Referensi Mainan Open-Ended untuk Menemani Si Kecil Main di Rumah

Setelah imbauan untuk stay at home atau #dirumahaja diberlakukan oleh pemerintah di akhir Maret lalu, saat ini status karantina dinaikkan menjadi PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), di mana ruang gerak aktifitas kita semakin dibatasi, sekolah diliburkan, perkantoran menerapkan bekerja di rumah. Selain kita orang dewasa, anak-anak pun merasakan dampak dari kondisi ini. Jangankan untuk ke tempat bermain, keluar rumah pun kalau bisa dihindari.

Namun namanya anak-anak, hal yang paling serius dalam fase hidupnya adalah bermain, bukan? Kita pun harus pintar-pintar menyiasati agar anak tak cepat bosan saat bermain di rumah dengan mainannya. Anak saya termasuk anak yang mudah bosan main dengan mainannya, apalagi kalau mainan yang cara bermainnya terbatas, seperti action figures dan mobil-mobilan. Salah satu jenis mainan yang mengasah kreativitas anak dan dapat dimainkan dengan berbagai cara adalah open-ended toys.

Open-ended toys adalah mainan dengan cara bermain yang tidak memiliki aturan tertentu, seperti yang pernah ditulis oleh Mama Primadika tentang mainan Magformer. Kali ini saya akan mereferensikan beberapa mainan open-ended lainnya yang dapat menjadi alternatif memilih mainan open-ended.

1. BRICKS GEOMETRY

Mainan ini merupakan potongan stik yang digunakan untuk membuat bentuk geometri seperti lingkaran, segitiga, tabung yang dapat dihubungkan satu sama lain dengan double headed connector untuk dibentuk menjadi benda dua atau tiga dimensi seperti ayunan, kursi, meja, roket, pesawat, kereta kuda, dan lainnya. Cocok dimainkan anak usia di atas 3 tahun, namun tetap harus Mama dan Papa awasi karena bentuknya kecil dan tipis.

2. MAGNETIC TILES

Bentuk mainan ini berupa lempengan magnetik warna-warni tembus-pandang yang dapat dibentuk menjadi berbagai macam bentuk bangunan atau benda tertutup seperti pesawat, gedung, rumah, dan lainnya. Dengan warna menarik seperti warna hijau, merah, kuning, biru, ungu, oranye, mainan ini cocok untuk anak-anak yang berusia di atas 3 tahun.

3. MORPHUN

Morphun adalah mainan sejenis bricks atau lego, namun dengan karateristik bentuk yang sedikit berbeda; terdiri atas bentuk segitiga, kotak dan roda yang dapat dihubungkan di setiap permukaannya. Morphun juga dilengkapi dengan stick connector yang dapat membantu membentuk kurva atau sudut tajam maupun sudut tumpul sehingga bentuk yang dihasilkan lebih beragam. Mainan ini cocok dimainkan oleh anak usia 3 -10 tahun.

4. MAGIC STRAWS

Magic Straws adalah mainan berbentuk seperti sedotan dengan penghubung yang dapat dibentuk menjadi bangunan terbuka, bisa dibentuk menjadi rumah, istana, roket atau benda apapun sesuai imajinasi anak.

 

Urban Mama, semoga referensi mainan open-ended tersebut bermanfaat untuk si kecil, ya. Meski #dirumahaja tetapi tetap dapat tetap bermain dan berkreativitas. 

0 Comments

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.