Perhatikan Masa Ovulasi untuk Raih Kehamilan Sukses





dr Ivan R. Sini
Direktur Morula IVF Jakarta dan Wakil Direktur Bundamedik Healthcare System Jakarta.






Bagi beberapa pasangan menikah, kehamilan dengan mudah dapat terjadi. Namun bagi sebagian pasangan lainnya, mereka memerlukan usaha extra keras untuk mendapakat sang buah hati. Bagi urban Mama Papa yang belum dikaruniai anak, tidak boleh patah semangat dan langsung beranggapan mandul. Berasumsi seperti itu, hanya akan menambah ketegangan dalam hubungan suami istri. Meskipun kehadiran anak adalah sebuah anugrah, terdapat beberapa fakta dalam berhubungan seks dan gaya hidup yang patut untuk diketahui agar dapat mengandung.

Berikut ada tips dari saya bagi urban parents:


  • Saat tepat untuk menjalani gaya hidup sehat adalah sebelum hamil. Pertahankan berat badan ideal, olahraga rutin, konsumsi makanan sehat, kurangi stres, hindari rokok, alkohol, dan narkoba. Kebiasaan-kebiasaan baik yang urban Mama lakukan dapat membantu kehamilan terjadi dengan mudah dan berdampak baik bagi bayi dan diri sendiri selama kehamilan berlangsung.

  • Dengarkan apa yang tubuh inginkan dan pahami cara kerja tubuh – apa yang terjadi pada tubuh setiap siklus bulanan. Kenali tanda-tanda ovulasi. Selain itu, pelajari pula tentang ejakulasi pria dan cara menghitung sperma. Hal ini berkaitan untuk cari tahu kapan waktu tepat untuk berhubungan seks.

Rencanakan kehamilan dengan berhubungan seks pada saat fase luteal berlangsung, dimana jumlah sperma ada pada peringkat paling tinggi. Fase Luteal yang juga merupakan “Masa Setelah Ovulasi”, merupakan masa saat ovulasi terjadi hingga hari pertama mens. Ini juga merupakan masa dimana kemungkinan terjadi kehamilan sangat tinggi. Biasanya fase luteal ini berlangsung selama 14 hari. Panjangnya fase luteal ditentukan oleh waktu ovulasi pada saat siklus mens berlangsung. Meskipun masa fase luteal cenderung tak berubah, proses ovulasi dapat tertunda karena beberapa faktor yaitu stres, aktivitas, dan pengobatan yang bertambah. Urban Mama dapat menghitung waktu ovulasi dalam siklus mens dengan cara mengurang masa fase luteal dari masa siklus.

Misalnya, jika siklus urban Mama adalah 28 hari dan fase luteal 12 hari, maka ovulasi akan muncul di hari ke 16 masa siklus (28-12=16). Ada beberapa cara untuk menentukan kapan anda berovulasi, mulai dari cari tahu suhu permukaan tubuh, perhatikan perubahan yang terjadi pada lendir rahim hingga membeli kalkulator ovulasi di apotik.

Semoga bermanfaat.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.flyfreeforhealth.com atau email [email protected].

2 Comments

  1. avatar
    nanadehidayat August 27, 2014 7:58 pm

    dok maaf mau tnyak kalo haid maju semingu gimana mengthung masbur yaa

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    vanni varliyan March 28, 2014 4:31 pm

    maaf dok..mksd dr menghitung jml sperma itu bgaimana?
    sy hnya tau ttg ovulasi wanita sja.

    1. avatar

      As .