Metoda Pengajaran Montessori

Setelah saya melahirkan anak kami pada tahun 2001, sambil mengasuh si kecil dan juga mengikuti suami di Canada, saya manfaatkan sedikit waktu yang ada untuk mengambil lanjutan pendidikan guru Montessori atau Montessori Teaching Method di sini.

Saya pikir mumpung di luar negeri, dasar pengajaran Montessori yang sudah saya miliki sewaktu di Indonesia tahun 1993 hingga 1995 sebaiknya saya tambah dari Inggris dan Canada. Selama 3 tahun, di sela-sela waktu yang ada untuk mengurus anak, suami, rumah, kebun, kantor, saya belajar lagi untuk mengetahui seluk-beluk metoda pengajaran Montessori tingkatan bayi hingga sekolah dasar.

Di sela-sela membantu suami tugas lapangan, Alhamdulillah bersama si kecil putri kami, saya masih dapat menyelesaikan tugas-tugas untuk mengajar dengan bolak balik Vancouver dan juga London, Inggris. Saya bertekad ingin mendapatkan ilmu mengajar metoda Montessori yang sebenar-benarnya.

Ada satu sekolah lokal di Whitehorse, Canada yang menawari saya menjadi guru di sini, Fireweed Montessori School namanya. Saya senang sekali sebab sekalian saya dapat membawa anak saya ke sekolah, saya juga dapat mengajar mengamalkan ilmu yang saya dapat dengan susah payah.


Ruangan kelas sekolah dengan Metoda Montessori.

Metoda Pengajaran Montessori.
Metoda Montessori adalah metoda pengajaran anak dari mulai bayi hingga tumbuh kembang mencapai usia sekolah kelas 12 dengan metoda dan cara-cara serta mempergunakan materials atau alat-alat khusus yang ditemukan oleh Dr. Maria Montessori, dokter, guru serta pendidik berkebangsaan Itali.

Lebih lanjut dapat dilihat di sini http://www.montessori.edu.

Saya tertarik untuk menjadi pengajar anak-anak dengan menggunakan metoda Montessori ini sebab:

  1. Filosofi bahwa dunia Montessori adalah dunia yang rapi teratur, bersih, beres, dan organized sangat sesuai dengan hobby saya yang suka bersih-bersih, beres-beres, dan organizing.
  2. Filosofi bahwa anak lebih suka berkarya atau bekerja daripada bermain menarik hati saya. Kata yang digunakan adalah “work” rather than “play”.
  3. Filosofi bahwa anak adalah individu yang unik dan mempunyai talenta serta cara kerja yang tidak sama satu dan lainnya cocok dengan prinsip saya.


Intinya semua metoda pengajaran yang ada, yang menganggap anak adalah manusia pribadi unik yang perlu dihargai pendapat, cara pandang, cara berpikir dan sumbangsih nya untuk dunia ini jelas cocok dengan cara pandang saya.


Dressing frames, salah satu materials dari Montessori Method agar anak belajar praktik practical life keseharian berpakaiannya mandiri.

Materials yang digunakan untuk pengajaran sekolah dengan Metoda Khusus Montessori ini juga dipesan secara khusus dari Itali dengan ketepatan dan presisi yang akurat.
Seperti cangkir-cangkir kecil untuk pelajaran Practical Life benar-benar terbuat dari pecah belah, bukannya plastik agar tidak pecah.
Penggunaan cangkir dengan material pecah belah ditujukan agar anak setelah menguasai cara memegang cangkir dapat bertanggung jawab dengan ditingkatkan ke dalam level memegang cangkir betulan.

Tanggung jawab anak-anak itu usia 3 tahun asuhan kami dalam memegang cangkir pecah belah tercipta. Cangkir-cangkir tidak pecah, anak-anak bangga dan percaya diri karena guru memberi kepercayaan bahwa KAMU BISA. KAMU HATI-HATI dan KAMU DAPAT MINUM dari cangkir sama seperti orang dewasa. Terpancar wajah cerah anak-anak yang percaya dirinya terasah… I CAN! SAYA BISA!

Ini metoda yang membuat anak independen, cerdas, percaya diri dan lingkungan tidak mengecilkan mental mereka.

Saya cocok klop rasanya.


Pouring activity atau menuang ke dalam gelas, dari Practical Life Montessori, courtesy of peacefulpathwaysmontessori.org, thank you.

