Belajar Bersama Tokoh Favorit

Selama ini saya suka bingung mencari-cari kegiatan di rumah yang menyenangkan untuk anak-anak, sekaligus bisa melatih motorik halus serta meningkatkan kesiapan belajar mereka di sekolah. Saat ini memang baru Fofo (5 tahun) yang bersekolah, tapi Herbie(4 tahun) dan Maghma (2 tahun) suka ingin ikut-ikutan belajar seperti di sekolah. Kebetulan sekali belum lama ini saya mendapatkan beberapa buku seri School Skills terbitan Erlangga for Kids.

Fofo, Herbie, dan Maghma sangat menyukai berbagai karakter dari Disney terutama Mickey Mouse dan Winnie the Pooh. Tak heran anak-anak sangat antusias ingin segera membaca buku tersebut.

Pertama-tama saya membaca dan memahami terlebih dahulu isi buku tersebut, baru setelah itu saya berikan ke anak-anak agar mereka bisa melihat-lihat isi dari buku tersebut. Yang saya senang, pada buku ini sudah ada panduan umur anak, jadi saya tidak perlu repot-repot lagi mencari aktivitas yang cocok dengan umur setiap anak. Pada setiap buku juga ada panduan bagi orangtua tentang cara mengajak anak berlatih kemampuan yang menjadi pokok bahasan buku itu.

Karena Maghma belum saya perkenalkan memegang gunting, jadi seri ayo menggunting saya berikan kepada Herbie. Herbie senang sekali karena di buku Ayo Menggunting ini ada lebih dari 25 kegiatan penting melatih keterampilan. Herbie langsung sibuk dengan guntingnya. Padahal biasanya kalau saya ajak berlatih menggunting ia suka menolak.

Dari awal saya membuka plastik buku, Maghma sudah tidak sabar untuk segera melihat dan membuka seri Ayo Melipat. Kebetulan Maghma memang sedang senang sekali dengan karakter Pluto. Aktivitas melipat sudah bisa diajarkan pada anak mulai usia dua tahun. Buku ini membantu anak membangun koordinasi tangan-mata, spatial awareness,dan kemampuan motorik lainnya.

Yang saya suka dari buku-buku ini adalah ada catatan untuk orangtua agar bisa membantu anak mempelajari  isi buku dengan baik dan ada juga langkah-langkah agar berhasil.

Model lipatan dan karakter dibuku ini bermacam-macam dari yang paling mudah sampai yang lumayan tricky untuk anak-anak, jadi pasti anak-anak tidak bosan dengan lipatan dan karakter yang hanya itu-itu saja.

Sedangkan untuk anak sulung saya, Fofo,mendapatkan buku seri Berlatih Membaca. Kebetulan sekali, karena saat ini Fofo sedang duduk di bangku TK A yang sudah mulai diajarikan membaca sedikit demi sedikit, paling tidak Fofo sudah mulai mengerti jika membaca buku cerita itu dimulai dari kiri ke kanan dan mulai dari atas lembar halaman buku dan selesai di bawah halaman.

Isi buku ini tidak hanya cerita saja,tetapi ada aktivitas mengenal huruf, mengenal kata untuk warna, bentuk dan ukuran, mengikuti petunjuk sederhana dan yang paling disukai Fofo dan Herbie dari buku ini adalah stiker yang mudah sekali diambil tanpa sobek.

Fofo dan Herbie pun sekarang sudah mempunyai wishlist untuk next reward mereka, yaitu seri Berlatih Mengukur dan Berlatih Huruf Besar. Wah saya juga senang karena anak-anak tanpa sadar sudah belajar banyak hal melalui buku ini.

7 Comments

  1. avatar
    Siska Knoch October 28, 2014 6:04 am

    Pas bgt ada ponakan yg ultah bulan ini, mau cari buat kado ah :)
    tfs cin :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Eka Gobel October 27, 2014 8:12 am

    buku2nya bagus banget ya ndi! menarik nih.
    mau cari juga ah buat enzo & dante main-main di rumah. memang lagi suka gunting2 deh mereka.
    tfs, cindy!

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Cindy Vania October 27, 2014 7:13 am

    Kakak zata : iya ta bener,Sabil pasti suka deh seri school skills ini.

    mbak wiwit : banget mbak wiwit! Pas ke toko buku,anak2 udah liat seri lain dan pengen banget,jadi disimpen buat next reward :p

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    WiwiT October 26, 2014 10:02 am

    cindyyy.. keren sekali bukunyaaa.. aku maauuu... Harus cari ini kalo ke toko buku lagi!

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    zata ligouw October 25, 2014 9:06 pm

    cocok banget nih buat seumuran Sabil..

    makasih Cinnn...

    1. avatar

      As .