Mainan Edukatif

Beberapa hari yang lalu, di berita televisi heboh dengan pistol mainan yang menyebabkan beberapa orang anak divonis akan buta, astagfirullah. Bagi saya, pistol mainan tersebut persis dengan pistol aslinya. Harganya sekitar puluhan ribu sampai ratusan ribu. Orang tuanya membelikan karena rengekan anak dan ada orangtua yang memang membelikan untuk anak sebagai hadiah. Saya sendiri tidak akan membelikan mainan tersebut bagi anak saya meskipun anak merengek.


Oleh karena itu, saya mencoba membuatkan Amira mainan berupa jam. Bisa diputar dan bisa bergerak. Jadi benar-benar seperti jam yang sesungguhnya. Gunanya mengajak anak supaya kreatif dan bisa digunakan untuk belajar angka dan menyebutkan waktu. Jadi ceritanya saya membuat mainan edukatif yang murah meriah, dari bahan yang ada di rumah.



Bahan Jam Dinding:



  • Dus bekas susu (material kertas hard cover).

  • Dua korek api.

  • Sepotong lilin.

  • Karet gelang.

  • Pulpen / Pensil warna.

  • Gunting.


Cara Membuatnya:



  • Gunting dus menyerupai jam dan dihias dengan menggunakan pensil warna supaya menarik.

  • Di beli lubang kecil di tengah dus agar memudahkan karet gelang masuk.

  • Tengah Lilin diblongin juga, supaya karet gelang bisa masuk

  • Setelah karet masuk ke dus dan lilin, sematkan korek api.

  • Untuk bagian bawah, sematkan lagi korek api, gunanya untuk pemutar.


Selamat mencoba, Mama :) Kita kenalkan anak-anak dengan mainan edukatif agar anak menjadi kreatif dan tentunya cerdas.

Related Tags : ,,

14 Comments

  1. avatar
    Lita Riyanti November 26, 2010 11:40 am

    ngeriii bgt...TFS yah mbak, walopun Biya(22m) blom tertarik sm jam, mau deh coba bikin, tp mm..ada ga kira2 ide untuk mainan lain yg bisa menarik minat anak 22m yg lbh suka ngacak2 kamar drpd mainan apapund i dunia ini *sigh*

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    dina.thea November 19, 2010 10:09 am

    @Nilla : kardus susu bisa dimacem2in lho mam, bisa dirubah jadi pigura foto, bisa jadi untuk alas coret2, bisa dirubah macem2 bentuk, kalo mamanya mau kreatif ;)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Nilla Wahyuni November 18, 2010 10:22 pm

    waduh, setiap box kardus susu anak aku , selalu aku buang, bingung mau di apa in ..hehhe...

    nti deh .ikutan buat yg seperti ini, kalo ada yg punya artikel recyling kardus susu info info dunk link nya...

    Thanx

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    dina.thea November 18, 2010 9:46 am

    @chrisye : yup, yg simpel2 aja, tapi edukatif
    @muflichatul Ahliana : Sip deh, semoga bermanfaat

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Muflichatul Ahliana November 16, 2010 4:41 pm

    aku punya semboyan "yg namanya kreatif itu ya harus murah"
    ini ni cocok banget buatku....

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.