Si Landak Daun Kering

Fenny Masudah She is a full time stay-a-home mom who loves cooking Indonesian food, fashion, and making activities and DIY toys for her little daughter Alika. She is blessed to have a supportive husband Ramanda. Currently live in Melbourne, Australia.

Anak saya, Alika, senang sekali dengan aktivitas yang berkaitan dengan seni seperti tempel-menempel, mewarnai, menggambar, dan lainnya. Saya selalu menyempatkan diri mencari di social media untuk ide-ide art and craft yang menarik, bahannya mudah didapat serta mudah untuk dikerjakan oleh Alika.



Kebetulan bulan ini di Melbourne sudah masuk musim gugur. Saya pun mencari ide yang berkaitan dengan  musim gugur, selain bisa membuat kreasi yang unik juga mengenalkan musim gugur kepada anak. Walaupun anak usia 2 tahun seperti Alika mungkin belum sepenuhnya mengerti tentang musim, tetapi tidak ada salahnya diawali sejak dini. Buktinya ia bisa menyebut  “autumn mama” ketika melihat daun kering di rumput.



Salah satu aktivitas musim gugur yang saya sudah berikan adalah si landak daun kering. Bahannya mudah sekali didapat:


  • Daun-daun kering, kebetulan di halaman rumah banyak pohon jadi tinggal ambil saja.

  • Gambar landak, kali ini saya cari dari internet agar praktis. Biasanya saya minta bantuan suami untuk membuatkan sketsanya.

  • Lem. Di sini saya menggunakan lem siap-pakai yang aman untuk balita. Terkadang saya buat sendiri lemnya dari  1 sendok makan maizena dan 1 sendok makan air dingin yang diaduk rata, lalu sedikit demi sedikit dituangi 1 cup air panas sampai jadi pasta kental.



Untuk cerita si landak, Alika menambahkan hiasan stiker sebagai matahari dan sedikit coretan warna biru untuk langit serta hijau untuk rumput. Setelah selesai, Alika selalu minta hasil karyanya dipajang karena kebiasaan saya sebelumnya selalu memajang hasil karya Alika sebagai bentuk apresiasi. Tips agar hasil karya anak mudah dipajang adalah bagian belakangnya ditempeli kardus bekas yang digunting sesuai ukuran kertasnya. Bisa juga dengan membeli cardboard atau kertas karton.



Mudah sekali bukan, Urban mama? Selamat mencoba!

11 Comments

  1. avatar
    Fenny Masudah March 21, 2014 5:39 pm

    halo mommies cantik2 salam kenal, terima kasih yah udah diupload and thanks for respondnya :), bunda wiwit iya aku juga bikin sheep sama snowman pake kapas juga :P, eksi: wahahah sama yah, iya betul banget temannya nay2 di melb yah saudara juga suami ku masih ada hub saudara sama wina :D

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Siska Knoch March 20, 2014 5:03 pm

    gemesss lucu banget landaknya Alika..!

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Eksi Nadiasti March 20, 2014 10:30 am

    Wahhh seru bangeeet, contek ahh...

    Btw nama anaknya sama, anakku juga Alikaaa :-)

    Ini Alika temennya Naynay ya di Melben hihihihi

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Rostina March 20, 2014 8:42 am

    Landaknya unyuuuu..! mama hebat dech....quality time sama si kecilya!

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    zata ligouw March 20, 2014 6:41 am

    Alika kreatif bangettt..., bagus landaknya...

    1. avatar

      As .