Fun and Easy Train Cake

Memiliki dua anak yang ulang tahunnya hanya beda tiga hari, maka perayaan tiup lilinnya pun sengaja dibuat berbarengan. Bara berulang tahun yang pertama tanggal 11 Maret, sedangkan Lintang, kakaknya, ulang tahun ketiga pada tanggal 14 Maret. Berhubung Lintang sedang sangat menyukai segala hal yang berbau kereta, maka diputuskan untuk membuatkan keduanya sebuah kue kereta!


Lintang sedang memasuki tahap ingin melakukan segala sesuatu yang dilakukan oleh orangtuanya, maka ia turut saya libatkan dalam pembuatan kue ulang tahun. Dari proses menakar bahan-bahan kue, mencampur dan mengaduk adonannya menggunakan mikser, menuang adonannya ke dalam cetakan cupcakes, hingga menghias sendiri kue-kue kecilnya dengan topping pilihannya. Lintang pun tampak antusias bisa membuat dan memakan kue buatannya sendiri.


Bahan-bahan yang dipakai untuk membuat cupcakes sederhana ini antara lain tepung terigu, unsalted butter, telur, baking powder, pisang, bubuk kayu manis, kismis, dan gula. Urban mama dapat menggunakan resep cupcakes kesukaan masing-masing. Untuk toppingnya dapat menggunakan snack camilan kecil seperti cookies mini, pocky sticks, marshmallow, permen cokelat, dan wafer sticks. Aneka topping tersebut dipilih untuk mencipta-ulang gerbong kereta api yang membawa barang-barang bawaan seperti gelondongan kayu (wafer sticks), domba (marshmallows), dan batubara (permen cokelat).


Untuk alas kuenya, saya memanfaatkan rel kereta mainan Lintang. Dua kereta mainan Shinkansen digunakan sebagai lokomotif penarik gerbong-gerbong kue di belakangnya. Satu kereta membawa gerbong kue dengan lilin angka "3" untuk Lintang, dan kereta lainnya membawa gerbong dengan lilin angka "1" untuk Bara.


Perayaan ulang tahun Lintang dan Bara dilakukan dengan sederhana di rumah dengan anggota keluarga terdekat saja, sehingga tidak ada tuntutan harus menyajikan kue yang terlihat sempurna. Justru dengan melibatkan Lintang dalam pembuatan kue ulang tahunnya, si kecil bisa lebih bersemangat mengekspresikan imajinasi dan kreativitasnya.

Anak-anak senang, orang tua pun tenang!

7 Comments

  1. avatar
    Retno Aini April 4, 2016 4:16 pm

    Selamat ulang tahun, Bara & Lintang! Senangnyaaaa bikin train cake sendiri, yang ini mah cakenya jadinya jauh lebih keren! :D

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Honey Josep April 4, 2016 3:24 pm

    wah kreatif! Tfs mama Allira :)

    Selamat ulang tahun Lintang dan Bara :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Pryta Aditama April 2, 2016 1:42 am

    Meeell..seru banget sih ituuu train cake nyaaa..!! ?
    Qavi juga seneng banget kalo diajak baking bareng.. lebih seneng lagi kalau bahan-bahannya bisa sambil dicemilin, hahahaa..
    Happy Birthday Lintang dan Bara.. bahagia selalu yaaa.. :*

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    hanana fajar April 1, 2016 3:54 pm

    Hai duo Maret Mama Melati:)
    Happpyyy birthday boys...sehat selalu yaaa nak....kiss hug from ibu n azani:*

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Gabriella F March 29, 2016 11:27 am

    Keren banget idenya! Kue pakai kereta api! Sederhana tapi seru banget buat anak-anak ya...

    1. avatar

      As .