Pak Raden

Sabtu, 25 Juni 2011, kami menghadiri acara “Kirimkan Cinta Dengan Dongeng Untuk Anak Indonesia” yang bertempat di Giggle atrium, f5 fX. Acara ini dilandasi oleh Gerakan #PeduliPakRaden. Gerakan #PeduliPakRaden adalah sebuah gerakan sosial yang dibuat oleh sekelompok orang yang merasa Pak Raden perlu mendapatkan apresiasi atas karya-karyanya dalam dunia dongeng dan anak-anak.

Sebagian besar urban Mama Papa tentu mengenal Drs Suyadi alias Pak Raden. Bagi kita generasi yang tumbuh besar dengan hiburan boneka “Si Unyil” tentunya sosok Pak Raden begitu lekat di ingatan. Tidak banyak dari kita yang mengetahui apa kegiatan dan bagaimana keadaan Pak Raden sekarang. Sesekali wajahnya masih terlihat melintas di beberapa program televisi untuk anak-anak. Dari tayangan televisi beliau masih terlihat begitu gagah dengan beskap hitam dan kumis tebalnya. Suaranya yang khas juga masih menggelegar.

Di usianya yang ke-78 tahun, Pak Raden memang masih terlihat bersemangat. Beberapa bulan lalu sempat berhembus kabar bahwa beliau memerlukan biaya untuk pengobatannya. Bahkan, lewat sebuah website lukisan hasil karyanya ditawarkan untuk dijual.

Drs. Suyadi alias Pak Raden adalah salah seorang seniman Indonesia yang karyanya luar biasa. Disadari atau tidak, kreasinya dalam “Si Unyil” juga memberikan kontribusi positif dalam kehidupan kita. Minimal, kita semua pernah merasa sangat terhibur dengan kehadiran sosok Pak Raden. Karena itu, kami ingin mengajak urban Mama Papa untuk mengingat kembali sekaligus mengapresiasi karya-karya beliau.

23 Comments

  1. avatar
    deangelo May 7, 2012 7:15 pm

    Pak raden itu kan boneka yang menjadi orang yah...atau orang jadi boneka...
    si pembuat pak raden itu kan si pak raden orang bukan?
    ini bisa jadi salah satu budaya indonesia nih...

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    arienta May 7, 2012 5:47 pm

    pak raden termasuk budaya indonesia yg hrs diperhatikan nie ...sebagai orang indonesia kita juga hrs memperhatikan dan mengenal budaya indonesia nie :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Denada Haryanto May 7, 2012 1:34 pm

    wah.. pak radennn.. dah lama deh gak denger soal pak raden..
    khas indonesia nih pak raden.. ha2 :P

    1. avatar
      deangelo May 7, 2012 7:21 pm

      di Tv masih ada kok mbaknya..
      dy kan punya acara TV sendiri skrg..sygnya
      begitu juga sama boneka2nya
      *jadi inget band thekill nya unyil hehhehe

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    arienta May 7, 2012 9:20 am

    pak raden itu me legenda banget ya... kita sebagai warganegara indonesia jangan sampai melupakan budaya indonesia krn itu merupakan kekayaan kita juga yg patut dibanggakan

    1. avatar
      deangelo May 7, 2012 7:19 pm

      setuju mbak..jangan asal dilupakan.
      di Indo sendiri sbnrnya banyak banget budaya loh...
      gak cuma Bali ^^..heheh,kan turis mancanegara lebih knal bali

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  5. avatar
    Nita July 13, 2011 7:51 pm

    Waa..sayang bgt ga tau kalo ada acara #PeduliPakRaden ini..kalo tau, pasti dateng! Keina harus kenalan langsung nih ama beliau :)

    1. avatar

      As .