Kids and Baby Fashion Ideas

Marsha Maria An interior designer who works at home. She loves fashion and enjoy styling her baby girl and lives in Jakarta.

Menjadi seorang ibu dari anak perempuan adalah kesenangan tersendiri dan memberikan hobi baru bagi saya yaitu mendandani si kecil. Dengan banyaknya local brand yang menjual pakaian anak-anak secara online, saya jadi semakin ingin bereksperimen dengan gaya berpakaian si kecil. Pada dasarnya saya memang menyukai fesyen, waktu kuliah dulu saya suka sekali mix and match berbagai fashion items yang saya miliki. Sampai sekarang juga sebenarnya saya masih suka, namun terkadang saya merasa sudah tidak pantas lagi bergaya macam-macam seperti para fashion blogger masa kini. Akhirnya saya menyalurkan kecintaan saya terhadap fesyen melalui putri kecil saya dan mempostingnya di instagram pribadi saya sebagai look book miliknya.

Berikut ini beberapa cara saya dalam mendandani putri saya, Kaitlynn:

1. Kenakan dengan pasangannya

Banyak pakaian anak dijual dalam bentuk satu set bersama pasangan bajunya, baik atasan dengan bawahan, terusan dengan bandana, dan lain sebagainya. Cara paling mudah untuk mendapatkan tampilan yang cantik adalah dengan menggunakannya satu set. Sudah pasti akan terlihat cantik dan serasi.

 

2. Satu Tone

Sama halnya seperti orang dewasa, anak-anak juga terlihat cantik dan serasi berpakaian dengan warna senada. Bukan berarti menggunakan satu warna saja dari kepala sampai kaki, melainkan ada satu kesatuan warna dalam sebuah tampilannya.

 

3. Mix and Match

Ini yang paling sering saya lakukan dan pasti Urban mama sekalian juga. Sebenarnya tidak ada aturan dalam melakukan mix-and-match ini. Apalagi untuk anak-anak, tabrak warna dan motif juga tidak masalah, mereka akan tetap tampil keren dan stylish. Namun saya pribadi tidak terlalu pede dengan gaya bertabrakan seperti itu, jadi biasanya saya memadukan beberapa warna, namun tetap dalam satu kesatuan. Paling banyak pun saya hanya menggabungkan tiga warna dalam satu tampilan. Atau kalau kita punya pakaian yang dijual dalam set seperti pada poin pertama, bisa juga kita kombinasikan dengan pakaian-pakaian yang lainnya. Misalnya, satu set atasan dan bawahan, atasannya bisa dikombinasikan dengan bawahan lain dan begitu juga sebaliknya. You'll get three completely different look!

 

4. Monochrome will never go wrong

Buat Urban mama yang suka bingung untuk melakukan mix and match, monochrome will never go wrong! Ya, tampilan monokromatik dapat dipadupadankan dengan warna apapun.

 

5. Elevate the Look

Tampil keren bukan berarti harus selalu menggunakan pakaian cantik dan mahal. Saya biasanya memadupadankan items santai dengan sesuatu yang lebih anggun untuk membuatnya terlihat cantik. Tampilan ini contohnya, waktu liburan di Bali bulan lalu, Kaitlynn kehabisan baju kaus. Jadilah kami beli kaus-kaus santai untuk nantinya bisa dipakai sehari-hari dirumah. Tapi rasanya tidak enak kalau jalan-jalan ke cafe menggunakan kaus oblong seperti ini, jadinya saya memadukannya dengan rok tutu hitam dan dalam sekejap kaus oblongnya jadi terlihat keren 'kan?

 

6. Cosplay!

Salah satu keuntungan menjadi anak-anak adalah bisa berpakaian cosplay kemana saja dan dimana saja. Terbayang 'kan, jika kita yang menggunakan kostum untuk jalan-jalan? Bisa-bisa jadi pusat perhatian. Nah, mumpung masih balita ya saya juga suka memakaikan kostum-kostum lucu pada Kaitlynn, seperti kostum Tinkerbell dan mermaid ini.

 

7. Kebesaran atau Kekecilan, NO PROBLEM!

Anak-anak memang cepat tumbuhnya. Baru satu-dua kali menggunakan sebuah baju, berikutnya sudah terasa kependekan. Kalau saya masalahnya lebih kepada pakaian kebesaran karena saya biasa membeli baju-baju Kaitlynn secara online. Untuk menghindari baju yang tidak muat, saya biasanya membeli satu ukuran yang lebih besar. Kadang-kadang ada beberapa baju yang saya sudah tidak sabar untuk memakaikannya, tapi ternyata masih kebesaran. Untuk beberapa jenis pakaian saya biasa mengakalinya seperti top batik kuning ini yang sebenarnya adalah baju atasan, tapi ketika dipakaikan malah jadi seperti dress. Untuk mengakalinya saya ikat talinya di belakang leher supaya panjangnya pas dengan badan Kaitlynn. Lalu karena agak kepanjangan sebagai atasan dan sedikit kependekan sebagai dress, saya pakaikan legging saja. Atau seperti atasan pink berikut yang sebenarnya ukuran badan sudah pas tapi karena Kaitlynn cukup mungil malah jadi seperti daster. Saya mengakalinya dengan mengikat di bagian pinggir dan voila, jadilah Kaitlynn ala-ala penyanyi hip-hop. Atau seperti bandana merah Kaitlynn yang sudah kekecilan di kepalanya, karena kemarin 17 Agustusan saya iseng-iseng membuat OOTD merah putih dan bandana itu saya pasangkan saja di topi rajutan Kaitlynn.

Itulah beberapa trik yang saya lakukan ketika mendandani si kecil, namun di atas itu semua, yang paling penting adalah pikirkan kenyamanan si kecil. Pakaian-pakaian ini harus berbahan lembut dan nyaman untuk aktivitas si kecil. Bagaimana dengan Urban mama saat mendandani si kecil?

Related Tags : ,,,,

12 Comments

  1. avatar
    Retno Aini August 26, 2016 6:24 pm

    Samaaa...aku juga jadi kangen lagiii ngedandanin Alma kyk jaman waktu dia toddler xD lucu2 deh baju pilihan mamanya, Kaitlynn makin nggemesin!

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    hanana fajar August 25, 2016 3:05 pm

    gemessss bangett ih sama Kaitlynn:* cantiik dan lucuu-lucu bajunyaaa.... mamahnyaa keren nih! mumpung masih mau di mix and match yaa anaknyaa....jadi kangen masa-masa ituuu hihi

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Cindy Vania August 24, 2016 9:24 am

    Aaaaww, Kait gemesssh!
    Mamanya pinter banget nih pilih baju dan padu padanin.

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Yeye Adinandra August 22, 2016 6:34 pm

    Aihh Gemes banget liat Kaitlynn.. Lucu2 bajunya, TFS yah Cha :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Gabriella F August 22, 2016 10:49 am

    Kai... kamu bayi paling stylish deh! Lucu-lucu banget! Seru banget ya dandanin anak perempuan, gayanya bisa macam-macam dan keren-keren banget!

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.