Suatu Hari Ada Seorang Guru Menempuh Jalan Pintas.
Suatu hari ada salah seorang awam yang ingin mendirikan sekolah Montessori di kota Whitehorse ini. Saya diminta menjadi konsultan lepasan untuknya.
Saya bilang, bahwa sebut saja Ibu X harus mengikuti pendidikan menjadi guru Montessori yang benar di Vancouver selama minimal 1 tahun, setelah itu mengurus perijinan dan membeli materials untuk sekolah langsung dari Itali.
Ibu X, tidak menuruti saran saya, dia hanya melongok mencoba bersekolah di Vancouver hanya 6 bulan saja dan kilat mendirikan Sekolah Montessori tandingan di kota kami.

Saya tidak mau lagi bekerja padanya walau dia mampu menggaji besar juga, idealisme sudah bersebrangan dengan filosofi Montessori dan kata hati saya sendiri.

Ibu X membeli materials asal yang murah, dan bukan cangkir pecah belah melainkan cangkir plastik.
Saya memperingatkan dia, jika tidak benar-benar memakai material yang aseli dari Itali sebaiknya tidak mendirikan sekolah. Juga mengingat dia belum sah menjadi guru Montessori.

Ibu X tidak mendengar saya dan langsung pasang iklan di kota.

Enam bulan kemudian pemerintah menutup sekolah Montessori Ibu X dengan paksa atas pengaduan para orang tua murid yang curiga karena metoda diajarkan tidak semestinya dan menggunakan peralatan yang seadanya.
Para orang tua menghubungi saya dan menceritakan semuanya. Peristiwa ini terjadi pada tahun 2008.

Anak sedang mengerjakan Sensorial dengan Pink Tower materials. photo courtesy of childrencirclemontessori.org, thank you.

 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi urban Mama terutama yang tertarik dengan metoda Montessori.

36 Comments

  1. avatar
    herninta November 20, 2014 1:27 pm

    Mommies, mau update dl:) akhirnya aku nyekolahin malik anak bungsuku di rumah montessori BSD

    Awalnya aku tertarik masukin malik ke rumah montessori setelah baca tentang profil bu ivy maya safitri dan rumahbermain padi yang ikut dia dirikan.
    Konsep rumah montessori ini sama dengan rumah bermain padi cuma bedanya kalau rumah bermain padi montessori islami kalaurumah montesori untuk umum.



    Poin-poin yang membuat aku akhirnya memasukkan malik ke rumah montessori:
    1 . rumah montessori pengantar utamanya bahasa indonesia
    waktu malik dimasukkan umur 2 thn itu aku cari pre school yang pengantar utamanya bahasa indonesia dengan alasan supaya malik lebih meningkat dulu kemampuan berbahasa nya sebelum mempelajari bahasa asing
    di rumah montessori juga diajarkan bahasa inggris tapi dengan cara-cara yang fun melalu kegiatan montessori sehingga anak-anak enjoy


    2. di rumah montessori rasio guru: murid 1: 5
    dengan kelas yang kecil aku berharap guru2 lebih bisa fokus pada anak-anak dan malik yang baru pertama kali bersekolah lebih nyaman di kelas karena tidak terlalu banyak orang


    3.metode montessori yang digunakan di rumah montessori membuat anak-anak lebih bebas mengekspresikan dirinya, mereka belajar dengan mengeksplorasi lingkungan sekitarnya dan aktif bertanya.

    di rumah montessori ada 5 sentra:
    practical life
    Mathematics
    sensorial
    cultural
    languange

    malik selama hampir 2 tahun ini bersekolah di sana banyak sekali kemajuannya:
    lebih mandiri
    (mau makan sendiri, pakai baju sendiri, lulus toilet training di usianya yang 3 thn skarang ,kalau habis mainan tanpa diminta dia kan membereskan ke tempatnya semula karena dibiasakan di sekolahnya juga seperti itu
    lebih PD
    kalau ketemu orang sudah mau menyapa dan mengajak ngobrol dari yangs ebelumnya pemalu

    kemampuan motorik dan sensoriknya meningkat
    di usianya yang 3,5 thn sekarang tanpa sengaja diajarkan malik mau untuk mengulik huruf dan angka. dia dah tau huruf A-Z juga angka 1 hingga puluhan dan mau belajar menulis sendiri mungkin karena metode belajarnya yang menyenangkan di sekolah dan membebaskan anak untuk menjadi dirinya sendiri

    4. Tiap bulan tema untuk bahan pembelajaran berbeda-beda
    misal bulan ini temanya tentang pertanian dan peternakan makan sebulan itu akan dibahas tentang tanaman2 di pertanian, hewan2 peternakan juga profesi2 yang berkaitan dengan itu
    ada outing dan kegiatanb berenang tiap trimester


