Masa Menyusui: Momen Paling Berkesan

“Breastfeeding is an instinctual and natural act,
but it is also an art that is learned day by day.
It is almost always simply a matter of practical knowledge
and not a question of good luck.”
- La Leche League

Bulan lalu Albert berulang tahun yang ketujuh. Itu artinya sudah tujuh tahun saya menjadi seorang ibu. Salah satu momen paling berkesan adalah saat-saat menyusui. Pada masa kehamilan saya mulai mencaritahu tentang menyusui. Saya terinspirasi setelah melihat teman sekantor yang rajin memompa ASI untuk bayinya. Saat itu saya hanya bertekad kalau akan menyusui Albert semaksimal mungkin.

Ya, saya memang berhasil menyusui Albert sampai ia berusia 2,5 tahun. Banyak yang mengira perjalanan itu mulus-mulus saja. Awalnya saya juga sering berpikir demikian saat melihat ibu yang sedang menyusui bayinya. Sebenarnya tidak semudah itu. Banyak tantangan yang dihadapi, bahkan saya sendiri tidak menyangka akan bisa punya kekuatan untuk melalui semua itu. Mulai dari posisi menyusui yang salah sehingga menyebabkan puting lecet, BB bayi yang kurang, hasil ASIP yang minim sekali sampai menjelang masuk kerja, dan penugasan untuk dinas meninggalkan bayi selama seminggu. Puji Tuhan semua bisa dilalui dengan baik, tentu saja berkat dukungan suami, keluarga, dan tak ketinggalan asisten rumah tangga yang telaten memberikan ASIP saat saya bekerja.

Setiap membaca-baca (dan mengedit tentu saja) artikel-artikel tentang menyusui di sini saya selalu merasa terharu. Masing-masing punya cerita sendiri, punya tantangan sendiri, ada perjuangan yang tak terlukiskan dengan kata-kata. Kadang tidak terbayangkan kekuatan yang hadir saat berusaha menyusui si kecil. Tidak ada yang perlu merasa paling hebat, paling beruntung, paling tahu, ataupun merasa minder dan merasa bersalah berkaitan dengan menyusui. Sudah seharusnya kita saling dukung, saling menyemangati, berempati, dan saling membantu karena semua ibu pasti mengusahan yang terbaik untuk si kecil. There is always a different story in every parenting style.

Pada bulan Agustus ini The Urban Mama kembali mengadakan TUM Breastfeeding Month dalam rangka mendukung World Breastfeeding Week. Sepanjang bulan ini kami akan membahas banyak hal tentang menyusui. Bagi urban mama yang punya cerita atau tips tentang menyusui, silakan berbagi dengan mengirimkan artikel kepada kami. Selamat menyusui Urban Mama! Semoga masa menyusui akan menjadi satu kenangan paling berkesan...

Related Tags : ,

9 Comments

  1. avatar
    hanana fajar August 5, 2015 8:22 am

    ella cantik:) Al juga lucuu banget...
    selalu sukaa baca cerita tentang menyusui...
    Happy World Breastfeeding week TUM and all mommies:)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    thelilsoldier August 4, 2015 5:14 pm

    happy world breastfeeding week.. a celebration of support and love :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    ninit yunita August 3, 2015 3:17 pm

    ahahaha albert pernah keciiil! :D
    bener banget yaaa... awal2 memberikan ASI itu penuh tantangan banget... tapi ASI memang layak bangettt dibela2in.
    in the end... setelah selesai ASI, happy-nya ga terkendali. :)

    happy WBW2015 ella!

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    zata ligouw August 3, 2015 2:03 pm

    awww albertttt...imut banget dulu, hihihi...

    iya setuju La, menyusui itu susah-susah gampang menurut gw, jadi justru perlu komitmen yg kuat dari diri sendiri dan keluarga serta support group keceh seperti TUM :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Gabriella F August 3, 2015 11:09 am

    Makasiiih Eka, Chika, Wiwit, dan Cindy! Semoga kita bisa saling mengingatkan untuk saling mendukung dan menguatkan.

    Iya ternyata Albert pernah kecil kan... haha

    1. avatar

      As .