Kue Ulang Tahun Sehat

Bingung mau buat atau beli kue ulang tahun anak yang bagaimana? Maunya sih yang sehat ya, gluten-free, tidak terlalu banyak yang manis-manis, pokoknya semua sesuai sama takaran mamanya deh. Ulang tahun pertama Zooey kemarin saya membuat "kue" ulang tahun dari-buah-buahan. Buah-buahan utuh tanpa diolah dengan tepung untuk dipanggang menjadi kue dan dihias dengan fondant ataupun whipped cream.

Cara membuat:

  1. Bentuk melon menggunakan cetakan kue kering dan/atau alat pengeruk buah/cocktail. Potong strawberry menjadi dua bagian. Potong nanas menjadi dua bagian, kemudian iris tipis.
  2. Bagian semangka yang lain bisa dibentuk lebih kecil untuk menambah layer bagian atas "kue".
  3. Kupas semangka sampai daging berwarna merahnya terlihat. Potong menjadi 3 bagian, ambil bagian terbesar (biasanya bagian tengah) untuk menjadi bagian yang paling dasar.
  4. Susun ketiga daging semangka tersebut sehingga terlihat bertingkat.
  5. Mulailah menghias semangka dengan buah-buahan yang lain. Untuk menempelkan topping buah gunakan tusuk gigi atau tusuk sate. Taburkan anggur di sekeliling semangka.


Sebenarnya untuk menghias semangka tidak ada patokan harus begini atau begitu, cukup gunakan imajinasi dan kreativitas urban mama sekalian.


Semoga "kue" ulang tahun ini bisa menjadi inspirasi untuk urban mama semua. Selamat mencoba! Anak sehat, Mama senang!

19 Comments

  1. avatar
    Mama Windy March 28, 2015 7:43 am

    hehe.. suka liat postingan ini di grup FC di FB tapi ga pernah kepikiran klo ini bisa jd ide jitu kue ultah anak umur 1 th, selain krn makanan favoritnya itu buah, memang sebenernya buah yg paling cocok buat pencernaannya yg baru 6 bulan ngerasain makanan macem2.
    Thanks for this super nice posting, inspiratif ! :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    adhisti rahadi March 26, 2015 1:36 pm

    nggak kepikiran bikin kue ultah dari buah...salut, idenya keren banget!

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    metamiaw March 26, 2015 10:46 am

    Thank you mba sibungsu, kemaren aku praktekin pas ultah anakku. Momen artikelnya pas banget sama aku yg lagi pusing mau ngasih kue apa pas ultah 1 tahun.

    And happy b'day Zoey!

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Sofi March 25, 2015 9:29 am

    very inspiring mom, assiikkk dapat contekan.. ihihihi
    btw, happy belated b'day Zoey! :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    bunda_rizma March 24, 2015 4:50 pm

    aih ada tutorialnya. syg sekali kmrn liat beginian stlh ultah rizma. makasih y mom sharingnya :)

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.