Museum Tsunami Banda Aceh


[caption id="attachment_70974" align="aligncenter" width="500" caption="Desain museum tsunami dari atas"][/caption]


[caption id="attachment_70975" align="aligncenter" width="500" caption="Bangkai helikopter yang rusak ketika kejadian tsunami"][/caption]

Ini adalah untuk ketiga kalinya kami berkunjung ke museum tsunami. Dua kali pertama kami tidak berhasil masuk karena terlupa bahwa museum ini tidak buka pada hari Jumat. Museum Tsunami, yang diresmikan tahun 2009 ini, memiliki arsitektur yang sangat menarik karena bentuknya seperti gulungan air raksasa. Untuk masuk, tidak dikenakan biaya tapi tidak diperbolehkan membawa tas, Hanya dompet kecil dan kamera yang bisa dibawa.

Lantai Pertama

[caption id="attachment_70976" align="alignnone" width="500" caption="Ruangan pertama, lorong gelap dengan dinding yang dialiri air"][/caption]


[caption id="attachment_70977" align="alignnone" width="500" caption="Ruangan "Light of God""][/caption]


Ruang pertama yang dilewati adalah lorong gelap gelombang tsunami  dengan ketinggian 40 meter ,efek air jatuh dan alunan ayat Al-Qur’an . Thifa yang awalnya ceria tiba-tiba minta digendong karena merasa takut. Saya juga agak merinding melewati ruangan ini karena memang terasa mencekam. Sampai di ujung lorong, ada ruangan seperti cerobong yang agak gelap dengan tulisan Allah di puncaknya. Pada dindingnya tertulis nama-nama korban tsunami 2004.

Lantai kedua

[caption id="attachment_70978" align="alignnone" width="500" caption="replika kejadian tsunami"][/caption]


[caption id="attachment_70979" align="alignnone" width="375" caption="replika jam mati yang menunjukkan pukul 8.17 wib ketika kejadian gempa 2004"][/caption]


Di bagian ini terdapat ruangan audiovisual tempat kita bisa melihat penayangan film gempa dan tsunami  24 Desember 2004 selama 15 menit. Di ruangan yang lain terdapat foto-foto dan artefak kejadian tsunami. Seperti terdapat jam mati menunjukkan pukul 8.17 ketika kejadian gempa terjadi.  Artefak lainnya seperti miniatur orang-orang yang sedang menangkap ikan di laut dan berlarian menyelamatkan diri saat gelombang melebihi tinggi pohon kelapa menerjang mereka. atau bangunan-bangunan rumah yang porak-poranda oleh gempa sebelum datang air bah “membersihkannya”.

Lantai ketiga


Pada bagian ini dikhususkan untuk bagian IPTEK. Disini terdapat bermacam-macam pengetahuan tentang gempa dan tsunami mulai dari foto, miniatur rumah tahan gempa, maket tata ruang kota yang ideal untuk daerah rawan gempa dan tsunami, simulasi gempa dengan skala richter yang bisa disesuaikan dan berbagai pengetahuan geologi lainnya. Ini adalah bagian yang paling menyenangkan buat Thifa karena sangat interaktif dan edukatif. Favoritnya adalah bola dunia raksasa.

Lantai keempat

Di lantai ini tempat untuk membeli suvenir khas Aceh. Mulai dari dendeng aceh, rencong, bros pintu aceh, dll. Di sini juga tersedia mushola dan food court. Karena ketika kami sampai ruangan ini waktu menunjukkan pukul 12.30 dan museum harus tutup sementara untuk waktu istirahat jadi kami tidak bisa banyak berkeliling di lantai ini

Ketika keluar gedung yang tertutup kita melewati jembatan yang dibawahnya terdapat kolam dengan banyak ikan hias di dalamnya. Pada pinggiran kolam terdapat 52 batu-batu yang bisa dipakai untuk duduk dan di batu-batu tersebut terdapat lambang negara-negara yang memberi bantuan pada aceh dalam masa rekonstruksi pasca gempa-tsunami 24 Desember 2004.

Untuk Urban mama-papa yang berkunjung ke Banda Aceh jangan lupa sempatkan ke museum tsunami karena banyak hal bisa didapat disini. Selamat berlibur...

11 Comments

  1. avatar
    ranti permatasari August 11, 2012 6:43 pm

    wah kakak thifa sudah main2 ke musium tsunami ya.. TFS silvi, aku jd tau isinya.. waktu ke banda aceh dulu gak masuk ke dalam, cuman liat dari luar aja..

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    silvia pridana August 11, 2012 7:07 am

    free mba naniek ^^

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    niniek rofiani August 10, 2012 3:34 pm

    wah keren banget nih. semoga bisa ajak Edo ke sana ya. untuk tiket masuknya bayar berapa ya? atau free ya?

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    silvia pridana August 10, 2012 1:18 pm

    ???????????º:*ºS?????????????????-S?????????????????º({})º???????? moms... Arsitektur memang sangat menarik apalagi isi nya sangat representatif tuk memupuk minat anak pada bidang geologi..

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    indah nildha August 9, 2012 8:22 pm

    rancangan museumnya keren. bangga deh, indonesia punya museum seperti ini. ada sarana edukasi dan belanja juga. seru nih. tfs mama silvia.. :)

    1. avatar

      As .