Perawatan Cloth Diaper

Salah satu kekhawatiran kalau mau mencoba clodi adalah takut rusak karena salah perawatan dan akhirnya membuang uang karena harganya juga tidak murah.


Atau begini:



  • Clodi = mahal.

  • Perawatan clodi = mahal karena harus pakai detergent khusus yang mahal juga. Iya kan?


Well, at least saya sih dulu sempat berpikir seperti itu. Akhirnya supaya yakin kalau nanti saya bisa merawat clodi dengan benar, saya jadi rajin baca-baca tentang cara perawatan clodi.


Rangkumannya sebagai berikut:



  1. Lakukan pre-wash sebanyak 3x sebelum menggunakan clodi. Gunanya untuk menambah daya serapnya sehingga bisa menampung urine dengan baik. Tapi baca lagi petunjuk tiap merk yang dibeli karena ada merk tertentu yang hanya membutuhkan 1 kali pre-wash.

  2. Jangan menggunakan pelembut dan pemutih. Karena ketiga bahan tersebut justru bisa mengurangi daya serap clodi sehingga tidak bisa menampung urine bayi dengan sempurna.

  3. Bisa menggunakan detergent khusus clodi, tapi juga bisa menggunakan detergent biasa. Yang penting, harus diperhatikan bahwa detergent itu bebas pelembut dan pemutih karena seperti yang disebutkan di poin 1, zat-zat tersebut bisa merusak clodi. Selama ini saya menggunakan detergent yang biasa saya pakai untuk mencuci baju, dengan takaran yang dikurangi.

  4. Kurangi takaran detergent. Karena saya menggunakan detergent biasa, saya selalu mengurangi takarannya. Biasanya disebutkan untuk mengurangi takaran detergent menjadi ½ - ¼ takaran biasa. Setelah saya kira-kira, takaran tersebut sama dengan 1 sendok teh, jadi sejumlah itu yang biasa saya tambahkan (untuk mencuci sekitar 4 buah clodi).

  5. Lakukan stripping bila perlu. Biasanya clodi harus di-stripping kalau mulai menunjukkan tanda daya serapnya berkurang (mulai bocor). Tapi saya memilih tindakan pencegahan dan melakukan stripping setiap 1 bulan sekali, sebelum clodi mulai bocor.


Stripping juga bisa dilakukan dengan berbagai cara dan yang biasa saya lakukan adalah seperti ini:



  • Pisahkan insert dari covernya, bilas dengan air.

  • Taruh insert dalam ember, rendam dengan air panas (biasanya saya ambil langsung dari kran kamar mandi).

  • Tunggu hingga agak dingin, peras dan buang airnya.

  • Ulangi proses di atas 2-3 kali lalu cuci seperti biasa. Diskusi lebih lanjut tentang clodi bisa dibahas di http://theurbanma.ma/clodi.

30 Comments

  1. avatar
    lilyfukada February 9, 2014 6:39 pm

    Hello mamas,, sorry mau nanya kalo sistem drypail itu apakah codinya perlu dibilas dulu pee nya? Ato lgs dicempungin aja ke ember kering? Sorry msh newbie dunia per clodian hehehe..
    Oya satu lg, mau tanya kok clodi2 ku cepet bau pesing pdhl udh kustripping dgn berbagai mcm cara ( pake magic clean, rlr, insert direndam air panas bahkan yg terakhir direbus), help advise nya mamas.. Mgkn ada yg pengalaman serupa... Tyvm :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    lilyfukada February 9, 2014 6:32 pm

    Test

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    mrs. dwiartono December 26, 2013 10:31 pm

    bookmark.. thx u mba utk infonya, masi belajar ttg per-clodian..

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Utari Aliwardani February 11, 2013 9:02 pm

    mba, 1/4 takaran normal itu untuk berapa clodi and dalam berapa ml air ya?tks

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    cynkoirewa December 11, 2012 7:41 am

    TFS yah mba, nambah ilmu prewash sama stripping, jd gak binggung buat pemula :D

    1. avatar

      As .