Membuat Paspor Baru Dengan Lebih Mudah

Saya teringat empat tahun lalu membuat paspor untuk pertama kalinya.

Saat itu, saya harus datang ke kantor imigrasi terdekat dan mengambil nomor antrean yang dibatasi setiap harinya. Untuk mendapatkan nomor antrean pembuatan paspor, pemohon diharuskan datang mulai dari subuh sampai pukul tujuh pagi.

Saya berbagi tugas dengan suami dalam hal antrean pembuatan paspor. Suami mengantre ketika subuh dan saya mengurus Darren yang akan berangkat ke sekolah. Setelah Darren dijemput, barulah saya menyusul suami ke kantor imigrasi.

Nomor antrean sudah di tangan, dengan dokumen lengkap kami menunggu untuk dipanggil petugas imigrasi. Setelah berkas diserahkan kepada petugas, kami mendapatkan resi pembayaran biaya paspor senilai Rp255.000,-.

Proses belum selesai. Kami harus membayarkan biaya pembuatan paspor terlebih dahulu ke bank yang ditunjuk dan kembali ke kantor imigrasi dengan mengantre seperti proses di atas hanya untuk menyerahkan bukti pembayaran, diwawancara, dan merekam foto paspor. Dan paspor bisa diambil setelah beberapa hari kemudian. Sungguh proses yang panjang untuk membuat sebuah paspor.

Bulan Oktober 2017, saya kembali membuat paspor untuk anak bungsu saya, Dre beserta orangtua saya. Saya sudah membayangkan betapa repotnya membuat paspor dengan proses seperti di atas. Saya sempat bertanya kepada teman yang berhasil membuat paspor secara online. Saat itu, dia mengunggah semua dokumen yang diperlukan ke situs imigrasi. Keberhasilan pengunggahan ini sangat dipengaruhi oleh kekuatan data internet. Penasaran dengan cara yang cukup praktis, saya pun mencoba ingin mengunggah dokumen di situs imigrasi.

Dan ternyata kalau sekarang ingin membuat paspor baru, kita tidak perlu lagi mengambil nomor antrean di imigrasi. Kita hanya perlu mengantre paspor secara online di sini

Urban mama hanya perlu melakukan pendaftaran dengan menggunakan email dan memasukkan nomer identitas penduduk. Di situs tersebut, kita dapat memilih imigrasi terdekat yang bisa didatangi serta tanggal dan jam yang dapat disesuaikan dengan jadwal harian kita. Saya memilih jam antrean setelah si bungsu selesai sarapan dan power nap di pagi hari.

Lalu, bagaimana selanjutnya proses pembuatan paspor baru di kantor imigrasi?

Pertama, bawalah nomor antrean yang kita dapatkan saat mendaftar melalui situs antrean online dan tukarkan nomor antrean tersebut di petugas. Dari sana, petugas akan mengatur antrean agar lebih tertata.

Kedua, setelah mengantre, urban mama dapat mengisi formulir yang dibutuhkan untuk membuat paspor. Agar menghemat waktu, urban mama dapat mengambil formulir tersebut di imigrasi terlebih dahulu sehari sebelumnya dan mengisinya di rumah. Hal ini dilakukan agar saat tiba di imigrasi, urban mama sudah siap dan tidak perlu repot mengisi formulir.

Ketiga, kenakan pakaian yang nyaman dan bukan berwarna putih. Proses pembuatan paspor baru kini lebih efisien karena setelah menyerahkan dokumen ke loket, urban mama akan langsung diwawancara serta difoto. Selanjutnya, urban mama akan diberikan resi pembayaran pembuatan paspor seharga Rp355.000,- dan pulang ke rumah.

Keempat, urban mama dapat membayar pembuatan biaya paspor melalui ATM. Bukti pembayaran dapat diberikan kepada imigrasi bersamaan dengan pengambilan paspor baru yang telah selesai dalam kurun waktu 4-5 hari kerja.

Senang sekali ya sekarang sudah lebih mudah mengurus paspor sehingga urban mama dapat merencanakan liburan seru bersama keluarga.

14 Comments

  1. avatar
    Aini Hanafiah January 15, 2018 4:23 am

    Wah terima kasih buat infonya, Honey :D senang deh kalau tahu pelayanan publik seperti ini jadi membaik dibanding dulu2. Kebayang dulu bbrp kali bikin paspor di Indonesia itu lama & penuh jebakan birokrasi. Semoga makin hari pelayanan pembuatan paspor ini semakin bagus ya.

    1. avatar
      Honey Josep January 24, 2018 10:29 am

      iya Aini, aku pun senang sekarang semakin dipermudah untuk urusan administrasi seperti ini. Dulu juga bayangannya udah males aja ngurus paspor sendiri tapi sekarang malah gampang banget!

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  2. avatar
    Rizka Hany January 10, 2018 11:21 am

    Waw.. terima kasih infonya. Ingin buat paspor buat anakku

    1. avatar
      Honey Josep January 24, 2018 10:29 am

      yuk mama Rizka, selamat merencanakan liburan bareng si kecil ya :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    Dewi Febrianti January 9, 2018 6:56 am

    Alhamdulillah kmrn jg baru selese perpanjang sekaligus bikin paspor baru buat Gio. pastikan semua dokumen lengkap supaya ga bulak balik :)

    1. avatar
      Honey Josep January 24, 2018 10:29 am

      iya, kalau perlu isi formulirnya di rumah biar makin cepat prosesnya :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    dieta hadi January 8, 2018 7:13 pm

    waaahh asyik nih kalo bener bisa begini, jadi gampang bikin paspor deh. TFS ya honey

    1. avatar
      Honey Josep January 24, 2018 10:30 am

      my pleasure Dieta!

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  5. avatar
    ninit yunita January 8, 2018 9:24 am

    asik yaaa sekarang cepet dan gampang... eh hon di gandaria city juga ada loh. asik deh, sambil nunggu bisa sambil nge-mall :D

    1. avatar
      Honey Josep January 24, 2018 10:31 am

      wah asik, lagi ngantri paspor bisa sambil belanja keperluan liburan :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar
      Dewi Febrianti January 9, 2018 6:55 am

      teh niit, yang di gancit itu parah bgt tp antrinya ada yg sampe nginep :'D

      1. avatar
        Honey Josep January 24, 2018 10:32 am

        weleh, sampai nginep.... padahal di kantor imigrasi lain juga sama koq pelayanannya. mungkin karena di mal jadi orang lebih tertarik :)

      2. avatar

        As .



    3. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.