Q: Apakah Hypno-Birthing Itu?



dr RiyanaEvariny Andriana CHt
Hypnobirthing Practitioner

Jl. Janur Elok Raya QC 14 No.4 Kelapa Gading 14240 Jakarta Utara - 085711441711
www.hypno-birthing.web.id



Q:  Saya sedang hamil, EDD bulan Mei 2010. Saya pernah mendengar tentang Hypno-Birthing dan tertarik. Bisakah dijelaskan lebih lanjut?


A:  Melahirkan memang suatu proses yang alami dan konon menimbulkan rasa sakit.
"Konon"? Ya betul, karena sebenarnya rasa sakit saat melahirkan bisa dibilang hanya mitos. Namun banyak wanita yang merasakan sakit tersebut lebih parah dari seharusnya karena banyak dipengaruhi oleh rasa panik dan stress. Hal ini disebut fear-tension-pain concept (takut-tegang-sakit), dimana rasa takut menimbulkan ketegangan/kepanikan yang menyebabkan otot – otot menjadi kaku dan akhirnya menyebabkan rasa sakit.

Bayangkan sebuah proses melahirkan dengan rasa sakit yang minimal atau bahkan tidak dirasakan sama sekali. Hal itu bukanlah sesuatu yang tidak mungkin jika kita telah berlatih relaksasi Hypnobirthing. Hypnobirthing merupakan metode alamiah yang dipergunakan untuk menghilangkan rasa takut, panik, tegang dan tekanan – tekanan lain yang menghantui calon ibu dalam proses persalinan.

Saat orang mendengar kata "hypnobirthing", yang terbayang dalam pikiran biasanya sebuah proses hipnosis yang bisa membuat subjek menjadi tidak sadar dan akhirnya menuruti perintah apapun yang disampaikan penghipnotis. Sayang sekali, demikianlah image tentang hipnosis yang telah menyebar karena maraknya penggunaan metode hipnosis dalam tindakan kriminal.

Hypnobirthing bukan sihir, bukan ilmu hitam, bukan hal yang bertentangan dengan ajaran agama manapun. Justru sebaliknya, ibu dan suami diajak agar semakin mendekatkan diri pada Tuhan karena ibu diajarkan untuk melakukan relaksasi mendalam, bersikap ikhlas dan melakukan sugesti agar proses kelahiran berjalan normal, tenang, lancar, nyaman. Saat seseorang sudah bisa merasa tenang dan selalu bersikap positif, segala efek seperti melahirkan nyaman dan lancar adalah bonus.

Hypnobirthing pada dasarnya terdiri dari kata hypnos (bahasa Yunani yang berarti "tidur") dan birthing yang berarti “melahirkan”. Jika diterjemahkan langsung, Hypnobirthing berarti proses melahirkan dengan hipnosis. Bukan berarti calon ibu tidak sadarkan diri, sebaliknya calon ibu akan sepenuhnya sadar dan menikmati masa – masa kelahiran si buah hati. Hypnobirthing lebih mengacu pada hipnoterapi, berbeda dengan bentuk hipnosis pertunjukan seperti yang kita lihat di TV (stage hypnosis). Hypnobirthing mengajarkan bahwa selama proses kehamilan, calon ibu akan berlatih menanamkan sugesti pada alam bawah sadarnya secara berulang - ulang, agar saat proses melahirkan berlangsung, calon ibu dapat bersikap santai dan tenang, dan membiarkan autopilot atau rekaman alam bawah sadarnya mengatur jalannya proses persalinan.

Beberapa pihak juga beranggapan bahwa Hypnobirthing akan membuat calon ibu tertidur dan tidak sadarkan diri selama proses melahirkan. Jelas pendapat ini salah besar karena jika ibu tidak menggunakan obat bius apapun, ia akan tetap sadar dan bisa mengingat setiap detik dari proses kelahiran bayinya.

Kelebihan yang kita dapatkan dengan menggunakan metode Hypnobirthing antara lain :



  1. Meminimalisasi bahkan menghilangkan rasa takut, tegang, sindroma terhadap rasa sakit dan kepanikan selama proses melahirkan dan setelahnya (tidak menjadi trauma).

  2. Meminimalisasi bahkan menghilangkan keinginan untuk menggunakan obat bius dan obat penahan sakit untuk proses melahirkan.

  3. Mempersingkat fase awal proses persalinan yaitu proses pembukaan yang biasanya dapat berlangsung lama, antara10 hingga 24 jam (terutama untuk kelahiran pertama).

  4. Menghilangkan lelah yang amat sangat, sehingga setelah proses kelahiran, ibu tetap memiliki energi tambahan.

  5. Mengurangi kemungkinan terjadinya hiperventilasi saat proses kelahiran berlangsung (pernafasan cepat dan pendek karena menahan sakit).

