Merawat Kulit Itu Harus Pintar

Saat memasuki usia 30-an, berbagai masalah kulit seperti penuaan dini, kulit kusam, mudah berjerawat mulai bermunculan ya urban Mama dan tentunya hal ini dapat mengganggu penampilan, termasuk saya. Untuk mengatasinya, saya pun membutuhkan perawatan muka dengan menggunakan skincare untuk melindungi kulit dari luar. Selain itu, asupan nutrisi yang bergizi juga dibutuhkan untuk melindungi kulit dari dalam.

Namun sayangnya, tidak semua jenis produk skincare cocok dengan tipe kulit urban Mama di Indonesia, termasuk saya. Beberapa kali mencoba beberapa produk dalam beberapa bulan namun dirasa tidak cocok karena setelah penggunaan tidak ada perubahan. Bahkan kadang kulit muka menjadi berjerawat atau malah tampak kusam karena formulanya yang tidak cocok dengan muka kulit saya.

Beberapa bulan yang lalu, karena tergoda dengan cerita teman, saya mencoba beberapa produk skincare dari Korea. Setelah satu bulan pemakaian, kok kulit muka saya tidak ada perubahan, tidak terjadi sesuatu seperti pengelupasan kulit, malah membuat masalah baru, kulit muka cenderung cepat kering dan muncul banyak komedo. Saya pun beralih dan mencoba produk ke skincare lainnya. Hasilnya? Sama saja, masalah kulit muka saya juga belum teratasi.

 

Saya pun akhirnya berkonsultasi ke dokter kulit. Ternyata, hobi menggonta ganti produk perawatan muka menimbulkan dampak negatif lho, Ma.

  1. Alergi. Terlalu sering mencoba produk skincare dapat menimbulkan alergi pada permukaan kulit loh, seperti gatal-gatal, bengkak dan tentunya merusak jaringan kulit.
  2. Tidak ada hasil yang instan dalam menggunakan produk perawatan muka. Ternyata skincare baru bisa terlihat manfaatnya setelah pemakaian sebulan. Jadi urban mama harus sabar dan tidak mengganti-ganti skincare.
  3. Harga skincare relatif mahal. Jadi jika urban mama memiliki kebiasaan mengganti-ganti produk skincare, ini bisa menyebabkan pemborosan,
  4. Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda sehingga produk skincare yang dipilihpun harus sesuai dengan kondisi dan kecocokan kulit muka urban Mama. Jika tidak cocok, bisa saja muncul jerawat, kemerah-merahan, kulit kusam, hingga iritasi.

 

Bagaimana urban Mama? Yang perlu diingat, setiap produk skincare tidak ada yang instan ya Ma, dan setiap orang punya kebutuhan untuk kulit yang berbeda. Urban Mama ingin berbagi cerita atau memiliki tips bagaimana perawatan kulit dengan sistem pintar? Yuk, ikuti diskusinya di TUM Forum .

 

9 Comments

  1. avatar
    Bubid Anggie September 22, 2019 6:54 pm

    bener banget nihh.. pernah waktu itu jerawatan parah, akhirnya coba konsul ke dokter kulit. Jawabannya ya karena ga cocok skincare. harusnya konsul dulu sih biar tau jenis kulit kita itu gimana gitu

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    KatrinLarissa KatrinLarissa September 16, 2019 7:34 pm

    Setuju sama Angie, gue juga lumayan rutin yoga dan ngerasa kulit jadi beda kayaknya berasa lebih cerah tapi memang tetep sih harus pake skincare juga. Untungnya kalo gue cocok-cocok aja cuma setelah baca-baca di forum jadi penasaran juga.

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Angie Renata September 16, 2019 7:26 pm

    selain konsumsi buah terutama yang bervitamin c, aku juga kebantu dengan olahraga teratur seperti yoga. kondisi kulit jadi lebih baik dibandingkan sebelum rutin yoga dulu.

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    ninit yunita September 16, 2019 7:16 am

    dulu termasuk yang cuwek banget masalah kulit terutama wajah. duhhh kalo inget, panas-panasan sering ngga pake apa-apa :'( nyesel banget. tapi ya udah deh yaa sekarang jadi lebih merawat dengan skincare. nah bener sih hon kalo skincare itu cocok-cocokan. pernah juga beli toner ternyata ngga cocok di kulit malah jadi bruntusan. makanya penasaran banget gimana sih dapet yang cocok itu?

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Dhea Adinda September 14, 2019 5:23 pm

    aku beberapa kali nih kena "korban iklan" temen yang kulitnya bagus-bagus banget ternyata di aku ngga cocok :( dah kesel jadinya karena aku tuh ngga pengen pake skincare dari dokter karena suka ketergantungan. kalo gak pake itu lagi, kulit ya balik kusem lagi.

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.