Jalan Sesama

jalan sesama

Sebenarnya saya sudah lama dengar tentang Jalan Sesama alias Sesame Street versi Indonesia, tapi karena waktu tayangnya pas jam kerja, saya tidak pernah punya kesempatan untuk menontonnya.


Waktu itu saya iseng untuk membelikan Albert majalah Jalan Sesama, ternyata ia sangat menyukainya. Masalahnya, saya tidak tahu nama tokoh-tokohnya dan di situ tidak ada penjelasan tentang mereka. Apalagi Albert berulang kali bertanya, "Ini siapa?"


Untunglah lalu saya menemukan DVD Jalan Sesama, dan sejak saat itu, acara menonton acara Jalan Sesama menjadi aktivitas favorit kami bertiga. Biasanya dalam satu DVD ada dua episode cerita, masing-masing sekitar 24 menit. Sekali menonton biasanya saya hanya putarkan satu episode. Selain cerita tentang empat tokoh utamanya, yaitu Putri, Momon, Tantan, dan Jabrik, ada juga cerita tentang Gatotkata dan Agen Rahasia 123. Selain tokoh boneka, ada juga tokoh seperti Pak Dalang, Pak Bagus, dan lain-lain. Dalam film ini, anak-anak bisa melihat permainan-permainan tradisional, sedikit unsur budaya Indonesia, dan belajar tentang kata-kata berbahasa Indonesia.


Menurut saya, DVD ini cukup menarik sebagai penyeimbang tontonan Albert yang biasanya didominasi oleh tokoh-tokoh Playhouse Disney. Mungkin juga bisa menjadi alternatif tontonan untuk anak-anak Indonesia yang tinggal di luar negeri.

Related Tags : ,

15 Comments

  1. avatar
    Imelda Sinaga November 23, 2010 12:15 pm

    @Agnes maaf baru balas ya Agnes..
    Kurikulum Jalan Sesama kalau kata suamiku, tiap season beda-beda untuk range usia nya. Tapi rata-rata sih untuk range usia 3-6 tahun :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Agnes Simamora November 16, 2010 11:48 am

    Iya, bagus banget nih Jalan Sesama! Bisa mengenalkan budaya Indonesia pada anak2, supaya makin cinta Indonesia :)

    @imelda: baru tau kalau ada kurikulumnya. dimulai dari anak usia berapa yah?

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Agnes Simamora November 16, 2010 8:44 am

    Iya, bagus banget nih Jalan Sesama! Bisa mengenalkan budaya Indonesia pada anak2, supaya makin cinta Indonesia :)

    @imelda: baru tau kalau ada kurikulumnya. dimulai dari anak usia berapa yah?

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Imelda Sinaga November 15, 2010 2:30 pm

    Waah.. Jalan Sesama! hehe...
    Senengnya pada suka :) Kebetulan papa nya Josh (suamiku a.k.a Jack Simanjuntak) adalah music director nya Jalan Sesama (Sesame Street Indonesia).
    Mau bocorin ni hehe yg bikin theme song nya Jalan Sesama Indonesia, papa nya Josh, urban mamas/ papas (isterinya sedikit promosi hehe).
    Lagu-lagu yg ada di Jalan Sesama dibuat sama musisi-musisi yg dipilih sama music director. Nah kalo udh di acc sama music director, baru deh ditayangin :)
    Seneng deh kalo lg dengerin lagu-lagu yg baru dibuat, lucu2, anak-anak banget.
    Itu kali ya yg bikin Josh skrg kalo denger lagu apa aja/ musik pasti langsung tepuk tangan sambil goyang-goyang pantat/ badan hahaha...
    Dan memang Jalan Sesama ini bagus banget ya, mendidik bgt. Karena ternyata semua materinya pake kurikulum gitu. Pokoknya udh seperti sekolahan :)
    Workshop nya aja harus langsung ke Sesame Street pusat di New York sana (huhu jauh).
    Udah gitu, pemilihan karakternya memang pas, disesuaikan sama karakter-karakter masing-masing negara. Makanya untuk Indonesia ada karakter orang utan, badak, trus nama ceweknya Putri hehe yg emang Indonesia banget ya :)

    Tfs ya Gabriella :)
    Bener banget, JS ini bisa buat menyeimbangkan anak-anak kita yg rata-rata nontonnya Playhouse Disney/ Baby TV/ Jim Jam dll ya.

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Eka Gobel November 10, 2010 10:33 pm

    sama kayak dinni & chika, kirain sama kayak sesame street tapi didubbing pake indonesian.
    Dan pernah liat iklan cetaknya ada salah satu tokohnya pake dress batik juga yaa..?
    tar mau nyoba cari dvdnya deh..kali aja enzo suka, biar nyambung tar kalo ngobrolin film ini sama albert.. hihihi.. Tfs ya, mama ella!

    1. avatar

      As .