Family Gathering ‘Kumpul Kembar’ Twindonesia

Apa jadinya kalau anak-anak dipertemukan dan berkumpul? Pastinya ramai sekali, seru penuh celoteh dan teriakan-teriakan heboh. Nah sekarang jadikan dobel, karena semuanya yang kumpul itu anak kembar!

Itulah sedikit gambaran saat kegiatan family gathering 'Kumpul Kembar' komunitas Twindonesia bulan November lalu. Ide acara ini terlontar setelah beberapa kali acara kopdar para mama yang tergabung dalam komunitas Twindonesia. Dengan tujuan untuk lebih mempererat tali silaturahim antar anggotanya, akhirnya kami sepakat mengadakan gathering perdana Twindonesia di Gunung Geulis, Puncak. Konsep acaranya main-main santai bersama si kembar selama dua hari. Seru, bukan?

Sekilas tentang komunitas Twindonesia: awalnya dimulai ketika kami, beberapa mama yang memiliki anak kembar, kesulitan mencari teman ‘senasib’ untuk berbagi. Berbagi pengalaman dalam hal mengasuh anak kembar yang tidak mudah, apalagi jika kembarnya adalah anak pertama dari sepasang suami istri yang masih baru dalam dunia parenting. Banyak pengalaman yang dibagi oleh para anggota, dari cara menyusui anak kembar sampai ke tumbuh kembang anak kembar.

Menjawab kondisi tersebut, beberapa mama berinisiatif membentuk wadah baru sebagai sarana untuk berbagi. Dibentuklah grup BBMessenger bernama Twinies dengan anggota sebanyak 30 orang. Karena semakin banyak yang ingin bergabung, dibentuklah lagi grup baru di Whatsapp dengan nama Two Little Joy. Lagi-lagi, anggotanya full sebanyak quota yaitu 50 orang. Demi menampung antusiasme para mama yang anaknya kembar maupun yang sedang hamil anak kembar, kami membuat fanpage di Facebook. Dari masukan beberapa anggota, kami pun sepakat memberi nama baru yang lebih universal untuk komunitas kami: Twindonesia. Jadi siapapun mama yang mempunyai anak kembar, triplet maupun lebih apalagi yang sedang mengandung anak kembar, boleh sekali bergabung dalam komunitas ini. Mudah-mudahan komunitas ini bisa bermanfaat sebagai tempat berbagi segala hal tentang anak kembar.

Kembali ke acara family gathering Twindonesia. Peserta gathering Kumpul Kembar yang hadir sekitar 20 keluarga, yang artinya 20 pasang anak kembar batita kumpul di satu tempat. Asyik dan heboh ya. Lebih asyiknya lagi karena diadakan di Puncak, anak-anak menikmati suasana bermain outdoor yang dingin-sejuk, dihangatkan oleh kebersamaan dalam acara ini. Tidak hanya si kecil kembar yang saling bertemu dan berbaur tetapi juga para orangtuanya walaupun sebelumnya para peserta acara ini belum pernah bertemu.

Di hari pertama gathering, sedari pagi para mama sibuk menyiapkan segala sesuatunya. Sesuai rencana, peserta tiba sebelum makan siang. Acara makan siang dilanjutkan dengan pembagian kamar, lalu peserta berkumpul kembali di aula utama. Acaranya diawali dengan setiap orangtua beserta anak kembarnya memperkenalkan diri. Senang sekali rasanya, akhirnya bisa bertemu dengan teman-teman sesama keluarga para kembar yang selama ini hanya bertemu dan dilihat di foto.

Usai acara perkenalan, Kak Indro selaku host acara gathering langsung mengajak anak-anak bermain. Dari bernyanyi bersama, lalu ada beberapa permainan untuk pasangan kembar. Oh, permainan untuk ayah dan bundanya juga ada lho. Lucunya, selama permainan berlangsung, banyak anak yang selalu berdampingan dengan kembarannya. Manis sekali, seperti tidak mau berpisah.

