Lasagna

Banyak yang menyangka lasagna itu makanan yang susah sekali untuk dibuat sendiri. Sebetulnya tidak susah lho, cuma memang kelihatan agak ribet karena harus menyusun tiap lapisannya. Gak percaya? Coba baca resep ini lalu dipraktikkan di rumah deh...

Lasagna

Bahan:


  • Kulit lasagna oven ready (supaya lebih mudah)

  • Saus daging

  • Saus keju


Saus daging:

  • 300 gram daging sapi giling

  • 3 buah tomat, parut dan buang kulitnya

  • 1/3 botol saus tomat (atau sesuai selera)

  • 3 siung¬†bawang putih, cincang

  • 1 buah bawang bombay, potong kecil

  • 1 tray¬†jamur champignon, potong kecil

  • oregano

  • garam

  • merica

  • minyak untuk menumis


Cara membuat:

  • Panaskan minyak lalu tumis bawang hingga wangi.

  • Masukkan daging giling dan aduk hingga berubah warna, lalu tambahkan jamur.

  • Beri tomat parut dan saus tomat, lalu tambahkan bumbu lainnya hingga rasanya pas.

  • Jika sudah matang, matikan api dan sisihkan. Saus daging ini jangan dibuat terlalu kering karena kita membutuhkan airnya untuk mematangkan kulit lasagna (kalau perlu tambahkan sedikit air waktu memasak).


Saus keju:

  • 3 sdm margarin/butter

  • 3 sdm tepung terigu

  • 600 ml susu

  • 1 blok keju cheddar, parut


Cara membuat:

  • Lelehkan margarin/butter lalu masukkan tepung terigu.

  • Aduk cepat hingga adonan tercampur rata.

  • Matikan api lalu tuang susu dan keju, aduk.

  • Setelah tercampur rata nyalakan kembali api dan aduk hingga adonan agak mengental (jangan sampai terlalu kental soalnya nanti jadi susah diratakan dan akan tambah kental lagi setelah dingin) lalu matikan api.


Penyelesaian:

  • Panaskan oven.

  • Letakkan kulit lasagna di dasar pinggan, beri 1/3 adonan daging lalu tutup dengan 1/3 adonan keju. Kulit lasagna tidak usah rapat menutup pinggan, secukupnya saja karena nanti setelah matang kulitnya akan mengembang.

  • Ulangi langkah di atas hingga semua adonan habis (saus keju akan berada di lapisan paling atas).

  • Panggang selama 30 menit atau hingga bagian atasnya berwarna kecoklatan.



Catatan: Saus daging dan saus keju bisa disiapkan terlebih dahulu dan disimpan di chiller, lumayan untuk mengurangi kerepotan sebelum memanggang.

Selamat mencoba!

Related Tags : ,,,,

25 Comments

  1. avatar
    marlin June 23, 2013 8:01 pm

    otty... mantab nih resepnya... buat cemilan sore tadi sekeluarga. suami suka, nyokap suka, raf juga sukaa.... maaci ya... o iya, keju cheddarnya aku ganti pake cheddar yang cepet leleh merek K*aft. maknyuuussss..

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Dina_Titan December 18, 2012 7:57 pm

    so simple ya..mu nyoba bikin aaaahhh..tfs mbak ^^

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    vee sadin December 16, 2012 12:59 am

    yeeeaaa,, tq mba otty...ini udah ke 4x nya buat lasagna dalam 2 minggu..enakk si hubby sukaaaa bgt,gak perlu pesen lasagna nya PHD tengah malam..klo pengen udah lsg buat aja,resepmya guampangggg n' gak ribet...

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Pangastuti Sri Handayani November 19, 2012 5:39 pm

    Lasagna instant merk apapun (ga cuma San Remo) bisa dipake langsung tanpa direbus. Aku udah pernah nyoba 2 merk: Agnesi dan San Remo, dua2nya bisa dipake. Bedanya San Remo butuh lebih banyak air, jadi pastiin saus dagingnya ga terlalu kering (agak becek) supaya airnya bisa ngebasahin lasagnanya dan jadi lembek.

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    rey November 11, 2012 2:49 pm

    mba, kalo pake lasagna yg merk san remo apakah bisa langsung oven tanpa direbus dulu kayak spaghetti? di bungkusnya sih dibilang instant lasagna..

    1. avatar

      As .