Hello Kitty Macarons

Enji Magetsari A working mom, originally from Bandung. She lives in Singapore with food critics son Mahavyr and husband Arrizky Magetsari.

Instagram: http://instagram.com/enjita/

Hello Kitty mulai dipopulerkan oleh Sanrio pada tahun 1974, karakter ini diciptakan oleh Yuko Shimizu. Setelah karakter kartun ini dipopulerkan, Hello Kitty menjadi media bagi banyak franchise dalam berbagai produk seperti clothing apparel, mainan, alat tulis, komik manga, serial anime, musical dan banyak media lainnya. Tahun 2018 lalu, Sanrio mengumumkan bahwa ulang tahun Hello Kitty adalah tanggal 1 November. Bagi penggemar Hello Kitty, tentunya Urban Mama dan si kecil memiliki beberapa produk Hello Kitty.

Di artikel kali ini, saya akan berbagi cara membuat Hello Kitty Macarons disertai dengan foolproof techniques agar menghasilkan kue macarons yang chewy on the inside, smooth and crispy on the outside. Di bawah ini adalah resep dasar pembuatan macarons, silakan Urban Mama berkreasi dengan menambahkan warna pada bahan macarons ataupun pada buttercream.      



Berikut beberapa foolproof techniques tips dalam pembuatan Macarons:

  • Putih Telur: gunakan putih telur suhu ruang (jangan yang dingin dari kulkas) agar menghasilkan adonan meringue yang lebih fluffy.
  • Adonan meringue: aduk dengan mixer kecepatan tinggi hingga menghasilkan adonan yang kaku dan tidak tumpah saat wadah adonan dibalik.
  • Bahan kering seperti gula bubuk dan tepung almond: ayak beberapa kali untuk menghasilkan permukaan macarons yang halus.
  • Warna: Pewarna makanan yang dianjurkan untuk pembuatan macarons adalah Gel Coloring agar warna macarons lebih cerah. Bahan lain biasanya menghasilkan warna lebih pucat.
  • Baking sheet: gunakan kertas roti sebagai pelapis loyang untuk alas adonan agar menghasilkan macarons yang lebih kering. Silicone mat biasanya akan menghasilkan macarons yang lebih lembab.
  • Drop-the-tray: setelah piping adonan macarons pada loyang, ingat untuk “drop the tray”, seperti menghentakkan loyang pada permukaan meja beberapa kali, agar udara pada adonan keluar dan menghasilkan permukaan macarons yang halus. Tusuk dengan tusuk gigi jika ada bagian yang bergelembung.
  • Macronage: aduk adonan dengan teknik “fold and stir”. Untuk membuktikan jika adonan sudah tercampur sempurna, buat angka delapan mengunakan adonan tanpa adonan terputus.

Bahan Macarons:

  • 224 gram (1 3/4 cup) gula bubuk
  • 128 gram (1 cup) super fine almond flour
  • 1 sdt garam
  • 3 putih telur, suhu ruang
  • 1/2 sdt ekstrak vanila

Bahan dan alat lain:

  • Cupcake sprinkles bentuk hati warna merah untuk pita Hello Kitty
  • Food marker warna hitam dan kuning untuk menggambar wajah Kitty
  • Kantong plastik segitiga dengan ujung spuit bentuk bulat diameter 1cm
  • Tusuk gigi
  • Pola lingkaran dengan diameter 3cm

Cara Membuat Macarons:

1. Ayak gula bubuk dan tepung almond beberapa kali hingga halus.

2. Pada wadah yang berbeda, aduk gula putih dan garam dengan mixer berkecepatan tinggi hingga adonan kaku (stiff peak), lihat gambar.

3. Tambahkan ekstrak vanila, aduk hingga rata. Tambahkan gel coloring jika perlu.

4. Masukkan adonan tepung sedikit demi sedikit pada adonan putih telur, aduk dengan teknik macronage “fold and stir”. Untuk membuktikan jika adonan sudah sempurna, buat angka delapan mengunakan adonan tanpa adonan terputus, lihat video.

5. Dalam loyang yang sudah dialasi kertas roti dan pola lingkaran di bawahnya, piping bentuk bulat diameter 3cm.

6. Menggunakan bantuan tusuk gigi, bentuk telinga Hello Kitty. Bubuhkan sprinkles bentuk hati menyerupai pita klasik Hello Kitty. Diamkan selama 40 menit atau sampai permukaan adonan macarons kering sebelum dipanggang dalam oven panas 150*C selama 10 menit.

7. Angkat, dinginkan macarons.

8. Gambar wajah Hello Kitty pada permukaan macarons menggunakan food marker.

9. Bubuhkan classic vanilla buttercream pada satu keping Macarons, taruh Macarons Hello Kitty diatasnya. Simpan dalam wadah kering di lemari pendingin beberapa lama agar rasa buttercream meresap pada Macarons sebelum disajikan.

 

Bahan Classic Vanilla Buttercream

  • 250 gram mentega suhu ruang
  • 192 gram (1.5 cup) gula bubuk, ayak
  • 1 sdt ekstrak vanila
  • 2 sdm heavy cream/whipping cream

Cara Membuat Classic Vanilla Buttercream;

  1. Menggunakan mixer kecepatan tinggi, aduk mentega hingga lembut.
  2. Tambahkan gula bubuk sedikit demi sedikit, aduk hingga rata dan kaku.
  3. Tambahkan vanilla extract dan heavy cream, aduk kembali hingga rata dan kaku.
  4. Masukan sebagian adonan dalam kantong plastik spuit dengan ujung bentuk bulat, simpan dalam kulkas sampai saatnya digunakan.

6 Comments

  1. avatar
    Dewi Yuni November 16, 2019 3:16 pm

    sangat menginspirasi

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Eggi Putri November 16, 2019 2:28 pm

    kreatif bgt. anak jadi semangat makan deh

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Alvaro Prambudi November 12, 2019 4:32 pm

    lucu banget. kreatif ya !!. . .

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    KatrinLarissa KatrinLarissa November 4, 2019 8:07 pm

    Keren banget Mbaaaa! Gemes banget!

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Stefan Hook November 2, 2019 6:38 pm

    wow!
    great work
    my assignment help

    1. avatar

      As .