Mari Bermain DIY Bubble Snakes!

Q suka sekali bermain bubble atau gelembung sabun. Anak mana sih yang tidak suka bermain bubble? Sepertinya gelembung sabun adalah permainan yang bisa menarik semua orang dari anak-anak hingga orang dewasa ya. Saya saja sampai sekarang masih senang mengejar gelembung yang melayang-layang lalu memecahkannya.

Kali ini saya mengajak Q untuk bermain gelembung sabun yang bentuknya sedikit berbeda. Jika biasanya gelembung sabun akan melayang-layang dan minta dikejar, kali ini gelembungnya akan berbentuk kecil-kecil dan menyatu sehingga berbentuk seperati ular. Ya, bubble snakes namanya. Untuk membuat sendiri bubble snakes ini tidak sulit kok, bahan dan perlengkapannya pun mudah didapat.

Bahan dan alat yang dibutuhkan:


  • Botol plastik bekas, cuci bersih dan keringkan

  • Kaus kaki yang sudah tak terpakai

  • Gunting atau pisau cutter

  • Karet gelang atau selotip isolasi ukuran besar

  • Sabun cuci piring cair

  • Air secukupnya


 

Cara membuat:


  1. Potong bagian bawah plastik bekas.

  2. Masukkan kaus kaki ke bagian bawah botol yang sudah dipotong.

  3. Gunakan karet atau selotip untuk mengamankan kaus kaki agar tidak terlepas.


Cara membuat campuran gelembung sabun (bubble mixture):

Tuang sabun cuci piring cair ke dalam mangkuk, lalu tambahkan sedikit air dan aduk perlahan hingga cukup larut. Celupkan bagian bawah botol yang terbungkus kaus kaki ke dalam mangkuk berisi air sabun, lalu tiup perlahan dari bagian atas mulut botol.

Catatan untuk para orang tua: hati-hati jika si kecil yang masih balita ingin mencoba meniup gelembung dari mulut botol. Jika si kecil ingin mencoba meniup, selalu awasi dan pastikan mereka meniup, bukan menghisap karena cairan bubble akan masuk ke dalam jika dihisap dari bagian atas botol dan dapat termakan oleh balita. Biarkan anak yang lebih besar atau orang dewasa yang meniup dan si kecil dapat diajak untuk memecahkan gelembung sabun satu persatu.

Mudah, bukan? Kalau si kecil sudah punya bubble mixture siap-pakai juga bisa digunakan lho. Tuang bubble mixture ke dalam mangkuk, celupkan bagian botol yang ada kaus kakinya ke dalam air sabun, lalu tiup perlahan dari bagian atas botol.

Have fun!

Related Tags : ,

9 Comments

  1. avatar
    sadiyah khotimatus February 26, 2016 4:56 pm

    tfs mama... mau ikutan coba juga aaah

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    otie February 24, 2016 2:18 pm

    nice !

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Pryta Aditama February 23, 2016 3:42 am

    yuuuhuuu~ selamat seru-seruan main bubbles moms..!!
    Bener banget, main bubble gini sih ibu bapak anak semua senang deehh.. hihiii.. :D

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Retno Aini February 19, 2016 5:48 pm

    Dari dulu aku penasaran gimanaaa cara bikin bubbles yang panjang gitu...ternyata begini tho :D thanks idenya yaa mama Pryta!

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    musdalifa anas February 19, 2016 9:07 am

    wah seru ya, bikinnya juga mudah. Thanks mama Pryta, kalau anak-anak udah sembuh mau bikin ah. Mereka suka banget main bubble.

    1. avatar

      As .