Pembuatan tutu tanpa dijahit ini sebenarnya saya dapat dari berbagai DIY tutu-tutorial di internet, lalu dimodifikasi dengan memasang hiasan pita satin di belakang tutu & menjahitkan tutu yang sudah jadi ke sekeliling pinggang celana pendek (OK, berarti namanya bukan No-Sew Tutu lagi ya). Cocok untuk last-minute halloween costume, atau sekedar jadi rok lucu-lucuan buat dipakai jalan-jalan ke mall.

Bikinnya asli nggak ribet karena bahan yang dibutuhkan hanya:


  • 2 x 1 meter kain tulle (boleh satu warna, tapi disini saya pakai tiga warna : peach & kuning-lemon. Oia, kain tulle sepanjang ini cukup untuk membuat rok ukuran anak usia 1-2 tahun).

  • Gunting.

  • Karet elastik.

  • Celana kecil/training pants.

  • Benang & jarum jahit.

  • Buku kamus ukuran besar.

  • Camilan, DVD favorit & DVD player.


1. Ambil karet elastik & ukur mengelilingi pinggang si kecil. Dikira-kira saja :-) Lebihkan sedikit & satukan kedua ujungnya dengan dijahit atau disimpul-mati.

2. Tumpuk-rapi ketiga kain tulle. Untuk membuat tutu pendek, lipat tumpukan tulle jadi empat bagian, lalu gunting searah panjang kain. Untuk membuat tutu panjang (atau untuk anak yang lebih besar… usia 3-4 tahun), lipat tumpukan tulle jadi dua bagian.

3. Tumpuk keempat bagian potongan tulle searah panjang kain (horizontal). Gulung tumpukan tulle searah lebar kain, lalu gunting vertikal kira-kira selebar 5-7 cm. Hasil guntingannya adalah lembaran-lembaran tulle sepanjang kira-kita 20-an cm.

4. Bingung tadi itu ada buku kamus buat apa? Nah ini gunanya: ambil karet elastik yang sudak disiapkan, pasang mengelilingi buku kamus. Sebenarnya bisa juga sih karetnya dipasang di sandaran kursi kecil, di kaki... tapi berhubung di rumah adanya kamus, ya pakai kamus saja.

5. Pasang tontonan DVD favorit anda & jangan lupa siapkan camilan juga :-D

6.Selanjutnya… mari kita mulai bikin tutu-nya sambil nonton DVD :lol: Ambil empat lembar potongan tulle, lipat-dua, lalu simpulkan pada karet elastik. Saya lupa apa nama simpulnya, tapi cara membuatnya kira-kira seperti pada gambar berikut:

Rapikan jarak simpul-simpul tullenya. Teruskan menyimpul sampai potongan tulle habis.

7. Supaya enak dipakai & tidak melorot, jahit rok tutu ke sekeliling pinggang celana/training pants. Hiasi bagian belakang tutu dengan pita satin atau bunga-bunga.

Voila… jadilah tutu skirt a la ngebut. :)

Selain jadi kostum ballerina, tutu ini bisa dipadu-padankan menjadi banyak kostum. Untuk kostum peri, tambahkan hiasan sayap kecil, bedak glitter di badan & pakaikan aksesoris tongkat ajaib + mahkota. Tutu panjang, blus renda berlengan poof serta mahkota bsa dipakai untuk kostum princess. Atau padukan bersama sequined tanktop + sarung tangan jala-jala hitam & legging warnawarni untuk kostum lady rocker :-D

Related Tags : ,,,

30 Comments

  1. avatar
    Carolyne Lee April 18, 2013 3:21 pm

    like it so much!!! will try for my twins daughters :D:D

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Miranti February 26, 2013 1:22 am

    baru mampir lagi setelah berbulan-bulan dan nyangsang ke sini. Great idea! simple dan hasilnya manis!

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Risqa Prasista March 10, 2012 5:32 pm

    kereeen

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    jojoice November 15, 2011 11:49 am

    ahhh lucuuuu mom..aq baru liat ni..
    like it !

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    sari cahyono October 24, 2011 12:06 pm

    Great ide...
    jadi dapat ide buat kostum ultahnya Aya besokk ni..ijin mencontek yahh mom..tfs. salam kenal^^

    1. avatar

      As .