No Nanny No Problem

Saat ini saya dan keluarga sedang menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Sekarang sudah semakin mendekati lebaran untuk merayakan hari raya bersama keluarga besar. Di bulan ini juga asisten rumah tangga saya akan mudik untuk sementara waktu, sehingga segala pekerjaan rumah tangga akan saya kerjakan sendiri.

Walaupun tidak ada asisten, saya memastikan agar segala keperluan anak-anak selalu tersedia.  Salah satunya adalah menyiapkan makanan dan camilan. Ini wajib, untuk Vino yang sudah MPASI dan abang Miguel yang sedang belajar puasa, saya perlu tempat makan yang bisa menyimpan sekaligus menyajikan makanan anak-anak dengan baik dan aman. Setelah browsing, akhirnya saya memilih mangkuk dari BrotherMax. Mangkuk ini memiliki ‘kuping’ untuk pegangan sehingga mudah dipegang oleh saya, bahkan oleh Vino.

Yang kedua adalah BrotherMax Weaning PotsWeaning pots ini adalah wadah untuk menyimpan camilan dan MPASI Vino yang volumenya pas, sesuai takaran porsi yang biasa ia makan.

Dengan Weaning Pots, saya cukup ambil satu pot untuk penyajian setiap Vino makan pagi, siang, dan malam. Sangat mudah dan cepat.

 

Asisten pintar yang ketiga adalah uPang Waterless UV Sterilizer.

Setiap orang tua yang memiliki balita, tentunya memiliki banyak peralatan makan. Namun mensterilkan peralatan makan, belum lagi mainan Vino, sering kali menyita waktu. Kalau mensterilkan dengan air atau uap panas, ada risiko micromelting yaitu terurainya beberapa jenis plastik di atas suhu 70 derajat celcius. Bahan kimia yang terurai ini tidak kasat mata sehingga sangat mengkhawatirkan bila sampai terkonsumsi oleh anak-anak.

 

Sejak menggunakan uPang Waterless UV Sterilizer, semua botol yang sudah dicuci dan ditiriskan airnya bisa dimasukkan ke uPang dan hanya perlu menekan satu tombol. Sterilizer uPang ini akan mengeringkan dan mensterilkan botol atau peralatan anak dengan aman pada suhu 40?C, sehingga tidak ada risiko micromelting. Selain peralatan makan dan mainan Vino dan abang Migu, uPang Waterless UV Sterilizer juga dapat digunakan untuk mensterilkan boneka sampai remote TV dan handphone yang permukaannya terkenal banyak bakteri. Bahkan saya suka pakai uPang untuk menstreril barang-barang pribadi seperti  perhiasan dan jam tangan

Cara penggunaan uPang Waterles Sterilizer ini cukup mudah. Sebelumnya, botol harus ditiriskan sehingga tidak masuk ke sterilizer dalam keadaan sangat basah karena pengeringan alat ini dijaga aman bagi bahan plastik pada suhu 40?C (tidak menggunakan harsh extereme drying heat). Tombol kiri automatic untuk mensterilkan peralatan menyusui/MPASI, barang-barang berbahan plastik dan pecah-belah, seperti botol susu bayi yang habis dicuci. Tombol tengah sterilization untuk mensterilkan mainan dan boneka atau barang berbahan stainless steel, kain, kulit, barang elektronik dan lainnya selama 10 menit. Tombol kanan ventilation untuk proses pergantian udara keluar akhir. Setelah 30 menit mengeringkan, sterilizer uPang secara otomatis akan berganti ke mode sterilization (tombol tengah) selama 10 menit, lalu mati sendiri dan semua barang sudah steril, siap dipakai.

Ada 3 tombol mode (button) di uPang Waterless Sterilizer:


  • Button 1 Infrared (lampu merah): Automatic, mengeringkan 30 menit + sterilize 10 menit + ventilasi.  Jadi ini cocok untuk semua barang yang bisa dicuci dan dikeringkan seperti dot silikon, botol, plastik, dan gelas.

  • Button 2 UV Light 10 menit (lampu ungu): Sterilization, untuk mensterilkan + ventilasi. Ini untuk digunakan pada semua barang yang tidak dapat dikeringkan seperti handphone, ipad, remote TV, boneka, mainan, jam tangan, perhiasan, kacamata, make up, dan sejenisnya.

  • Button 3 : Ventilation, untuk mengganti dan meregulasi udara di dalam uPang keluar. Ini jarang dan tidak terlalu perlu dipencet karena setiap siklus tombol 1 & 2 akan otomatis ventilasi juga.


 

Yang terakhir namun sama pentingnya adalah menyiapkan gendongan carrier. Persiapan mudik saya tidaklah lengkap tanpa baby carrier. Salah satu yang bagus adalah i-Angel Baby Carrier.

Yang saya suka dari baby carrier ini adalah fitur hip seat-nya, sehingga saat Vino digendong tidak membuat dia menggantung. Vino tetap pada posisi duduk yang nyaman dan saya pun bebas pegal karena berat anak terdistribusikan ke 3 titik, yaitu pinggang dan kedua pundak. Sangat stabil.

Belakangan saya baru tahu kalau ternyata i-Angel adalah hip-seat baby carrier pertama di dunia dan satu-satunya yang disertifikasi oleh International Hip Joint Association for Safety. Wow!

Semoga tipsnya berguna untuk urban mama dan papa yang menjalani puasa dan lebaran tanpa bantuan asisten ya. Selamat lebaran, urban mama semua!

 

9 Comments

  1. avatar
    Honey Josep June 29, 2016 3:00 pm

    *toss* Upang itu time saver banget deh dan aku naksir mangkok kupingnya!

    Vino gemes!

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Siska Knoch June 29, 2016 6:54 am

    Cucok juga buat mudik ini Ta :D simple!

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    zata ligouw June 28, 2016 10:54 pm

    passs banget abis ditinggal si mbak nikah. langsung semangat baca artikelnya Chika ini. Makasihhh yaaa... Btw, weaning potsnya lucu2 banget, pengen punya ah buat si bungsu..

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Siska Knoch June 28, 2016 4:19 pm

    Cindy - seriusaaaan ndiiiii, amazing banget! ampe bengong awalnya gue juga!
    iyah dan takaran si pots tuh kan muat maksimal 170ml jadi cocok banget buat Vino. Oh abang migupun gue taroin cereal disitu buat camilannya :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Cindy Vania June 28, 2016 1:38 pm

    Mommy siap banget nih kayaknya ditinggal mbak mudik :D
    Aku naksir sama weaning potsnya Vino deh,enak banget ya kalo pas anak cari camilan di mobil tinggal sodorin tempatnya.

    Btw mommy,seriusan uPang bisa buat steril hp juga? Keren bangeeet! Udah gitu yg dipake momchik warnanya pink,cute!

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.