Siap Berlibur dengan Car Seat yang Tepat

Pada libur akhir tahun ini kami berencana untuk melakukan road trip sekeluarga. Untuk itulah tentunya kami harus mempersiapkannya dengan matang karena akan mengajak Noah (3 tahun) dan Nathan (6 bulan).

Beberapa hari lalu saat sedang berjalan-jalan di mal, kami mampir ke Mothercare karena ada yang harus dibeli. Ternyata sedang ada diskon 20% untuk car seat. Kebetulan sekali kami memang berencana membeli car seat baru untuk Noah dan Nathan. Noah masih memakai infant car seat yang sudah ia pakai sejak bayi dan mulai tampak kurang nyaman dengan car seat itu, sedangkan Nathan dikarenakan postur pundaknya yang bidang dan bongsor, infant car seat yang seharusnya masih bisa dipakainya sampai dengan usia 1 tahun terlihat amat tidak nyaman untuknya.

Kami lalu melihat-lihat berbagai jenis car seat yang dipajang di Mothercare. Wah, kok jadinya malah makin bingung, ya. Saya pun bertanya ke pegawai toko dengan rompi car seat expert dan mendapatkan penjelasan lengkap tentang car seat jenis apa yang cocok dan nyaman bagi kedua anak kami.

Ternyata untuk Noah yang cocok adalah car seat tipe High Back Booster with Harness atau High Back Booster without Harness. Tipe ‘with harness’ dilengkapi dengan sabuk pengaman terintegrasi dan oleh karenanya dapat digunakan dari usia 9 bulan sampai dengan 12 tahun. Sedangkan tipe ‘without harness’ tidak dilengkapi sabuk pengaman tambahan melainkan menggunakan sabuk pengaman dewasa pada mobil. Atas dasar kategori usia Noah (3 tahun), staf mothercare merekomendasikan car seat tipe High Back Booster with Harness.

Untuk Nathan, staf Mothercare merekomendasikan car seat tipe ‘Combination’, salah satunya adalah Britax First Class Plus Combination Car Seat. Car Seat tipe ini dapat digunakan ‘rearward facing’ dari usia Newborn s/d. berat badan 13 kg, dan ‘forward facing’ dari berat badan 9 kg – 18 kg, serta dilengkapi newborn insert dan head support untuk proteksi ekstra.

Wah senang sekali ya bisa berkonsultasi dengan orang yang tepat mengenai masalah car seat ini. Bahkan kami bisa terlebih dahulu mencoba memasangnya di mobil, agar bisa tahu persis cara memasang car seat yang benar di mobil kami. Kami pun menggunakan kesempatan ‘car seat fitting’ untuk memastikan bahwa car seat yang akan kami pilih juga nyaman bagi anak-anak. Staf Mothercare dengan sabar menyiapkan car seat untuk dicoba serta menerangkan fitur yang ada pada car seat tersebut.

Selain itu, kami juga mendapatkan informasi kalau ada garansi 1 tahun untuk pembelian car seat dan stroller di Mothercare. Bahkan kita akan mendapatkan pinjaman car seat atau stroller baru selama milik kita sedang diservis. Bagi urban mama yang kebetulan juga sedang mencari-cari car seat, mungkin terlebih dahulu bisa melihat-lihat jenis-jenis car seat yang tersedia di sini.

Noah dan Nathan tampak senang dengan car seat baru mereka yang tentunya akan sangat membantu dalam kenyamanan road-trip kami nantinya!

8 Comments

  1. avatar
    Retno Aini November 26, 2015 3:54 pm

    Punya car seat yg bagus & cocok mmg penting bangett, biar bepergian/road trip bareng anak2 jd aman & nyaman. Keren euy skrg udah ada car seat expert :D Selamat jalan-jalan ya mama Dini, Noah n Nathan!

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Eka Gobel November 25, 2015 3:56 pm

    Wah keren ya skrg ada car seat expert. Asyik deh bisa konsultasi. Krn bener yg dini bilang, sering bingung pilih2 gear yg cocok utk anak2. Infonya berguna banget nih. Tfs ya dini :*

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Angie Renata November 25, 2015 10:11 am

    Beneer car seat penting banget, dan milih care seat yang pas gampang-gampang susah ya ternyata. Asyik ya di Mothercare banyak pilihan dan bisa konsul supaya dapet yang pas untuk anak. TFS mama Dini :*

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    ninit yunita November 24, 2015 2:09 pm

    car seat pentiiing banget. ini salah satu item yg harus dimiliki waktu baby #1 belum lahir. car seat yang dipake alde sama banget sama yang dipake noah :D paling enak beli car seat di mothercare deh soalnya mereka ngerti banget jenis car seat yang sesuai untuk anak kita.

    selamat road trip yaaa buat dini, noah, dan nathan. have fun! :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    zata ligouw November 24, 2015 12:16 pm

    Seneng ih liatin Noah..*salah fokus, kannn*

    stuju banget, carseat memang must have items buat yang punya anak bayi, batita dan balita, jadi harus dipilih yang terbaik secara kualitas dan kenyamanan..

    makasih artikelnya ya Dinnn..

    1. avatar

      As .