Kosmetik Yang Aman Untuk Bumil



dr Riyanadr. Riyana Kadarsari, SpOG
Pendidikan: S1 FK Universitas IndonesiaObgyn di RS Melati Tangerang, RS Sariasih Ciledug dan RSB Permata Sarana Husada Pamulang. Menikah dan memiliki 2 anak.




Q:  Selama kehamilan pertama, saya jarang sekali memakai kosmetik, bahkan krim tabir surya pun jarang, karena saya khawatir bahan-bahan kimianya dapat memengaruhi kandungan saya. Namun sekarang di kehamilan yang kedua, saya mulai merasakan butuh kosmetik, minimal tabir surya, atau pelembap wajah. Bagaimanakah kita bisa tahu bahwa kosmetik tersebut aman bagi ibu yang sedang hamil? Terimakasih.
– pertanyaan dari 
MrsLazuardi.

A:  Kosmetik yang aman tentunya yang tidak mengandung zat yang digunakan untuk pengelupasan kulit, misalnya vitamin A dosis tinggi, retinol karena berbahaya bagi janin. Sebaiknya cukup memakai pelembap biasa yang bukan untuk memutihkan kulit. Tabir surya aman digunakan ibu hamil. Yang penting sering membersihkan wajah. Memakai sabun bayi juga boleh.

--

if you have question to our resident doctor, please don't hesitate to send it to us.

8 Comments

  1. avatar
    dr. Riyana Kadarsari, SpOG June 25, 2010 7:45 am

    dear urban mamas... yang jelas berbahaya adalah yang mengandung retinoic acid karena terbukti teratogenik, bisa membuat janin cacat. Sebaiknya memang dikonsultasikan dulu pemakaian kosmetik dengan dr kulit anda. Masalahnya memang tidak banyak bahan kimia yang teruji pada ibu hamil dampaknya karena secara etis tidak boleh dilakukan penelitian pada ibu hamil, kesemua efek teratogenik tadi hanya berdasarkan uji klinis pada hewan atau kejadian yang dilaporkan.. jadi lebih baik menghindari sebisa mungkin pemakaian zat-zat kimia yang belum diketahui efeknya. Toh ibu akan tetap cantik selama ibu yakin bahwa ibu cantik dan tetap happy walaupun sekedar dengan membersihkan wajah saja :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Winda Lazuardi May 6, 2010 4:07 pm

    Tfs Dok ,
    pingin banget nyebut merk tp ga boleh ya? hehe,soalnya ingredients-nya ga jelas sih padahal merknya cukup terkenal.
    @shinta wah ada info tambahan, tfs :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    shinta lestari May 5, 2010 6:09 pm

    @ria - jadi kapan nih hamil lagi? heheh..

    @inga - setau gue sih kalo sunblock itu gak masalah buat dipake selama hamil. gak ada kandungan tertentu, even any proof that the amount of chemical absorbed is significant enough to danger the fetus. selama pake yang over the counter dan gak ada embel2 untuk "memutihkan" muka, gak masalah untuk dipake kok.

    sedangkan untuk obat jerawat, selama gak mengandung isotretinoin mendingan di avoid aja, dan juga yang mengandung topical retinoic acid (retin-A).

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    ria andiani May 5, 2010 5:20 pm

    Thank for the tips Dok,
    Tapi aku siy baru aware sama issue kosmetik untuk bumil ini setelah melahirkan. Jadi selama hamil , aku cuek2 aja pake kosmetik yg biasa aku pake :)
    nanti kalau kapan2 hamil lagi, bakal lebih selektif dech..
    makasi ya Dok :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Cinta Alexandria May 5, 2010 9:30 am

    selama ini saya pake kosmetik dr dokter kulit yg notabene praktek di RSIA, trs pas ketahuan hamil tadinya saya masih nerusin pemakaian cream nya sampe habis(karena seblmnya saya pernah nanya klo tiba2 saya hamil aman gak pake cream ini, si dokter bilang aman krn so far saya gak pernah dpt cream pemutih ) tp karena pas hamil ini muka saya benar2 hancur akhirnya saya konsul ke dokter langganan itu dan dikasih resep cream wajah yg dosisnya paling aman buat ibu hamil. Memang tidak bisa murni menghilangkan jerawat krn faktor hormon lebih kuat, tp setidaknya agak mengurangi tampilan jerawat di muka. Dan sama DSOG sayapun masih diijinin pake kosmetik selama kosmetik itu dari dokter kulit sehingga aman buat ibu hamil.

    1. avatar

      As .