    5. Laporan harian dan laporan triwulan
    orang tua akan menerima laporan harian tentang sentra-sentra yang anak masuki, apa saja kegiatan di sekolah, sikap mereka dalam melakukan kegiatan itu/masalah apa yang ditemui dna nanti tiap trimesterada laporan kemajuan siswa



    Mulai januari 2015 nanti ada ernrichment class-kelas montessori islami dan fun learning with english :
    Untuk kelas montessori islami yang dikenalkan ke anak2 menurut ms ivy(guru malik):
    'Pengenalan bahwa Islam itu indah. Ada pengenalan2 ttg agama islam yg simple di dalamnya plus anak2 berkegiatan montessori. Krn metoda montessori sebetulnya sdh sangat mencontohkan konkrit nilai2 islami
    Anak perlu contoh konkrit..mannner nya dulu yg sholeh..
    Ada materi doa doa pendek sehari hari..ada pengenalan hijaiyah..praktek sholat..cerita islami..lebih ke penguatan karakter'

    Utk kelas fun learning english anak2 akan diajak Mengerjakan kegiatan dan materi alat montessori tp semuanya dlm bhs inggris..dr mulai doa pembuka penutupan, pengenalan materi pembelajaran lebih ke penguasaan kosakata dan praktek conversation langsung

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    chalkie September 21, 2014 12:55 pm

    Hi moms, sama nih bu saya juga lg nyari sekolah montessori buat anak saya, kebetulan di facebook tadi saya nemu mau ada kb tk montessori dibuka bulan depan, namanya Sahabat Montessori deket bgt sama Gandaria City.. saya udah coba hubungin sekolahnya, katanya memakai bahasa pengantar Bahasa Indonesia

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    erwien July 4, 2014 10:38 am

    Hi, moms salam
    Saya mau tanya adakah TK dengan sistem montessori yang memakai bhs pengantar bhs Indonesia? Saya sedang mencari untuk anak saya yg berusia 5th, terima kasih

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    bogni lulu May 7, 2013 11:46 pm

    Hi moms, salam kenal, to the point nih :) mo sharing aja. montessori emg bagus banget metode pengajarannya, anakku dua2 nya sekolah di TK montessori bali, yang satu memasuki tahun kedua dan bulan agustus nanti sudah mengikuti extended class, pulangnya bakalan jam 2.30 bo hahaha kasian bener ya padahal tk loh :D , adiknya baru tahun pertama. Dan aku akui mereka jadi mandiri banget sekarang, mereka juga jadi disiplin banget di rumah, wah gimana jelasinnya ya pokoknya amazing sekali melihat kemajuan mereka yang begitu cepat dari hari pertama sekolah hingga hari ini. Ada tuh satu rules yang aku sukaaaaa banget, "NO HAT NO PLAY" mengingat setiap jam 11.45 anak2 diumbar di kebun sekolah buat bermain2 :D dan kalo ga pake topi ya kudu duduk aja di pinggiran ga boleh ikutan main2 di luar, ada lagi sih rules nya yang aku suka hehe,,, kalo ke sekolah ga dibolehin bawa permen ato coklat karena setiap jam 10 sekolah sudah menyediakan cemilan sehat alias buah2an segaaarrrr :D, baju ga boleh yang pamer merk alias pamer logo, dll pokoknya smua peraturan yang diterapkan di montessori bener2 mengajarkan anak2 untuk menjadi pribadi yang mandiri alias ga manja. Tapi emg sih moms biaya nya itu yang menurut aku sih udah super duper mahal :( ngos2an juga mikir biaya sekolah anak dua, makanya masih bingung tar SD nya terusin lagi ga ya ke montessori ^_^ soalnya metode pengajarannya bagus tapi ya apa harus memaksakan diri kalo sudah merasa mulai berat :) mungkin bijaknya adalah dimanapun anak2 sekolah asal tenaga pengajarnya profesional dan lingkungan belajar kondusif sudah pasti bagus buat kemajuan daya pikir dan pribadi mereka, ga harus sekolah yang mahal ato international school :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    aminah March 10, 2013 12:07 pm

    salam kenal ibu willy ,saya sangat tertarik utunk mengubah sekolah yang sedang saya keola sekarang menjadi sebuah sekolah motenssori, bolehkah saya sharing dengan ibu willy alamat email saya [email protected] makasih

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.