Menanam Tomat Cherry di ICC

Beberapa minggu yang lalu saya mengajak anak-anak ke International Cultural Center (ICC) yang terletak di Pandaan. Menurut brosur yang saya baca, di ICC ada beberapa program untuk anak-anak maupun orang dewasa. Karena penasaran maka saya mengajak suami, Nara serta Niska pergi ke sini.

gambar: iccpandaan.org

Kami sampai di ICC sekitar pukul 11.30 siang. Kesan pertama saya adalah tempatnya sejuk dan dirawat dengan baik. Setelah memarkir kendaraan, kami bergegas ke rumah panggung yang berfungsi sebagai reception area. Sayangnya aktivitas di ICC hanya diadakan dalam dua sesi: pukul 08.00 – 11.00 dan pukul 13.00 – 16.00, jadi kami harus menunggu terlebih dahulu selama 1,5 jam. Saya pun mencari informasi dari petugas yang ada, menanyakan program yang tersedia di ICC. Program yang tersedia di ICC ini antara lain adalah program greenhouse (menanam tomat cherry), farm (menanam padi di sawah), naik kuda pony serta memancing. Untuk memancing, ikan yang ditangkap bisa dibawa pulang!

Karena sudah masuk waktu makan siang, kami memutuskan untuk makan terlebih dahulu. Di ICC ada dua restoran: restoran dengan menu Italia dan menu Indonesia. Sekadar informasi, di restoran Italia sebagian besar menunya mengandung babi. Di restoran dengan menu Indonesia sepertinya tidak ada menu yang mengandung babi, tetapi saya kurang tahu mengenai cara menyiapkan masakan serta dapurnya. Kalau mau mencari makanan di restoran lain, sekitar tiga menit naik mobil keluar ICC ada beberapa restoran halal yang bisa dijadikan pilihan.

Akhirnya waktu menunjukkan pukul 13.00, kami langsung kembali ke reception area. Kami memutuskan untuk mengikuti program greenhouse dan bergegas mengikuti 'mentor' menuju greenhouse yang terletak di bagian belakang. Sebelum sampai ke greenhouse, anak-anak sudah heboh sendiri kegirangan melihat kuda. Setelah bermain sebentar di depan istal kuda, kami melanjutkan perjalanan ke greenhouse.

Di lokasi sudah tersedia berbagai peralatan untuk program yang dipilih dan kami langsung mendapat penjelasan mengenai proses penanaman tomat cherry. Nara senang sekali karena ia bisa langsung mencoba mengambil bibit (biji tomat), mengambil tanah, dan menyiram tanamannya. Niska juga tidak mau kalah dan sibuk mengikuti semua yang dikerjakan Nara. Total sesi ini berlangsung sekitar satu jam. Di akhir sesi, pengunjung akan mendapatkan dua bungkus tomat cherry dan satu pohon tomat cherry. Lumayan sekali untuk ditanam di rumah, jadi saat nanti panen tomat tidak hanya anaknya yang senang tetapi ibunya juga.

Sayangnya begitu kami selesai dari greenhouse, Pandaan diguyur hujan deras. Rencana selanjutnya untuk naik kuda poni dan memancing jadi batal. Tetapi tidak apa-apa, jadi ada alasan untuk mengunjungi ICC lagi. Menurut saya ICC wajib dikunjungi jika ingin mencoba aktivitas yang agak berbeda supaya tidak terus-terusan main ke mal.

-----

International Cultural Center
Telepon: +62 0343 636 634
Alamat: Desa Duren Sewu Km.3 Pandaan, Pasuruan 67156

8 Comments

ibumaliq May 21, 2014 9:09 am

masukin daftar 'must visit' klo pulang ke malang, tfs otty :)

2. avatar
    Retno Aini May 21, 2014 5:49 am

ternyata keren ya tempatnya, Ty... dan rapi!

3. avatar
    Pia Gabriella May 20, 2014 11:02 am

waa dekeet ya dari surabaya bisa banget dicoba buat liburan :D

4. avatar
    hanana fajar May 19, 2014 10:47 am

asiiik banget mbaa otty tempatnyaa...jd ngiler euy pengen kesana hihi *udah kaya makanan ngiler

5. avatar
    Aero Diputra May 15, 2014 2:49 pm

Kalau pas mudik kerumah orang tua di Pandaan, pasti piknik kesini. Tempatnya bikin ngiler, ga nyangka ditengah desa, ada bangunan keren.