Manfaat Mengajak Anak Bermain di Pantai

Marsha Maria An interior designer who works at home. She loves fashion and enjoy styling her baby girl and lives in Jakarta.

Pada long weekend kemarin saya bersama suami berkesempatan mengajak Kaitlynn berjalan-jalan ke pantai Anyer. Terlepas dari keinginan orangtuanya untuk refreshing, kami juga berharap bisa mengenalkan Kaitlynn ke lingkungan luar yang berbeda dari lingkungan tempat tinggal sehari-harinya. Tahukah Urban Mama bahwa membawa anak bermain ke pantai memiliki berbagai manfaat bagi anak?

piknik_pantai
 
Berikut ini beberapa manfaat membawa anak bermain ke pantai:

•    Anak dapat belajar banyak hal-hal baru
Di usia anak yang sedang bertumbuh dan berkembang, mereka cenderung belajar banyak dari lingkungan di sekitarnya. Dengan membawanya ke pantai, anak bisa mempelajari banyak hal untuk memperluas pengetahuan dan meningkatkan kecerdasannya.

•    Bermanfaat bagi kesehatannya
Udara pantai bermanfaat baik bagi kulit. Selain itu kelembaban udara di pantai juga baik bagi anak yang memiliki masalah pernafasan karena udara bersih di lautan lepas sangan baik untuk paru-paru si kecil yang sedang berkembang. Ditambah lagi asupan sinar matahari pagi di pantai yang merupakan sumber vitamin D yang sangat baik bagi tumbuh kembang anak.

piknik_pantai


•    Melatih kemampuan motorik dan sensorik anak
Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan di pantai misalnya dengan bermain pasir. Anak dapat membedakan tekstur pasir kering dan basah yang akan merangsang kemampuan sensori nya. Kreativitas anak juga akan terasah dengan mencoba membentuk pasir menjadi bermacam-macam sesuai dengan imajinasi anak.
 
•    Memberi kesempatan bagi anak untuk bersosialisasi dan beradaptasi di lingkungan asing
Anak sering kali takut dengan lingkungan yang baru dikenalnya. Dengan mengajaknya ke pantai, ia akan mengetahui ada lingkungan asing namun menyenangkan. Ini bermanfaat bagi anak agar tidak mudah merasa takut pada lingkungan baru yang asing.  Selain itu di pantai anak juga akan mendapat kesempatan untuk bertemu teman-teman baru. Saat bermain pasir bersama temannya, anak akan belajar bagaimana cara bersosialisasi dan bekerjasama.

piknik_pantai
 
•    Melatih rasa ingin tahu anak
Anak-anak merupakan makhluk yang penuh rasa ingin tahu. Di lingkungan terbuka seperti pantai, anak-anak mendapatkan ruang bebas untuk mengeksplorasi dirinya dan mencari tahu banyak hal. Mereka akan memenuhi rasa penasaran menyentuh pasir dan merasakan bagaimana kaki mereka menyentuh air laut. Pengalaman seperti ini sangat berharga bagi anak-anak dan mereka akan mengenangnya sebagai hal yang menyenangkan.

Apakah Urban Mama tertarik untuk mengajak si kecil bermain di pantai? Karena bermain dan belajar untuk anak tidak melulu harus mahal dan merepotkan. Dengan membawa si kecil mengeksplorasi alam bebas saja mereka bisa belajar dan mendapatkan manfaat yang sangat banyak.

8 Comments

  1. avatar
    Honey Josep January 8, 2019 11:30 am

    udara pantai di pagi hari bagus banget buat kesehatan... duh jadi pengen ke pantai juga :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    dieta hadi December 31, 2018 10:01 am

    kemarin liburan juga ke pantai, seruuu main ombak dan gosong-gosongan di pantai, anak-anak happy semua

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Shinta Daniel May 12, 2017 9:40 am

    Kayt, selalu stylish n ngegemesin

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Woro Indriyani May 9, 2017 3:42 pm

    Salfok hihi bajunya lucu banget :)

    Iya udara pantai bagus banget yah, Rey sering disuru ke pantai nih sama dsa karena pernafasannya hehe

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Cindy Vania May 9, 2017 2:16 pm

    Kaitlynn asik banget mainan pasir di pantai..
    Setuju deh, pantai itu menyenangkan dan banyak manfaatnya :)

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.