Mari Memasak Diaper-Cake

diaper-cake

Awalnya terpikirkan untuk “memasak” kue popok a.k.a diaper-cake ini saat brainstorming mencari ide untuk kado aqiqah anak sahabat. Teman-teman se-gank bilang, "Jangan dibeliin mainan". Wah, jadinya dikasih kado apa ya?


Kemudian barulah saya ingat, awal Januari kemaren pernah ngobrol-ngobrol dengan sang sahabat, tentang diapers dan piranti newborn-baby lainnya. Betapa yaa, frekuensi bayi pipis & pup aja bisa jadi topik obrolan seru antara sesama ibu-ibu. Dari obrolan tersebut, barulah saya ‘ngeh’ kalo ternyata bayi banyak sekali berganti popok di awal bulan usianya. Kalau begitu, kenapa nggak kasih hadiah parsel popok dan baby-toilettries aja buat si baby? Praktis dan isinya pasti terpakai. Dan parsel popok ini bisa dibentuk lucu-lucu... salah satunya dirangkai jadi Diaper-Cake.


Let's bake the cake!


Bahan:



  • satu pack disposable-diaper ukuran newborn/small (isi sekitar 48-52 diapers). Selain disposable-diapers, bisa juga menggunakan popok kain, handuk mandi atau handuk waslap (untuk pilihan kado yang lebih ramah-lingkungan).

  • satu double tape atau glue-gun (lem tembak). 

  • satu gulung benang kasur.

  • satu kantong karet gelang.

  • satu botol baby powder (ukuran besar).

  • dua gulung transparent gift-wrap (bungkus kado dari plastik-bening).

  • satu alas kue dari karton (diameter 12"/32 cm).

  • 2-3 macam pita warna-warni (boleh pita kain, pita jepang, etc), @ 5 meter.

  • Cake's icing: baby toilettries (shampoo, sabun, baby oil, baby cologne, etc.), boneka, bath-toys, selimut bayi, handuk, baju bayi, sepatu, topi, slobber/baby-bib, set sisir bayi, teether/pacifier, etc).


Cara Membuatnya:


Pastikan semua bahan-bahan dan cake's icing sudah bersih, karena akan melekat langsung pada diapers. Gulung setiap diaper dan bahan dengan karet gelang. Susun diapers mengelilingi botol bedak sampai sekitar 25 diapers untuk membuat lapis pertama. Ikat dengan benang kasur untuk menahan keseluruhan susunan lapis pertama diapers ini.


Lakukan hal yang sama untuk membuat lapis kedua cake, hanya saja gunakan sekitar 15 gulungan diapers. Untuk lapis ketiga, susun gulungan diapers yang tersisa.


pembuatan

Ikatkan pita warna-warni mengelilingi setiap lapisan "kue". Sematkan ujung-ujung pita & beberapa hiasan tempelan dengan double tape atau lem-tembak (hati-hati jangan sampai mengenai diapersnya).


sebelum dihias

Setelah pita selesai dipasang, inilah saatnya untuk berkreasi lebih lanjut. Silakan menghias cake dengan icings yang beraneka. Selipkan benda-benda hiasan icings didalam pita. Sebagai topping utama, taruh pita besar, bunga-bunga kain atau boneka di bagian puncak "cake". Hiasan apapun, yang penting "match" dengan tema cake-nya.


Bungkus cake dengan gift-wrap plastik, ikat dengan pita...


diaper-cake

Hmmm... yummy!  This is it, diaper-cake for baby-Boy !


(*ngomongnya dengan gaya Farah Quinn*)

Related Tags : ,,

18 Comments

  1. avatar
    Siska Knoch July 27, 2011 4:26 pm

    lucuuuk, dikau terima pesanan ga? heheu! kebeneran ada sobat yg mau di bikinin ini u/ baby showernya. tfs Aini :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Retno Aini March 15, 2010 4:18 pm

    Yup... diaper cake ini memang duluan nge-trend di US. Dan mereka ngehiasnya lucu2 n keren2 :) *aku juga nyontek model disana :P* Klo di JKT belum banyak siy kyknya ya... yg sering ditemuin kebanyakan handuk2/waslap yg digulung jadi bentuk2 lucu gitu :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    riska nurmarlia March 14, 2010 6:28 am

    wah< kreatif nih< bisa dicontek.. :p

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Liz March 14, 2010 5:16 am

    Aini, aku baruuu aja liat foto diaper cake juga temenku yg di US. Kayaknya di sana lagi nge-trend deh. Di indo gimana ?

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Retno Aini March 12, 2010 6:20 pm

    hehee... thank u, urbanmamas :) Iya, temenku cerita klo dia gak tega buat ngebuka kadonya, katanya sayang :P Tapi seneng deh krn berdasarkan testimoni si teman, ini salahsatu kado yg buat dia kepake banget. at least lumayan nambah2in stok amunisi pospak :P
    Oia, kemaren sempet bikin juga yang pakai popok kain muslin-square, diaper-cover & waslap... ternyata bisa! Keren juga tu ide dari urbanmamas bikin kado diaper cake pake clodi rumparooz, blueberry, dkk. Tapi patungan kadonya kudu sekampung, kalo nggak bisa bangkrut :))

    1. avatar

      As .