Kegiatan Pramenulis dengan Tema Salju di Pegunungan

Fenny Masudah She is a full time stay-a-home mom who loves cooking Indonesian food, fashion, and making activities and DIY toys for her little daughter Alika. She is blessed to have a supportive husband Ramanda. Currently live in Melbourne, Australia.

Kegiatan pramenulis adalah salah satu kegiatan yang penting untuk perkembangan anak usia prasekolah. Kegiatan pramenulis ini bentuknya bermacam-macam jenisnya sesuaikan dengan keinginan dan keahlian si kecil. Kegiatan pramenulis bisa dituangkan dalam bentuk prakarya. Kali ini Alika membuat prakarya mengenai musim dingin dan bersalju di mana kegiatan ini melingkupi aspek-aspek dasar dari kegiatan pramenulis serta ilmu dasar tentang musim dingin. Untuk lebih lanjut simak langkah serta bahan yang diperlukan untuk membuat prakarya cantik ini.

Bahan-bahan:

  • Lem
  • Pewarna makanan
  • Cat putih
  • Kapas
  • Kertas warna ukuran A4
  • Sponge atau kuas
  • Pipet
  • Kertas karton  atau kertas gambar yang cukup tebal
  • Spidol warna

 

Langkah-langkah:

1. Meremas kertas

Remas kertas warna biru dan hijau hingga terbentuk bola-bola, kegiatan yang mudah dilakukan tetapi bermanfaat untuk kekuatan jari tangan anak.

 

2. Mengecat

Buka hasil remasan bola kertas tadi luruskan lalu sapukan kertas dengan menggunakan sponge atau kuas dengan cat berwarna putih, biarkan si anak mengecat bebas tidak mesti beraturan. Tekstur dari remasan akan membentuk warna asli dan sapuan cat putih, lalu keringkan.

 

3. Menggambar

Kegiatan  ini bisa dibantu oleh orangtua atau si anak sendiri, gambarlah gunung di kertas warna biru dan hijau untuk pohon dan tidak perlu sempurna biarkan mereka berekspresi sesuai dengan imajinasinya dan keahliannya. Kebetulan Alika suka menggambar, jadi ia menggambar rumah-rumah kecil dan si Olaf.

 

4. Menggunting

Gunting hasil gambar gunung, pohon dan rumah atau apabila si kecil belum bisa menggunakan gunting, bisa juga dengan teknik merobek hasil gambar tadi.

 

5. Mengelem

Tempelkan hasil guntingan atau robekan gambar menggunakan lem di atas kertas gambar atau karton, biarkan si anak menyusun sendiri. Tidak lupa menempel kapas-kapas salah satu kegiatan sensorial.

6. Memencet pipet

Kegiatan memecet karet pipet salah satu kegiatan untuk membiasakan jari tangan membentuk 3 finger grasp.  Teteskan pewarnan makanan warna biru karena di sini Alika menggunakan kapas sebagai awan putih dan biru.

7. Memajang

Keringkan dan pajang hasil kegiatan si kecil sebagai apresiasi dari hasil usaha mereka.


Bagaimana urban mama cukup mudah bukan untuk dipraktikkan di rumah dengan si kecil? 

Selamat Mencoba!

5 Comments

  1. avatar
    bunda_rizma September 2, 2016 4:09 pm

    iih lucu banget mba fen, sukaaa deh. bagus yah ternyata kertas setelah diremas, dicat gitu. makasih idenya mba fen^^

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Eka Gobel August 28, 2016 12:27 pm

    Lucu banget. Seru yaa..kepikiran aja deh mb fenny. TFS yaa

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Retno Aini August 26, 2016 6:42 pm

    eeeh ada si Olaf di karyanya Alika :D anakku yg umur 6 tahun aja suka banget pas kami nyoba bikin ini. Terima kasih yaa sharingnya mba Fenny :D

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Cindy Vania August 24, 2016 9:26 am

    Keren banget ini!
    Anak ketiga pasti seneng banget nih bikin2 kayak gini. Tfs ya mbaa :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    zata ligouw August 24, 2016 8:53 am

    wah keren buat dikerjain bareng si bungsu nih, makasih ya mba Fenny...

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.