Kostum Batman

Melihat Gavin (3 tahun) yang mulai sering beraksi seperti jagoan, terbersit ide ingin membuatkannya kostum jagoan atau superhero. Tadinya saya masih menimbang-nimbang pilih superhero yang mana. Lalu tanpa sengaja saat hendak ke rumah Nenek, dalam perjalanan kami mampir untuk membeli paket Happy Meal. Wah senangnya, ternyata mainan yang kami dapat berupa kacamata Batman. Pas sekali dengan rencana saya, kalau begitu saya akan membuat kostum Batman untuk Gavin.

Karena saya tidak punya keahlian khusus dalam jahit-menjahit, saya tidak membuatkan kostum secara lengkap. Seadanya saja. Jadi saya hanya membuatkan sayap dan penutup kepala Batman yang dijahit tangan.

Alat dan Bahan:


  • Kain chiffon ± 1 meter

  • Kain felt warna biru dan merah

  • 1 buah kancing kecil

  • Benang hitam

  • Gunting

  • Ciput ninja untuk contoh pola kepala

  • Perekat/velcro

  • Kertas karton dan koran

  • Pulpen


Cara membuat:

Pertama-tama saya memotong kain menjadi ukuran 76 x 42 cm untuk dijadikan sayap, ukuran ini saya sesuaikan dengan besar tubuh Gavin. Lalu lipat kain sama rata, kemudian bagian atas saya potong seperti pada gambar, yang akan berfungsi sebagai tali pengikat ke leher. Kemudian jahit semua bagian sekeliling sayap. Lalu jahit kancing pada sisi tali bagian kanan dan buat lubang kancing pada sisi kirinya.

Yang kedua bagian penutup kepala. Untuk penutup kepala saya memakai ciput ninja (yang biasa saya pakai bila berhijab) sebagai contoh ukuran dan bentuk kepala. Saya gambar bentuknya di kertas koran dan jadilah pola kepala. Potong kain hitam mengikuti pola, kemudian jahit sisi-sisi yang perlu disatukan, pasangkan tali pengikat kepala.

Selanjutnya tambahkan aksesori pada sayap. Saya membuat huruf G berwarna biru dan lambang batman dengan kain felt warna merah. Terakhir sebagai senjata sang superhero, saya membuat wristband dengan kain felt merah yang dijahit pada kertas karton yang berpola sama, gunanya agar wristband bisa melingkar kokoh di tangan, lalu tambahkan perekat pada pinggirnya.

Dan beraksilah sang superhero dengan gaya bebasnya!

17 Comments

  1. avatar
    Dewi Ratih Purnama November 10, 2014 7:14 pm

    Mama marlin mama andin, kecuuuppps^^... makasih ya supportnya mamah kece #BC0811

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Liana2201 November 10, 2014 3:05 pm

    Waah sangat inspiring sekali tips-nya..Kemarin aku rencana mau bikin sendiri kostum halloween anak, tapi karena buru2 jadi aku beli di Toys Kingdom deket rumah..disana lumayan lengkap kostum2nya dan ga terlalu mahal juga.

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Enji Magetsari November 10, 2014 2:02 pm

    Wah, ko bisa matching ya sama easy Bento Tutorial bulan ini, salam kenal Mama Derave..

    Jadinya keren banget
    TFS uda di bookmark buat bikinin Maha kostum Halloween taun depan :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Gabriella F November 10, 2014 11:22 am

    Wah jadinya baguuus! Pasti Gavin suka banget deh!

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Andini Gelar November 10, 2014 11:12 am

    Kereeennn!!! Siap aksi yaaa Gavin..pasti makin percaya diri.

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.