Five Senses Matching Activity

Fenny Masudah She is a full time stay-a-home mom who loves cooking Indonesian food, fashion, and making activities and DIY toys for her little daughter Alika. She is blessed to have a supportive husband Ramanda. Currently live in Melbourne, Australia.

Mengapa permainan dengan sensori begitu penting bagi anak usia balita? Karena pada usia inilah konsep dasar mereka untuk belajar dan berkembang melalui investigasi dengan menggunakan kelima indra mereka. Untuk belajar suatu obyek, mengemukakan pendapat, atau pertanyaan untuk usia mereka dimulai dengan proses menyentuh, mencium, menjilat, mendengar, dan melihat. Proses pembelajaran dari lima indra ini makin lama makin berkembang dan berkaitan satu sama lain. Hal ini nantinya dapat membantu perkembangan anak dalam sisi motorik mereka, bahasa dan kosa kata, sosial, kreativitas, dan kognitif.

Permainan dengan menggunakan kelima indra bisa melalui permainan bebas seperti halnya “sensory bin” atau “sensory table” di mana mereka dibiarkan mengeksplorasi sendiri tanpa ada aturan main, tetapi bisa juga permainan menggunakan kelima indra dikaitkan dengan “sorting activity” yang  menggunakan sedikit aturan bermain tetapi tetap membiarkan melakukannya sendiri. Permainan ini tidak hanya mengandalkan indra mereka untuk menginvestigasi obyek, tetapi mengembangkan pola berpikir mereka untuk lebih kritis dalam menyelesaikan masalah.

Salah satu kegiatan yang saya berikan kepada Alika kali ini ada kegiatan “five sense matching”, yang membiarkan Alika mengeksplorasi bahan-bahan yang telah saya sediakan dengan meggunakan kelima indranya yaitu tangan, hidung, mata, telinga, dan lidah. Saya mempersiapkan masing-masing tiga pasang material untuk setiap indra, selain itu juga mempersiapkan material gambar kelima indera sebagai materi pencocokan. Setiap barang yang telah selesai diinvestigasi melalui kelima indera, harus diletakkan pada gambar yang sesuai dan berkaitan dengan fungsinya.

Persiapan untuk aktivitas ini sangatlah mudah dan kita bisa menggunakan barang yang ada di rumah, seperti:


  1. Penglihatan: gambar kartun alika, kaca pembesar, dan senter

  2. Pendengaran:  marakas, kastanyet, lonceng kecil

  3. Penciuman: bawang putih, spray pengharum kamar Alika, lavender

  4. Perasa sentuhan: rubber duck, benang wool, squishy and sticky art foam

  5. Pengecap rasa: marshmallow, garam, rosemary


Urban mama bisa mengganti barang-barang di atas dengan berbagai jenis barang yang tersedia di rumah. Sementara itu gambar alat pencocok, yaitu mata, hidung, telinga, tangan, mulut, dan lidah bisa dicari di Internet atau di majalah, selain itu urban mama juga bisa menggambarnya sendiri.

Bagaimana urban mama, mudah dan sederhana, kan? Yuk kita ajak anak-anak belajar sambil bermain di rumah!

10 Comments

  1. avatar
    Fenny Masudah May 15, 2015 5:12 am

    Terima kasih ibu-ibu hebat atas apresiasinya semoga artikel ini bisa bermanfaat :D

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Cindy Vania May 8, 2015 4:17 pm

    Terimakasih artikelnya Mbak Fenny dan Alika.. selalu aku tunggu2 lho :D

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Eka Gobel May 6, 2015 9:47 am

    artikelnya Fenny favorite deh. jadi ada ide untuk main di rumah bareng anak2 pake materi yg ada di rumah. TFS, fenny!

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    zata ligouw May 6, 2015 6:24 am

    makasih ide aktivitas belajarnya ya mba Fenny... sederhana tapi bagus banget..

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    WiwiT May 5, 2015 2:17 pm

    mbak Fenny, idenya selaluuu keren!! sukaaa banget!! jadi sering banget nyontekin ide-idenya.. :)

    1. avatar

      As .