka kami memilih menginap di tenda. Areal perkemahannya sendiri cukup nyaman karena dilengkapi aliran listrik dan kamar mandi. Kami bahkan memesan api unggun untuk melengkapi acara malam kami.

Keesokan paginya kami segera berkemas dan bergerak menuju Situ Gunung. Situ Gunung merupakan sebuah danau buatan di kaki Gunung Gede Pangrango. Danau ini dikelilingi oleh pohon-pohon besar dan sebuah pulau kecil di tengahnya, sangat indah.

Salah satu agenda kami adalah bermain kayak di Situ Gunung dan kami sudah membawa perlengkapan kayak lengkap dari Bekasi. Agak sulit memang membawa kayak menuju Situ Gunung tetapi berkat kerjasama kami berhasil melakukannya.

Liburan ke Situ Gunung ini sangat berkesan bagi kami semua. Benar-benar melarikan diri dari hingar-bingar ibukota dan penatnya rutinitas. Terbukti hingga beberapa minggu sesudahnya, para orangtua masih sibuk update foto liburan dan anak-anak masih membicarakan liburan ini.

12 Comments

Retno Aini January 14, 2015 6:31 pm

inget banget itu air terjunnya, mmg batu2nya agak licin. danau situ gunungnya benar2 cantiiikk ya :D senang banget ya pasti anak2 selama disana. Ah jadi kangen Indonesia. Tfs yaa Rindangi :D

2. avatar
    Rindangi Putri January 10, 2015 11:54 am

Bunda_rizma: maksudnya lintah/pacet ya... kemarin kita kesana bukan pas musim hujan jadi ga ketempelan. Tp memang kalo tanahnya basah akan banyak pacet.

Ini liburan terakhir ledi dengan pakdhe agis (fotonya yg sedang dayung dengan menggunakan slayer di kepala). Pakdhe agis mendadak dipanggil Tuhan 28 desember 2014. Istirahat yg tenang pakdhe.. terima kasih atas pengalaman dan pelajaran dr pakdhe selama ini...

3. avatar
    Gabriella F January 9, 2015 5:23 pm

Aduuuuh tempatnya keren bangeeet... seru ih jadi pengeeen...

4. avatar
    bunda_rizma January 9, 2015 2:03 pm

aaah, situ gunung! Pernah ksana pas kuliah.
    Emang asik banget tempatny, dan seru perjalanan menuju air terjunnya. banyak 'krucils' yg tau2 nempel dikaki/kaos kaki :D
    Ah, jd pgn kesana lg.

5. avatar
    zata ligouw January 9, 2015 10:38 am

keren banget Dang! pengen banget deh ngadain family gathering juga di sana, hihihi..