Parenting Without Borders




Sebagai orangtua, saya yakin urban Mama dan Papa pasti akan memberikan yang terbaik bagi anak-anak. Menurut Robert LeVine, antropologist dari Harvard, ada 3 goals yang dimiliki oleh para orangtua di seluruh dunia dalam membesarkan anak.


    1. Survival and health.
    2. To raise children who will have the basic skills they'll need to sustain themselves economically once they grow up.
    3. A child who will thrive.

Buku ini ditulis oleh Christine Gross-Loh, orang Amerika dengan orangtua yang berasal dari Korea. Orangtua penulis berimigrasi dari Korea Selatan sebelum tahun 1968. Christine Gross-Loh adalah ibu dari 4 orang anak. Pada saat baru memiliki 2 anak, Christine dan keluarganya tinggal di Tokyo, Jepang. Anak ketiga dan keempat lahir di sana. Sebagai orang Amerika, meski tinggal di Jepang, Christine membesarkan anak-anaknya dengan nilai-nilai yang dilakukan oleh orang Amerika (misalnya memberikan pujian kepada anak-anak untuk membuat mereka lebih percaya diri dan memberikan banyak pilihan).

Ketika anaknya sudah masuk sekolah, Christine mulai memperhatikan bagaimana orang-orang Jepang membesarkan anak-anaknya dengan cara yang berbeda, bahkan 180 derajat! Christine terkejut karena meski berbeda, anak-anak Jepang ini mature, well-adjusted, capable, dan menyenangkan.

Setelah meninggalkan Jepang di tahun 2010, Christine mulai mencari kisah-kisah para orangtua dari berbagai negara. Christine bahkan mengunjungi Finland, China, South Korea, Jerman, dan Jepang. Christine juga bertemu dengan orangtua asing yang berasal dari 12 negara di Amerika. Bagaimana kisahnya? Semua dibahas di buku ini.

Buku ini sangat menarik untuk dibaca karena memberikan pengetahuan dan perspektif yang berbeda. Seperti tagline The Urban Mama, there is always a different story in every parenting style.

10 Comments

  1. avatar
    Desie Maulani Charman October 2, 2013 12:53 pm

    Wah...mau juga beli nih, kayanya harus update ilmu parenting dari berbagai negara juga yaa, biar kita bisa punya banyak pilihan dalam pola mengasuh anak kita, ternyata bisa beli online di periplus kok...., thx mbak Ninit for share....

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Dara September 30, 2013 5:50 pm

    Dari reviewnya sepertinya bagus banget ya ini buku..pengen beliiii :). Sekilas mirip-mirip sama buku "Battle Hymn of the Tiger Mother : Cara Mendidik Anak Agar Sukses Cara China" (ditulis orang Amerika dengan orangtua yang berasal dari China)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Eka Gobel September 30, 2013 12:59 am

    bukunya bagus ya teh..pengen baca juga. tar kalo ke toko buku mau cari ah :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Yusi September 28, 2013 7:44 am

    bagus deh bun bukunya,,, beli ah :D
    kalau yg islami2 gitu ada rekomen ngga bun buku apa?

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Gabriella F September 27, 2013 11:38 pm

    Bukunya bagus deh kayaknya... pengen nyari ah...

    1. avatar

      As .