  6. Mempercepat masa penyembuhan pasca-kelahiran.

  7. Membuat proses kelahiran alami menjadi sesuatu yang indah dan tidak traumatik.

  8. Mempererat ikatan batin terhadap bayi dan suami.

  9. Memperlancar ASI.

  10. Menghindari terjadinya robekan dan tindakan penjahitan perineum (episiotomy).

  11. Meningkatkan kecerdasan spiritual dan emosional anak yang otomatis berpengaruh pada IQ.

  12. Membentuk daya tahan tubuh yang kuat bagi anak.

  13. Membuat anak terlahir dalam kondisi netral yang tenang dan tidak rewel.

  14. Menghindari terjadinya baby blues.

  15. Menghindari tindakan bedah cesar karena indikasi medis.

  16. Menghindari bayi lahir prematur atau berat badan rendah.

  17. dan sebagainya (masih sangat banyak).


Latihan relaksasi Hypnobirthing dapat dimulai kapan saja oleh ibu hamil. Akan sangat baik jika calon ibu telah menerapkan latihan hypnobirthing sejak awal kehamilan. Hypnobirthing adalah sebuah proses belajar yang akan terserap dengan baik saat seseorang sering melakukan latihan tersebut. Seperti belajar mengemudi. Semakin tinggi jam terbangnya, semakin mudah dan mahirlah seseorang dalam mengemudi. Namun tidak ada kata terlambat, walau due date sudah dekat, hypnobirthing juga berfungsi untuk ASI, menghindari baby blues dan pola pengasuhan anak

Dalam proses persalinan kita membutuhkan tenaga dan kondisi seperti saat kita hendak melakukan olahraga, menari, mengendarai mobil, atau pekerjaan lain yang membutuhkan konsentrasi. Kita tetap sadar dalam melakukan semuanya, namun apa yang kita lakukan sudah tidak perlu dipikirkan secara aktif. Kita dapat melakukan kontrol penuh dalam situasi tersebut walaupun pikiran telah “terhipnotis” dengan adanya pengulangan proses – proses itu. Demikian pula cara bekerja Hypnobirthing.

Saat kontraksi datang, kita memulai suatu proses yang membutuhkan tenaga dan konsentrasi, juga keharmonisan yaitu berusaha bernapas teratur untuk menyesuaikan adanya kontraksi. Nikmatilah berlangsungnya proses ini sehingga energi tidak terbuang percuma dan dapat terus menuntun kita sampai proses kelahiran. Dengan demikian, Hypnobirthing akan membawa hasil dan manfaat yang memuaskan.


--


if you have question to the expert, please don't hesitate to send it to us.

18 Comments

  1. avatar
    Evariny Andriana March 23, 2010 7:54 am

    Yth Ibu Khodijah,
    Alhamdulillah beberapa client hypnobirthing bisa melahirkan berhasil menghindari terjadinya robekan atau jahitan pada perineum. Saat saya melakukan terapi pada client, saya pun mengajarkan pijat perineum yang fungsinya untuk meminimalisasi kemungkinan terjadinya robekan.
    Tetapi saya tetap tidak dapat menjanjikan bahwa sesuatu itu "pasti" atau "harus" berhasil, karena kita pastinya berusaha ya mbak... tapi hanya Tuhan yang menentukan apapun yg terbaik untuk kita pada akhirnya :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    khodijah March 18, 2010 12:05 pm

    wah, saya sng skali...
    brtmbhlah pengthuan ttg hypnobrthg, oya mb' eva..
    saya ingin bertanya apakah hypnobirthing dalam persalinan selain mengurangi rasa nyeri, apakah ada pengaruhnya terhadap robekan jalan lahir ya??
    apakah dalam metode hypnobrthing tidak akan di lakukan pengguntingan pada jalan lahir??

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    amyra bagdadi March 2, 2010 10:33 am

    wah ada juga ya topic hypnobirth di TUM...I'm envy this hypnobirth method, saya mengikuti kelas ibu lanny, sangat membantu saya, dan benar-benar menekan rasa sakit,alhamdulillah sewaktu lahiran saya membutuhkan waktu setengah jam dari pembukaan 1 ke pembukaan 7....memang di saat proses kelahiran membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan support dari orang terdekat, dan membuat saya lebih tenang baik dalam proses melahirkan maupun setelah melahirkan..
    ditunggu hypno-parentingnya ya mba

    many success for you ya mba eva

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    shinta lestari February 16, 2010 5:29 pm

    waktu lahiran kemaren, sempet ada yang nyaranin ini, tapi berhubung sibuk sama kantor baru & adjustment tinggal di negara baru, akhirnya gak kesampaian cari tau.

    next time, kalo dikasih kesempatan hamil lagi, pengen belajar ttg ini, jadi bisa diterapin.

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Evariny Andriana February 16, 2010 4:48 pm

    @ninit : untuk kelas hypnoparenting saya ngga ada kelas khusus mbak, karena saya pun masih banyak belajar dan menganggap bahwa ilmu parenting adalah ilmu yang tak kunjung habis.. jadi bukan berarti saya lebih pinter dari yang lain :). Sejauh ini cuma kelas hypnobirthing aja dulu mbak... ayooo join kelas sama saya yukkkk

    @kiki : wahhh.. senang sekali ketemu lagi kita disini. Apa kabarnya Lampung? Kapan2 undang aku talkshow disana lagi ya...

    @Mila : bukunya bisa didapatkan di toko gramedia atau online di www.hypno-birthing.web.id

    Kalau ada yg ingin ikut kelas privat dengan saya juga silahkan contact aja yaaaa :) *skalian promosi*

    1. avatar

      As .