Acara permainan diseling sebentar untuk sesi foto bersama. Bisa dibayangkan susahnya mengatur pasangan anak kembar ini untuk foto bersama? Ada yang menangis tidak mau difoto, eh kembarannya pun ikut menangis. Ada yang lari-larian, dibuntuti juga oleh kembarannya. Ada juga yang sudah duduk manis akhirnya tidur. Beberapa saat setelah perjuangan keras membujuk anak-anak untuk foto bersama, akhirnya berhasil juga mengambil gambar.

Setelah sesi foto bersama, acara games dilanjutkan outdoor dengan suasana pegunungan yang dingin sejuk. Tetapi anak-anak tetap bersemangat mengikuti permainan. Ada permainan dengan pasangan kembarnya, juga ada permainan mencari ayah dan ibu, serta games kekompakan antara ayah ibu dan anak kembarnya. Yang membuat suasananya makin seru adalah anak-anak ini tidak tahan melihat lapangan luas untuk dijelajahi berlari-lari. Hasilnya: para ayah ibu sibuk mengejar-ngejar si kembar untuk tetap ikut dalam games. Jadinya bermain sekaligus berolahraga ya.

Sudah puas dan lelah bermain-main outdoor, panitia langsung memberikan hadiah hiburan untuk anak-anak. Pastinya semua harus kebagian ya, karena kalau tidak, pasti akan rebutan. Senang sekali melihat wajah puas anak-anak kembar ini. Para orangtuanya juga mendapat souvenir goodybag keren dari beberapa sponsor, salah satunya berisi notes cantik dari The Urban Mama. Terima kasih ya The Urban Mama!

Acara selanjutnya adalah acara bebas untuk istirahat dan menikmati cemilan hangat, Para mama pun asyik mengobrol-ngobrol seru. Yang selama ini hanya bisa komunikasi melalui messenger grup, akhirnya bisa bertemu langsung dan saling bertukar cerita tentang macam-macam dari pola asuh si kembar, aktivitas para member, dan lainnya. Setelah istirahat dan acara bebas, kemudian dilanjutkan dengan makan malam bersama dan minum kopi di tengah udara dingin. Keseruan gathering tidak berhenti sampai di sini karena acara dilanjutkan dengan main kembang api bersama.

Keesokan harinya, acara diawali dengan jalan pagi bersama dan berenang! Walaupun udaranya dingin tapi bukan anak-anak namanya kalau tidak masuk ke kolam renang. Menjelang waktu makan siang, akhirnya peserta gathering mulai berpamitan untuk pulang. Walaupun lelah tetapi senang rasanya bisa meluangkan waktu untuk bermain dengan sesama anak-anak kembar kembar dan bertemu dengan keluarganya. Tambah teman, dan pastinya tambah cerita dan pengalaman baru. Mudah-mudahan di lain kesempatan nanti kami akan mengadakan acara kopdar family gathering lagi. Sampai jumpa di acara kopdar Twindonesia selanjutnya!

14 Comments

  1. avatar
    Ajeng Rahayu February 21, 2017 7:06 pm

    Aku minta info pemegang komunitas nya boleh gak ?

    1. avatar
      Wildayanti Choir February 27, 2017 10:23 am

      Hai Mba Ajeng. boleh wa ke saya ya, Wilda, admin Twindonesia 0812-9967456. fanpage FB kita Twindonesia

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  2. avatar
    bocalbocil January 13, 2015 11:38 am

    waaa seru banget ternyata ada komunitasnya twindonesia.
    Aku lagi hamil kembar 35w. dagdigdugdagdigdug

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Wildayanti Choir December 22, 2014 11:48 am

    holaa mbak cindy..

    aku adminnya grup Twindonesia, boleh wa atau bb aku ya. eniwei bulan januari kita mau ngadain gathering chapter two looh.. hehehe TwinsDayOut :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    cindypumelia December 18, 2014 12:32 pm

    boleh minta contact yang bisa dihubungi atau wa dari twindonesia ngga?

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Wildayanti Choir June 19, 2014 11:17 am

    mammyy @gabriella @eka thanks yaa.. sip sip nti kita share cerita ceria sikembar lagi yaa..

    @@mitsa lucu bangeed.. hayu atuh'produksi'lagi :D

    1. avatar

      As .